Crazy Rich Criminals! Ini Dia 10 Penjahat Terkaya di Dunia

5 menit
Ilustrasi penjahat. (Pixabay)
Ilustrasi penjahat. (Pixabay)

Membahas pengusaha kaya di dunia seperti Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, dan kawan-kawan tentu sudah biasa. Tapi gimana kalau kita membahas soal penjahat terkaya di dunia?

Orang-orang yang dinyatakan sebagai penjahat, bukan berarti jambret, rampok, begal, atau anggota geng kapak merah yang tiap hari bawa senjata.

Penampilan penjahat yang mau kita ulas ini justru gak seperti penjahat. Mereka berpakaian rapih, tapi berhasil mengeruk kekayaan dari aktivitas ilegal yang merugikan negara. Selain negara, mereka juga turut merugikan hingga mengancam keamanan warga.

MoneyInc telah merangkum nama-nama orang yang dinyatakan sebagai penjahat terkaya di dunia. Pengin tahu siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Kapal Selam Termahal Ini Cuma Bisa Dibeli Orang Super Kaya

1. Joseph Kennedy

Joseph P. Kennedy, salah satu sosok yang disebut-sebut sebagai penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Joseph P. Kennedy, salah satu sosok yang disebut-sebut sebagai penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Ya, dia adalah “Kennedy” yang gak lain adalah ayah dari mendiang mantan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy.

Dia adalah seorang pengusaha tajir sekaligus diplomat ulung yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Inggris. Namun dia juga terkenal sebagai seorang yang akrab dengan mafia-mafia lokal.

Kabarnya, Kennedy berhasil memperkaya diri dengan menjual miras oplosan ke masyarakat. Dia pun memanfaatkan koneksinya dengan mafia atau kartel setempat untuk memperkaya diri.

Pria yang tutup usia di tahun 1961 ini kabarnya mengantongi kekayaan sebesar US$ 400 juta di tahun 1950an. Dia pun masuk ke dalam jajaran orang terkaya di AS pada saat itu.

Baca juga: Ada yang Terinspirasi Tsunami Aceh, 9 Gitar Listrik Ini Termahal di Dunia

2. Meyer Lansky

Meyer Lansky, "akuntan gangster" yang disebut-sebut salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Meyer Lansky, “akuntan gangster” yang disebut-sebut salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Pria asal Rusia ini adalah seorang gangster ternama yang pindah ke Negeri Paman Sam pada tahun 1911. Dia pun kerap disebut sebagai salah satu penjahat terkaya di dunia.

Media kerap menyebutnya sebagai seorang akuntan gangster. Dia sendiri berhasil memperkaya diri di usia 30 tahun dengan menggelar bisnis perjudian ilegal di Amerika, dan memiliki hubungan yang erat dengan mafia Yahudi setempat.

FBI sempat mencurigai bahwa dirinya menyimpan kekayaan berjumlah US$ 400 juta dalam rekening rahasia, meski saat itu dia sudah meninggal. Keluarganya pun sempat kaget dengan penemuan harta Lansky yang jumlahnya sangat luar biasa.

3. Griselda Blanco

Griselda Blanco, perempuan berjuluk Black Widow yang disebut-sebut salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Griselda Blanco, perempuan berjuluk Black Widow yang disebut-sebut salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Gangster perempuan memang gak umum di dekade 1970 atau 1980an. Namun Griselda Blanco atau yang akrab disapa Black Widow membuktikan kalau mereka bisa eksis.

Perempuan ini kerap disebut sebagai penjahat terkaya dari Miami, Amerika Serikat, yang mendapat keuntungan dari perdagangan narkoba. Dia pun sempat jadi terdakwa kasus pembunuhan saat berusia 11 tahun.

Selain membunuh tiga orang yang pernah jadi suaminya, Blanco juga dikabarkan melakukan pembunuhan terhadap 200 orang! Asli, ngeri banget.

Perempuan yang tewas akibat luka tembak ini dikabarkan mengantongi kekayaan sebesar US$ 500 juta. Namun Wikipedia justru mengatakan, jumlah kekayaan Blanco mencapai US$ 2 miliar.

4. Anthony Salerno

Anthony Salerno, rentenir kelas kakap yang disebut-sebut sebagai penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Anthony Salerno, rentenir kelas kakap yang disebut-sebut sebagai penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Hidup Salermo sebagai seorang kriminal dimulai saat dia mendirikan sebuah tempat perjudian ilegal. Selain itu, pria asal New York, Amerika Serikat ini pun terkenal sebagai salah seorang rentenir.

Asal kamu tahu, Salermo juga merupakan seorang penasihat dari keluarga mafia Genovese. Sebagai seorang penjahat, dia terlibat dalam rangkaian peristiwa pembunuhan.

Pria yang hobi menghisap cerutu ini diprediksi mengantongi kekayaan senilai US$ 600 juta. Dia pun meninggal dunia di penjara karena menderita stroke.

5. Joaquin Loera (El Chapo)

Joaquin Loera (El Chapo), bandar narkoba yang disebut-sebut penjahat terkaya. (Biography.com)
Joaquin Loera (El Chapo), bandar narkoba yang disebut-sebut penjahat terkaya. (Biography.com)

Nama El Chapo memang sangat terkenal di dunia perdagangan narkoba. Hal itu disebabkan karena dia adalah bandar narkoba tersukses dalam sejarah. Bahkan namanya pun sempat disebut oleh Forbes.

El Chapo ditangkap tahun 1993 di Guatemala, lalu diekstradisi dan dihukum 20 tahun penjara di Meksiko atas tuduhan pembunuhan dan penyelundupan obat-obatan terlarang.  Akan tetapi, dia berhasil kabur dengan menyuap sipir penjara.

Alhasil di tahun 2014, penjahat yang diduga memiliki total kekayaan US$ 1 miliar ini kembali diringkus.

6. Al Capone

Al Capone, mafia legendaris yang disebut-sebut penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Al Capone, mafia legendaris yang disebut-sebut penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Nama ini mungkin sangat familiar di telingamu karena sering banget disebut-sebut dalam film mafia atau gangster.

Pria yang sering disebut The Untouchable ini adalah pemasok miras oplosan dan bos bisnis pelacuran ilegal di tahun 1920 dan 1930-an. Dia beroperasi di Chicago, dan sempat ditangkap aparat karena mengemplang pajak.

Meski terkenal sebagai penjahat, dia justru aktif berdonasi dan kedermawanannya cukup diakui dunia. Capone yang diprediksi mengantongi kekayaan sekitar US$ 1 miliar, meninggal dunia karena stroke di rumahnya. Dia dimakamkan di Chicago.

7. Susumu Ishii

Susumu Ishii, pimpinan geng Yakuza yang dikenal sebagai salah satu penjahat terkaya. (writeopinions.com)
Susumu Ishii, pimpinan geng Yakuza yang dikenal sebagai salah satu penjahat terkaya. (writeopinions.com)

Nama penjahat terkaya yang satu ini mungkin bikin kamu ngakak. Tapi jangan salah, pria asal Jepang ini adalah seorang pimpinan dari geng Yakuza terbesar ketiga di Jepang, Inagawa-Kai.

Sebelum terlibat dalam tindak kriminal, pria ini adalah personil Angkatan Laut Jepang. Sumber kekayaannya yang kabarnya berjumlah US$ 1,5 miliar berasal dari perjudian ilegal sekaligus penipuan dalam bisnis real estate.

Kabarnya, Ishii menaruh hartanya gak hanya di Jepang, melainkan juga di Monako, Hong Kong, hingga Amerika Serikat.

8. Carlos Enrique Lehder Rivas

Carlos Lehder, salah satu pendiri kartel narkoba Medellin, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Carlos Lehder, salah satu pendiri kartel narkoba Medellin, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Kamu familiar dengan nama Kartel Medellin? Kartel ini memiliki sumber pemasukan dari penjualan obat-obat terlarang di Kolombia, Bolivia, Peru, Honduras, hingga Amerika Serikat. Kartel ini pun kerap disebut sebagai kartel terbesar di Amerika Selatan.

Selain Pablo Escobar, nama Rivas juga cukup terkenal karena dia adalah co-founder dari kartel ini.

Sejatinya, pria ini memulai karier kriminalnya sebagai pelaku curanmor. Lambat laun, dia pun menjual ganja hingga akhirnya menjadi penyelundup mobil ke AS dan Kanada.

Pria yang dikabarkan memiliki kekayaan US$2,7 miliar ini masih hidup dan saat ini mendekam di penjara.

9. Pablo Escobar

Pablo Escobar, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Pablo Escobar, gembong kartel Medellin, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Masih di Kartel Medellin, dia lah Escobar seorang gembong narkoba pemasok kokain terbesar ke Amerika Serikat. Sang raja kokain ini pun disebut mengantongi kekayaan sebesar US$ 25 miliar!

Gak heran kalau dia kerap dijuluki sebagai salah satu bandar narkoba tersukses sejagat.

Di tahun 1982, dia justru aktif di politik. Melalui ini, dia bertanggung jawab untuk pembangunan banyak rumah sakit, sekolah, dan gereja-gereja di Kolombia barat, yang memberikannya popularitas dalam Gereja Katolik Roma lokal, serta di kalangan penduduk setempat.

Namun akhirnya, dia pun dituduh mengeksploitasi kekuasaan politiknya hingga menyebabkan Kolombia dinobatkan sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Pria ini pun tewas ditembak oleh Kepolisian Kolombia, tepat saat dia berulang tahun ke-44.

10. Amado Carrillo Fuentes

Amado Carrillo Fuentes, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)
Amado Carrillo Fuentes, salah satu penjahat terkaya. (Wikimedia Commons)

Dari Kolombia, sekarang kita ke Meksiko. Di negara tersebut, lahir seorang pria bernama Amado Carrillo Fuentes yang akhirnya menjadi raja narkotik. Dialah yang akhirnya menumbangkan Kartel Juarez dengan membunuh Rafael Aguilar Guajardo.

Sebagai gembong narkoba, dia menggunakan jet untuk mengirim obat-obatan terlarang itu. Dia pun melakukan praktik pencucian uang di Kolombia melalui sebuah leasing, yang digunakan untuk mengkredit pesawat jet miliknya.

Pria yang diprediksi memiliki total kekayaan US$ 25 miliar ini tewas ketika menjalani operasi plastik dan sedot lemak. Ada yang mengatakan bahwa dirinya meninggal karena komplikasi, namun ada juga yang menyebut bahwa hal itu disebabkan karena penanganan medis yang salah.

Itulah kisah 10 penjahat terkaya sejagat yang harus kamu ketahui. Intinya, walaupun kekayaannya luar biasa tetap saja cara cari uangnya gak berkah.

Lebih baik jadi pengusaha, merasakan gagal, hingga akhirnya bisa sukses di masa depan dan berguna buat banyak orang. Setuju gak? (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan