10 Destinasi Wisata Dunia yang Ramah di Kantong Orang Indonesia

5 menit

Banyak orang beranggapan bahwa destinasi wisata di luar negeri bakal menguras kantong. Soalnya, biaya yang dikeluarkan saat liburan di luar negeri jauh lebih tinggi dibandingkan dengan liburan di tempat wisata domestik.

Anggapan di atas gak selalu benar. Banyak kok destinasi wisata dunia yang bisa dikunjungi meski bujet kita pas-pasan. Kalau gak percaya, simak dulu deh daftar negara tujuan wisata berbujet murah ini.

Baca juga: Gak Pakai Ribet! Liburan ke Negara Anti Mainstream Ini Bebas Visa

1. Destinasi wisata India

Destinasi Wisata
India (usnews)

Biaya hidup di India buat wisatawan relatif murah. Maka jangan heran kalau banyak orang menjadikan India sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi dengan bujet murah.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi di India. Kamu bisa mengunjungi Taj Mahal yang menjadi ikon India. Kamu juga bisa kunjungi wisata lain seperti Kuil Jain Ranakpur, Benteng Mehrangarh hingga situs ziarah kuno Galtaji.

Biaya transportasi di India masih relatif murah atau sekitar Rp 3.000 per km. Adapun tarif sewa kamar hotel mulai Rp 300.000.

[Baca: Buat Warga Jakarta, Ini 6 Rekomendasi Wisata Pantai Termurah]

2. Nepal

Destinasi Wisata
Nepal (nepaltour)

Destinasi wisata ini harus masuk dalam list. Karena banyak lokasi wisata di Nepal yang bisa kamu kunjungi dengan bujet murah.

Kamu misalnya bisa berkunjung ke Pokhara, Kathmandu dan Bhaktapur yang memberikan aneka macam keindahan budaya Nepal.

Untuk menginap, kamu bisa mendapatkan guest house dengan tarif mulai Rp 100.000 per malam. Sementara untuk sekali makan di warung lokal, kamu cukup mengeluarkan kocek Rp 20.000 hingga Rp 50.000

Baca juga: Cuma Rp 2 Jutaan, Kamu Bisa Kunjungi 5 Destinasi Wisata Yunani Berikut Ini

3. Destinasi wisata Kamboja

Destinasi Wisata
Kamboja (pakettourkekamboja.blogspot)

Beberapa lokasi yang bisa dikunjungi di Kamboja antara lain taman wisata liar Banlung, Pantai Kep hingga candi Koh Ker.

Untuk menginap di tempat murah, kamu bisa cari guest house dengan cukup mengeluarkan duit sekitar Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per orang per malam.

Sementara untuk biaya makan, kamu bisa menyantap aneka masakan khas Kamboja di restoran dengan cukup mengeluarkan kocek Rp 35.000 hingga Rp 75.000 per orang.

Baca juga: Pertama Kali Liburan ke Jepang? 6 Tips Ini Bikin Liburanmu Lebih Nyaman

4. Sri Lanka

Destinasi Wisata
Sri Lanka (insiderjourneys)

Gak perlu mahal-mahal saat kamu berkunjung ke Sri Lanka. Liburan di negara ini gak jauh beda dengan destinasi wisata lokal di Indonesia. Atau mungkin malah lebih murah.

Bayangin aja, untuk menginap, biaya yang bisa dikeluarkan bisa mulai dari Rp 60.000. Begitu juga dengan biaya makan, kamu bisa makan kenyang dengan menu tradisonal dengan mengeluarkan biaya Rp 12.000.

5. Hongaria

Destinasi Wisata
Budapest, Hungaria (neverstoptraveling)

Hongaria merupakan negara yang cocok dikunjungi buat wisatawan berbujet minim. Ketika kamu berkunjung ke Budapest misalnya, biaya menginapnya sekitar Rp 200.000 per orang per malam.

Soal lokasi wisata, gak usah ditanya lagi. Kamu bisa menikmati beberapa tempat yang eksotis seperti Kastil Buda, Kota Budapest, hingga Heroes Square.

[Baca: 7 Cara Rahasia Keliling Dunia Gratis yang Jarang Terpikirkan]

6. Vietnam

Destinasi Wisata
Vietnam (suitcasemag)

Negeri produsen beras ini termasuk sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak diburu wisatawan.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari Museum Hoa lo Prison, Terowongan Cu Chi dan beberapa wisata sejarah di Ho Chi Minh Vity.

Untuk menginap di Vietnam, kamu bisa memilih tempat yang murah mulai dari Rp 70.000 per orang per malam. Sementara biaya makan yang diperlukan mencapai Rp 20.000 hingga Rp 150.000 per orang.

7. Bulgaria

Destinasi Wisata
Bulgaria (worldalldetails)

Suka dengan wisata yang memberikan nilai-nilai seni dan sastra? Kamu bisa kunjungi Bulgaria.

Salah satu negara terluas di Eropa ini banyak memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kamu bisa berkunjung ke biara yang terkenal Rila Monastery.

Kamu juga bisa berkunjung ke tebing batu Belogradchik Rock atau ke Tsarevest, sebuah benteng yang dibangun pada abad pertengahan silam.

Soal biaya makan dan menginap, kamu gak usah khawatir. Untuk mendapatkan makan, minum dan menginap kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 300.000 per hari.

8. Bolivia

Destinasi Wisata
Bolivia (gizmodo)

Pengin liburan ke tempat yang mirip dengan planet lain? Kamu bisa nyoba berkunjung ke Bolivia, tepatnya di Salar de Uyuni.

Berkunjung ke tempat ini kamu bakal merasa sedang berada di luar planet. Kontur tanahnya berbentuk segi enam, yang tercipta dari proses kristalisasi garam.

Ada juga lokasi wisata lain di Bolivia yang bisa kamu kunjungi, seperti Lembah Milluni, Gunung Chacaltaya, hingga Gurun Siloli. Untuk urusan menginap, kamu cukup merogoh kocek Rp 250.000 per malam.

9. Nikaragua

Destinasi Wisata
Nikaragua (tribunnews)

Untuk liburan ke luar negeri dengan bujet murah, gak ada salahnya untuk berkunjung ke Nikaragua.

Di sini kamu bisa menikmati aneka wisata mulai dari menelusuri kota-koat bersejarah, wisata pantai, gunung hingga bermacam festival.

Biaya menginap di Nikaragua mulai dari Rp 120.000 per malam. Sementara biaya makan dan minum rata-rata Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

10. Mesir

Destinasi Wisata
Mesir (tribunnews)

Siapa yang gak kenal Mesir. Negara yang terkenal dengan piramidanya ini ternyata menawarkan wisata yang terjangkau buat wisatawan.

Perusahaan penyedia jasa transfer bandara Hoppa mencatat Mesir merupakan negara tujuan wisata termurah kedua pada 2017.

Biaya akomodasi mulai dari penginapan, hiburan, makan dan minum di Mesir menurut Hoppa pada 2017 hanya mencapai sekitar Rp 531.000 per malam per orang.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata dunia yang ramah buat kantong wisatawan Indonesia. Kalau kamu berencana liburan ke negara-negara tersebut kamu bisa pilih salah satunya. Berminat?

[Baca: Traveling Keliling Dunia Hemat dengan 10 Trik Gak Bikin Bokek Ini]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.