10 Destinasi Wisata Keren di Hong Kong yang Bikin Liburanmu Makin Seru

5 menit
Tempat wisata gratis di Hong Kong (Shutterstock).

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar Hong Kong? Kali ini kita gak akan bahas soal Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di sana ya! Tetapi beberapa tempat wisata gratis di Hong Kong yang sayang banget jika dilewatkan begitu saja.

Hong Kong merupakan negeri yang kecil. Luas wilayahnya hanya 2.755 km2, jauh lebih kecil dibandingkan luas Pulau Bali yang mencapai 5.780 km2. Meski begitu, Hong Kong dikenal sebagai salah satu negara di Asia yang banyak dikunjungi para wisatawan dunia.

Buktinya, pada tahun 2014, sebanyak 27,8 juta wisatawan berkunjung ke Hong Kong. Kedatangan wisatawan itu pun memberikan pemasukan sebesar US$38,376 juta atau setara Rp 512,281 miliar. Hong Kong pun dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler ke-11 dunia.

Pada saat pelesir ke Hong Kong, kamu tidak perlu bingung dalam mencari tempat wisata yang menarik. Mulai dari tempat untuk wisata belanja, tempat yang menyimpan nilai sejarah tinggi, hingga wisata alam dengan pemandangan menakjubkan, bahkan wisata gratis ada semua di negara ini.

Apa aja sih? dilansir laman Skyscanner, berikut ulasannya.

Baca juga: Ingin Liburan Nyaman Menenangkan Tanpa Diganggu Pekerjaan, Ikuti 5 Cara Ini

1. Hong Kong Museum of Art

Hong Kong Museum of Art, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Hong Kong Museum of Art (Shutterstock).

Memiliki koleksi lebih dari 15 ribu karya seni terbaik, museum ini wajib kamu kunjungi saat berada di Hong Kong. Hong Kong Museum of Art berisi lukisan, foto bersejarah, keramik, hingga kaligrafi. Sama seperti kebanyakan museum lainnya di Hong Kong , kamu bisa menikmatinya secara gratis setiap hari Rabu ya. Jangan sampai salah berkunjung!

2. PoHo District

PoHo District, Tempat wisata gratis di Hong Kong
PoHo District

PoHo District merupakan salah satu wilayah yang belum lama terbentuk di daerah Old Town Central, Hong Kong. Po, dalam arti bahasa Mandarin ini berarti harta karun. Karena banyaknya nama jalan yang diawali dengan kata ini, jadilah wilayahnya dinamai PoHo.

PoHo District mencakup Tai Ping Shan Street, Po Hing Street, Tung Street, Sai Street, dan Upper Station Street. Disini merupakan kawasan nongkrong paling ngetop dan kekinian bagi anak-anak milenial.

Di kawasan ini akan banyak kamu ketahui mural atau street art yang keren-keren. Gak cuma itu, di sini juga banyak kafe serta galeri seni yang estetis. Kamu dijamin betah berlama-lama di kawasan ini.

3. Hong Kong Heritage Museum

Hong Kong Heritage Museum, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Hong Kong Heritage Museum (Shutterstock).

Museum yang memiliki berbagai koleksi bersejarah Hong Kong ini bisa kamu kunjungi dengan gratis lho. Mulai dari kesenian rakyat, mainan, komik, peninggalan budaya pop lainnya, hingga artefak kuno Tiongkok bisa kamu temukan di museum ini.

Hong Kong Heritage Museum menunjukkan proses bercampurnya budaya Barat dan Timur dan pengaruhnya terhadap perkembangan dari dulu hingga sekarang. Selain itu, setiap hari Sabtu pukul 14.30-15.45, ada kelas khusus Opera Kanton khas Hong Kong yang bisa diikuti secara gratis. Jangan lupa pesan tempat untuk kelas ini ke Visitor Center Hong Kong Tourism Board.

Baca juga: Bingung Mau Kemana Saat Libur Panjang Pemilu dan Jumat Agung? Lakukan Kegiatan Ini Aja

4. Man Mo Temple

Man Mo Temple, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Man Mo Temple (Shutterstock).

Terletak di antara PoHo dan Hollywood Road, Man Mo Temple yang merupakan kuil kuno berdiri dengan kokohnya. Diapit gedung pencakar langit, kuil kuno ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Dengan eksterior dan interior yang dijaga dengan baik, kamu akan merasa seperti kembali ke masa lalu.

Kuil ini dibangun pada 1847 untuk menghormati Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo). Kamu bisa mengamati kegiatan sembahyang warga lokal atau sekadar foto-foto, asal tidak berisik dan menjaga sopan santun. Kuil Man Mo memberi pengalaman wisata budaya yang keren selama berada di pusat kota Hong Kong.

5. Hong Kong Zoological and Botanical Gardens

Hong Kong Zoological and Botanical Gardens, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Hong Kong Zoological and Botanical Gardens (Shutterstock).

Hong Kong Zoological dan Botanical Gardens merupakan rumah bagi lebih dari 1000 spesies tanaman, 500 burung, serta binatang lainnya, termasuk orangutan, lemur, ular piton, dan burung flamingo.

Biasanya mereka yang kesini mengajak anak serta keluarga sekalian. Jadi jangan heran kalau kamu bakal menemukan banyak turis keluarga disini. Karena memang sangat cocok untuk anak-anak.

6. Sham Shui Po

Sham Shui Po, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Sham Shui Po (Shutterstock).

Datang ke Hong Kong jangan lupakan tempat ikonik yang satu ini. Distrik ini merupakan salah satu wilayah di Kowloon yang ramai dihuni pekerja. Sham Shui Po juga dijadikan tempat tinggal paling padat dan penuh hiruk pikuk. Warganya perpaduan dari para imigran asal pedalaman China, keluarga-keluarga kelas pekerja, dan para lansia.

Disini kamu bakal bertemu dengan toko yang menjual pernak pernik murah meriah. Juga bisa menikmati street food dengan makanan khas negara tersebut. Bahkan kalau teliti, ada satu toko yang menjual berbagai macam snack dari Indonesia lho.

Baca juga: Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

7. Avenue of the Stars

Avenue of the Stars, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Avenue of the Stars (Shutterstock).

Avenue of the Stars adalah Hollywood Walk of Fame-nya Hong Kong. Di sini, kamu dapat melihat cetakan tangan para artis Hollywood dan Hong Kong, seperti Jackie Chan dan Bruce Lee. Berita baiknya, kamu bisa berjalan di sini dan berfoto secara gratis! Enak kan jalan-jalan gratis plus dapat feed foto keren pula.

8. The Big Buddha

The Big Buddha, Tempat wisata gratis di Hong Kong
The Big Buddha (Shutterstock).

The Tian Tan Buddha atau The Big Buddha merupakan salah satu atraksi wisata populer di Hong Kong. Kabar baiknya objek wisata ini bisa kamu nikmati secara gratis. Terletak di Lantau Island, patung Buddha setinggi 34 meter ini merupakan yang tertinggi di dunia. Sangking tingginya, dari atas kereta gantung kamu sudah bisa melihat patung ini.

9. Symphony of Lights

Symphony of Lights, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Symphony of Lights Hong Kong (Shutterstock).

Saat berada di wilayah Tsim Sha Tsui, jangan lupa mampir ke Victoria Harbour ya guys. Pasalnya, di sini kamu bisa menyaksikan pertunjukan gratis setiap jam 8 malam. The Symphony of Lights merupakan favorit setiap turis asing yang berada di Hong Kong karena keindahannya.

Pertunjukan ini berhasil masuk ke Guinness Book of World Records sebagai “Pertunjukan Cahaya dan Suara Permanen Terbesar di Dunia” karena melibatkan lebih dari 40 gedung tinggi di sepanjang pelabuhan, lampu laser, lampu sorot, dan juga kembang api. Selain itu, pertunjukan cahaya ini juga disertai dengan musik dan narasi yang menjadikannya benar-benar memesona.

10. Golden Beach and Repulse Bay

Golden Beach and Repulse Bay, Tempat wisata gratis di Hong Kong
Golden Beach and Repulse Bay (Shutterstock).

Jika ingin menikmati sisi lain dari Hong Kong, maka kamu bisa pergi ke daerah pantai dan bersantai sejenak. Golden Beach dan Repulse Bay adalah dua dari beberapa pantai favorit warga lokal maupun turis asing. Selain itu, Big Wave Bay Beach populer di antara peselancar dan merupakan tempat beberapa batu prasejarah.

Gimana nih guys, banyak juga kan tempat wisata gratis di Hong Kong yang bisa kamu kunjungi. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh kesana tapi gak mendatangi tempat-tempat gratis tersebut. Selamat berlibur ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be