10 Klub Bola Indonesia dengan Skuat Termahal, Paling Tajir Bali United

4 menit
Arema FC, jadi salah satu Klub Sepakbola Indonesia dengan pemain termahal (Instagram).
Arema FC, jadi salah satu klub sepakbola Indonesia dengan pemain termahal (Instagram).

Klub sepakbola Indonesia tengah berkompetisi di Liga I Indonesia. Total sebanyak 18 pemain bertanding untuk memperebutkan posisi teratas alias juara. 

Salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan merekrut pemain-pemain andal. Sulit dipungkiri untuk bisa menjadi klub hebat dan disegani, skuat yang mengisinya haruslah pemain-pemain hebat, kalau perlu membeli pemain termahal sekalian demi gelar prestisius. 

Di Indonesia sendiri, pemain tidak hanya datang dari Tanah Air, tapi juga dari berbagai belahan dunia lainnya. Ada klub yang mengambil pemain dari negara-negara Eropa, Afrika, hingga dari Brasil yang notabene merupakan negara sepakbola. 

Klub-klub tersebut rela menggelontorkan uang mahal untuk membayar mereka yang bahkan nilainya bisa mencapai belasan miliar. Dan inilah, 10 klub sepakbola Indonesia yang memiliki total nilai pemain termahal berdasarkan data dari Transfermarkt

1. Bali United 

Klub Sepakbola Indonesia
Bali United (Instagram).

Klub sepakbola Indonesia kebanggaan warga Bali ini menempati posisi pertama. Nilai seluruh pemainnya yang berjumlah 32 orang kalau ditotal-total sebesar 4,7 juta pound sterling atau Rp 83 miliaran. 

Pemain termurah mereka harganya 25 ribu pound sterling atau Rp 444 juta, dan yang termahal ada Brwa Nouri pemain berdarah Irak dan Swedia yang dibeli seharga 650 ribu pound sterling atau Rp 11,5 miliaran. 

2. Persib Bandung 

Klub Sepakbola Indonesia
Persib Bandung (Instagram).

Di posisi kedua diisi oleh Persib Bandung yang memiliki total nilai pemain sebesar 4,28 juta pound sterling atau Rp 76 miliaran. Pemain termahalnya jatuh kepada pria berusia 31 tahun asal Chad, Afrika Ezechiel Ndouasel yang dibeli seharga 550 ribu pound sterling atau Rp 9,7 miliaran. 

3. Persebaya Surabaya 

Klub Sepakbola Indonesia
Persebaya Surabaya (Instagram).

Klub kebanggaan Arek Suroboyo menempati posisi ke-3 dengan jumlah pemain termahal di Liga I, dengan total nilai seluruh pemainnya sebesar 4,08 juta pound sterling atau Rp 72 miliaran. Pemain paling mahal mereka bernilai 350 ribu pound sterling atau Rp 6,2 miliaran, yaitu pemain sayap asal Rusia Manuchekhr Dzhalilov dan Amido Balde asal Portugal. 

4. PSM Makassar

Klub Sepakbola Indonesia
PSM Makassar (Instagram)

Klub sepakbola Indonesia dengan pemain termahal ke-4 diisi oleh PSM Makassar dengan total nilai 4,05 juta pound sterling atau Rp 71,9 miliaran. Pemain termahalnya dipegang oleh dua pemain berkebangsaan Belanda Wiljan Pluim dan Marc Klok yang masing-masing bernilai 400 ribu pound sterling atau Rp 7,1 miliaran. 

5. Arema FC

Klub Sepakbola Indonesia
Arema FC (Instagram).

Memiliki total pemain bernilai 3,95 juta pound sterling atau Rp 70 miliaran, klub asal Ngalam ini menempati posisi ke-5. Pemain termahalnya diisi oleh penyerang tengah asal Mali Makan Konate yang dibeli Arema seharga 450 ribu pound sterling atau Rp 7,9 miliaran.

6. Bhayangkara FC 

Klub Sepakbola Indonesia
Bhayangkara FC (Instagram).

Klub perwakilan dari Polri ini memiliki prestasi yang cemerlang di tahun 2017, karena berhasil keluar sebagai juara Liga I. Total nilai pemain mereka menempati posisi ke-6 di tahun 2019, dengan mencapai 3,93 juta pound sterling atau Rp 69,7 miliaran. Pemain termahalnya ada bek asal Brasil Anderson Salles yang dibeli seharga 450 ribu pound sterling atau Rp 7,9 miliaran. 

7. PS Barito Putera 

Klub Sepakbola Indonesia
PS Barito Putera (Instagram).

Sama dengan Bhayangkara FC, Barito Putera juga merupakan klub sepakbola Indonesia yang memiliki total nilai pemain sebesar 3,93 juta pound sterling atau Rp 69,7 miliaran. Pemain termahal mereka juga berasal dari Brasil, Rafael Silva yang bernilai 500 ribu pound sterling atau Rp 8,8 miliaran. Sementara pemain andalan Indonesia, Evan Dimas hanya seharga 200 ribu pound sterling. 

8. Persija Jakarta

Klub Sepakbola Indonesia
Persija Jakarta (Instagram).

Siapa sangka kalau juara Liga I tahun kemaren menempati posisi ke-8 berdasarkan total nilai pemain sebesar 3,9 juta pound sterling atau Rp 69,2 miliaran. Pemain termahal juga diisi oleh penyerang asal Brasil, Bruno Matos yang dibanderol seharga 400 ribu pound sterling atau Rp 7,1 miliran.

Pemain andalan mereka Bambang Pamungkas saja hanya dibayar 50 ribu pound sterling atau Rp 887 juta. Mungkin karena umur BP sudah gak muda lagi untuk ukuran pemain sepakbola kali ya?

9. Madura United 

Klub Sepakbola Indonesia
Madura United (Instagram).

Madura United mengisi urutan ke-9 dengan total nilai pemain sebesar 3,75 juta pound sterling atau Rp 66,5 miliaran. Gelar pemain termahalnya diduduki oleh bek yang lagi-lagi berasal dari Brasil Jaime dengan nilai 600 ribu pound sterling atau Rp 10,6 miliaran. 

10. TIRA-Persikabo 

Klub Sepakbola Indonesia
TIRA Persikabo (Instagram)

Posisi ke-10 diisi oleh TIRA-Persikabo yang bermarkas di Stadion Pakansari. Klub sepakbola Indonesia ini memiliki total nilai pemain mencapai 3,53 juta pound sterling atau Rp 54,1 miliaran. 

Pemain termahalnya udah jelas diisi oleh pemain asing Ciro Alves asal Brasil dan Loris Arnaud asal Prancis yang masing-masing senilai 300 ribu pound sterling atau Rp 5,3 miliaran. 

Itu tadi sepuluh klub sepakbola Indonesia dengan total nilai pemain termahal. Kalau dilihat lagi, semua pemain termahalnya berasal dari luar negeri ya? (Editor: Winda Destiana Putri)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.