Pengin Kecilkan Perut, tapi Gak Mau Sampai Kantong Cekak? Lakukan Aja 10 Cara Ini

5 menit
10 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Harus Kuras Dompet (Shutterstock)
10 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Harus Kuras Dompet (Shutterstock)

Duh, berat badan kayaknya bertambah lagi nih. Perut makin kelihatan aja buncitnya. Pengin ikut program mengecilkan perut, tapi biayanya mahal banget. Kira-kira ada gak ya cara mengecilkan perut tanpa harus menguras dompet?

Rupanya ada lho cara mengecilkan perut yang berbiaya minim dan memberi hasil maksimal. Cara-cara yang dilakukan pastinya gak tipu-tipu deh.

Asalkan kamu berkomitmen melakukannya dengan sungguh-sungguh, hasilnya dijamin bakal memberi bukti. Seperti apa cara-caranya?

Baca juga: Ingin Liburan Nyaman Menenangkan Tanpa Diganggu Pekerjaan, Ikuti 5 Cara Ini

1. Ubah kebiasaan makan yang lama dengan kebiasaan baru

Cara mengecilkan perut
Ubah kebiasaan makan yang lama dengan kebiasaan baru (Shutterstock).

Maksudnya gimana nih? Karena beratmu sekarang bertambah, ada indikasi terjadinya hal tersebut karena kebiasaan makanmu yang buruk.

Mengubah kebiasaan makanmu yang sekarang menjadi cara mengecilkan perut yang signifikan. Terus gimana caranya?

Pertama-tama, biasakan selalu sarapan tiap pagi. Sebab studi udah menunjukkan kalau orang-orang yang sarapan punya indeks massa tubuh atau BMI yang rendah. Pastikan asupannya mengandung banyak protein semisal telur dan rendah kalori semisal bubur oat.

Buat makan siang, pilihlah asupan yang mengandung banyak serat yang umumnya berasal dari sayur-sayuran. Sebab makanan dengan kandungan serat yang tinggi bikin cepat kenyang. Kamu bisa memulainya dengan makan salad dalam berbagai resep.

Terakhir buat makan malam, kamu bisa mengombinasikan bahan yang mengandung banyak protein dengan bahan yang mengandung banyak serat. Hindari makanan-makanan seperti kue kering, kue, daging olahan, makanan beku, makanan kaleng, keripik, dan kerupuk.

2. Ganti piring yang biasa digunakan dengan piring yang lebih kecil

Cara mengecilkan perut
Ganti piring yang biasa digunakan dengan piring yang lebih kecil (Shutterstock).

Semua orang juga udah tahu kalau makan terlalu banyak bisa bikin gemuk. Supaya makanan yang diambil gak berlebih, kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti piring yang biasa digunakan dengan piring yang berukuran lebih kecil.

Asal tahu aja nih, penggunaan piring yang kecil bisa membuat otakmu berpikir kalau kamu udah makan dalam porsi yang cukup. Kamu melihatnya apa yang tersaji di piring kecil udah cukup banyak buatmu.

Baca juga: Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

3. Cara mengecilkan perut selanjutnya, minum air mineral sebanyak 3 liter per hari

Cara mengecilkan perut
Minum air mineral sebanyak 3 liter per hari (Shutterstock).

Minum air mineral dinilai cukup ampuh sebagai cara mengecilkan perut. Pasalnya, air membantu tubuhmu dalam pembakaran kalori.

Terus air itu sama seperti serat bisa bikin kamu cepat kenyang lho. Dengan begitu, kamu gak jadi ngemil deh karena minum air.

Agar memberi hasil yang diharapkan sekaligus menjaga cukupnya cairan dalam tubuh, minum air mineral itu idealnya sebanyak 3 liter per hari. Satu hal yang paling penting adalah minum air mineral sebanyak 2 gelas setelah bangun di pagi hari.

4. Biasakan melakukan aktivitas fisik dan hindari malas gerak

Cara mengecilkan perut
Biasakan melakukan aktivitas fisik dan hindari malas gerak (Shutterstock).

Rata-rata orang bisa punya badan gemuk dan perut buncit karena mereka malas gerak. Tentu aja kebiasan malas gerak itu bukan kebiasaan yang baik.

Pasalnya, kalori dalam tubuh jadi gak terbakar sepenuhnya karena kamu sendiri lebih senang duduk dan meminta orang lain ketimbang melakukannya sendiri. Makanya gak usah heran deh kalau badanmu itu cepat gemuk atau perutmu makin membusung ke depan.

Mulai dari sekarang biasakan melakukan aktivitas-aktivitas fisik yang ringan agar kalori tubuhmu terbakar. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau naik turun tangga cuma buat ke toilet. Lagi pula gak sulit kok melakukan cara mengecilkan perut yang satu ini.

5. Rutin melakukan olahraga minimal latihan kardio

Cara mengecilkan perut
Rutin melakukan olahraga minimal latihan kardio (Shutterstock).

Cara-cara mengecilkan perut di atas juga harus ditunjang dengan rutin melakukan olahraga. Gak perlu ke tempat gym dan sejenisnya, kamu bisa melakukan latihan kardio dengan berlari atau latihan skipping. Lakukan latihan kardio 4 – 5 kali dalam seminggu.

Sehabis latihan kardio, kamu juga bisa melakukan push up, sit up, hingga squad. Melakukan latihan-latihan tersebut bisa kekuatanmu meningkat. Terus otot-ototmu yang kendur menjadi kencang lagi.

6. Tidur yang cukup minimal 7 jam dalam satu hari

Cara mengecilkan perut
Tidur yang cukup minimal 7 jam dalam satu hari (Shutterstock).

Cara mengecilkan perut yang satu ini terbilang mudah. Soalnya kamu cuma diminta buat tidur yang cukup. Idealnya, waktu tidur yang dibutuhkan minimal 7 jam dalam sehari.

Udah gitu menurut studi yang dilakukan, kurang tidur ternyata menjadi pemicu naiknya berat badan. Kalau sering kurang tidur, itu berarti berat badan makin bertambah dong. Kok bisa ya?

Rupanya kurang tidur mendorong peningkatan kadar ghrelin atau hormon kelaparan. Makanya orang-orang yang kurang tidur cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak.

7. Jangan stres kalau gak mau gemuk

Cara mengecilkan perut
Jangan stres kalau gak mau gemuk (Shutterstock).

Selain makan, stres menjadi salah satu pendorong kenapa orang-orang bisa gemuk. Kenapa bisa begitu ya? Menurut penelitian, stres menyebabkan beredarnya hormon pemicu bertambahnya berat badan.

Banyak cara yang bisa dilakukan buat meminimalkan stres. Mulai dari berolahraga, meditasi, melakukan hobi, hingga menjalani kegiatan-kegiatan yang menyenangkan lainnya.

8. Hindari semua makanan cepat saji

Cara mengecilkan perut
Hindari semua makanan cepat saji (Shutterstock).

Bukan rahasia umum lagi kalau makanan cepat saji bikin perut kamu membuncit. Inilah kenapa menghindari semua makanan cepat saji alias junk food sebaiknya dihindari.

Sebab di balik makanan cepat saji tersembunyi garam yang tinggi dan lemak yang gak sehat. Ditambah lagi dalam makanan cepat saji, terdapat kolesterol jahat yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung, kanker, dan mempercepat penuaan.

9. Cara mengecilkan perut selanjutnya, jauhi minuman beralkohol dan rokok

Cara mengecilkan perut
Jauhi minuman beralkohol dan rokok (Shutterstock).

Ini juga yang menjadi penyebab kenapa tubuh bisa gemuk. Alkohol masuk ke tubuh nantinya bakal terpecah menjadi gula. Lalu gula yang ada dalam tubuh ini berubah menjadi lemak.

Begitu juga dengan rokok. Penumpukan toksin dan penimbunan lemak terjadi diakibatkan aktivitas merokok. Hal ini tentu berbahaya karena bisa memicu kanker, sembelit, dan masalah kulit.

10. Berjalan-jalan setelah makan siang atau makan malam

Cara mengecilkan perut
Berjalan-jalan setelah makan siang atau makan malam (Shutterstock).

Sehabis makan, jangan berlama-lama duduknya, apalagi langsung tidur. Ada baiknya setelah lama duduk sehabis makan, kamu berjalan-jalan sebentar. Entah itu melakukannya bersama pasangan, kolega, atau teman.

Jalan-jalan setelah makan siang atau makan malam bukan cuma bikin tubuhmu membakar kalori, melainkan juga bisa menenangkan pikiranmu lho.

Nah, itu tadi cara-cara mengecilkan perut yang selain efektif juga gak bakal bikin uangmu habis banyak. Intinya adalah selama kamu melakukannya dengan disiplin, niscaya deh berat badanmu bakal susut dan perutmu bakal mengecil. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!