Ini Dia 10 Kiat Mencapai Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki

kiat mencapai kebebasan finansial

Finansialku

Sadar gak sih kalau kita adalah mesin pencetak uang atau sebut saja mesin ATM berjalan yang dapat menghasilkan uang setiap waktu? Iya dong, kan kita bisa terus menghasilkan uang selama masih bisa bekerja.

Tapi ketika kita sudah memasuki usia senja atau terpaksa berhenti bekerja karena kondisi tertentu, pemasukan pun ikut berhenti. Nah, kalau mesin pencetak uang sudah gak beroperasi, otomatis gak ada uang yang dihasilkan dong. Terus gimana?

Makanya ada istilah “kebebasan finansial”. Yang artinya, walaupun kita sudah gak bekerja, kita masih bisa mendapatkan penghasilan. Kita gak perlu pusing soal uang walaupun dalam kondisi krisis sekalipun. Enak ya.

Tapi untuk mencapai kondisi ini tentunya gak mudah. Diperlukan usaha dan kedisiplinan untuk mewujudkannya. Nah, pakar keuangan dan penulis buku best-seller “Rich Dad Poor Dad” Robert Kiyosaki punya kiat-kiatnya supaya kita bisa mencapai yang namanya kebebasan finansial ini. Simak ya!

kiat mencapai kebebasan finansial
Gak ada salahnya belajar dari sosok sukses yang satu ini (Robert Kiyosaki / richdad)

1. Kendalikan pengeluaran

Kamu perlu memikirkan berulang kali untuk mengeksekusi setiap pengeluaran, terutama untuk beberapa hal yang bersifat konsumtif. Saat ini, kita hidup di era yang dapat membuat pengeluaran konsumtif kita lebih besar. Pengendalian diri akan pembelanjaan yang bersifat konsumtif dapat mempengaruhi neraca keuanganmu di masa mendatang.

Biasakan diri untuk berpikir secara positif dan bijak dalam mengatur pola pengeluaran serta belanja kamu. Pasti awalnya terasa sulit, tapi, ketika ada niat yang positif untuk masa depan yang lebih baik, maka kamu akan terus termotivasi untuk melakukannya. Doronglah diri kamu untuk terus berpikir dalam jangka panjang.

2. Ambil tanggung jawab penuh

Tiap orang memiliki kesempatan yang relatif sama untuk menentukan masa depannya. Ambil tanggung jawab penuh terhadap setiap keputusan keuangan yang kamu buat. Keputusan kamu saat ini mempengaruhi kehidupan keuanganmu di masa mendatang.

3. Buatlah anggaran pengeluaran

Anggaran belanja bulanan diperlukan untuk mengontrol gaya belanja kita. Hal ini memungkinkan kita untuk menjadi mawas diri dan tidak berusaha untuk melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Namun, perlu komitmen yang tinggi ketika anggaran sudah ditetapkan. Jangan sampai anggaran hanya tinggal menjadi anggaran dan kamu pun tetap berbelanja sesuka hati.

4. Menabung

Pisahkan uang gaji atau pendapatan kamu dalam tabungan. Ini penting untuk menentukan masa depan keuanganmu di masa mendatang. Prioritaskan tabungan, jangan hanya disisihkan dari gaji bulanan ya!

5. Hindari berutang

Apabila kamu berkomitmen untuk mendapatkan kehidupan yang bebas secara finansial, hindarilah kebiasaan untuk berutang. Dengan berutang, impianmu akan digerogoti oleh bunga pinjaman. Hiduplah dengan damai tanpa adanya utang. Namun dalam keadaan yang tidak memungkinkan, ketika kamu harus berutang, usahakan untuk segera melunasinya.

kiat mencapai kebebasan finansial
Gak ada utang, gak ada beban, nyengir happy aja ah, yesss! (Tertawa / wordpress)

6. Sediakan dana darurat

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan usaha atau tempat kita mencari uang. Alokasikan dana untuk hal-hal yang bersifat darurat, dan usahakan dana ini mencukupi kebutuhan hidup minimal selama 3 bulan.

Buatlah rekening terpisah untuk dana darurat ini dan disiplin untuk hanya boleh menggunakannya ketika saat-saat genting, misalnya ketika di-PHK atau terjadi bencana yang membuat kamu tidak dapat bekerja.

7. Jangan berhenti belajar

Hidup adalah suatu pembelajaran. Teruslah mempelajari hal-hal baru yang dapat menambah wawasan dan pengetahuanmu, terutama dalam hal keuangan. Hal ini dapat memberikan inspirasi mengenai apa saja yang perlu kamu lakukan dengan uang yang kamu miliki dan bagaimana caranya menambah penghasilan.

8. Buatlah tujuan keuangan

Hanya dengan tujuan keuangan yang jelas, maka kamu bisa mengenali kemampuan terbaikmu. Tujuan keuangan juga bermanfaat untuk membuatmu termotivasi menjalani hidup sesuai dengan apa yang kamu mimpikan.

9. Network marketing

Kamu bisa memulai dengan network marketing untuk melatih kemampuan bisnis dan mengubah statusmu dari karyawan biasa menjadi pengusaha besar. Network marketing adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial karena terus memberikanmu pendapatan meskipun kamu sedang tidur atau berkeliling dunia.

10. Sederhanakan hidup

Sederhanakan hidupmu dengan berpikir terbuka dan menghilangkan berbagai hambatan dalam pikiran. Kunci dari kebebasan finansial sangat mudah, yaitu dengan mengubah pendapatan tetapmu menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio. Dengan prinsip ini, kamu akan mudah untuk mencapai kebebasan finansial.

Kalau kamu pengin memiliki kebebasan dalam finansial, maka kamu harus mempersiapkannya sejak dini. Persiapan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Jangan sampai menyesal di kemudian hari!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Didik Anak Remaja Kayak Gini Supaya Cerdas Finansial]

[Baca: Mandiri Secara Finansial Sedari Muda Bukan Gak Mungkin Usaha Dulu Dong]

[Baca: Menikah Saja Kalau Mau Keuangan Lebih Sehat]

Tifanny
Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560