Sudah Berpulang, 10 Tokoh Tenar Ini Masih Terus Menghasilkan Uang

tokoh-terkenal
John Lennon (schamper.ugent.be)

Ada ungkapan yang mengatakan duit tak dibawa mati. Itu benar sekali. Tapi bukan berarti orang yang telah tiada tak bisa mendapat rezeki lagi. Apalagi tokoh terkenal.

Sederet sosok tenar mancanegara tercatat masih memperoleh penghasilan meski sudah tiada. Harta mereka terus bertambah, tapi bukan dikirim ke alam baka.

Yang mendapat benefit dari harta selebriti yang kian menggemuk itu adalah keluarganya. Juga orang lain yang beruntung memperoleh jatah, misalnya dari yayasan amal yang dikelola keluarga si tokoh.

Forbes memiliki daftar peringkat tokoh terkenal yang hartanya terus bertambah meski sudah tiada. Yuk kita ulas dari peringkat paling buncit!

10. Albert Einstein ($10 juta/Rp 14 miliar)

tokoh-terkenal
Wikimedia Commons

Gambar Einstein banyak digunakan di mana-mana, dari iklan produk sampai meme lucu-lucuan. Ilmuwan ini memang terkenal di seantero dunia.

Einstein ketika hidup ditawari banyak job endorsement. Tapi dia menolak. Setelah meninggal, justru banyak gambarnya yang dijadikan penguat merek produk lewat iklan.

9. John Lennon ($12 juta/Rp 17,2 miliar)

Pentolan The Beatles ini tetap mendapat pemasukan bersama bandnya meski telah tiada. Bisa dikatakan Lennon adalah personel Beatles yang paling sukses setelah bersolo karier. Penghasilannya hanya bisa dikalahkan oleh Paul McCartney, personel Beatles yang masih hidup.

8. Dr. Seuss ($16 juta/Rp 23 miliar)

tokoh-terkenal
Wikipedia

Penyair, penulis, dan kartunis ini memiliki karya yang abadi hingga sekarang. Tokoh terkenal ini sudah meninggal berpuluh tahun yang lalu, tapi buku ilustrasi anak-anaknya masih laris manis. Bahkan beberapa karyanya diangkat ke layar lebar, yang tentu dengan kompensasi tak sedikit.

7. Prince ($18 juta/Rp 25 miliar)

tokoh-terkenal
mid-day.com

Ketika tewas pada 2016, Prince banyak ditangisi penggemarnya. Penyanyi ini memang terkenal punya banyak fan, yang berkontribusi pada besarnya penghasilannya meski sudah meninggal. Karyanya masih laris manis hingga sekarang, terutama yang didengarkan via streaming.

6. Tom Petty ($20 juta/Rp 28 miliar)

St. Louis | May 2017 #riptompetty 📷: @actennille

A post shared by Tom Petty & The Heartbreakers (@tompettyofficial) on

Penyanyi ini mungkin tak begitu familier di telinga orang Indonesia. Tapi Petty amatlah terkenal sebagai musikus multitalenta serta produser dan aktor. Sama seperti Prince, karyanya banyak didengarkan orang lewat online.

5. Bob Marley ($23 juta/Rp 33 miliar)

Siapa tak kenal Bob Marley? Meski sudah lama meninggal, karya-karyanya masih sering terdengar. Ada yang dijadikan lagu cover, ada pula yang jadi jingle iklan. Karena itulah penghasilan tokoh terkenal ini terus berlimpah.

4. Elvis Presley ($35 juta/Rp 50 miliar)

Satu hal yang luar biasa dari Elvis: lebih dari 1 juta kopi albumnya terjual tiap tahun meski dia sudah meninggal! Selain dari album, penghasilannya berasal dari sewa penginapan yang dibangun dari bekas tempat tinggalnya.

3. Charles Schulz ($38 juta/Rp 54 miliar)

tokoh-terkenal
Wikimedia Commons

Ada yang tahu Snoopy? Karakter kartun berupa anjing itu adalah ciptaan Schulz lewat komik strip Peanuts. Penghasilannya banyak berasal dari copyright karyanya, juga lisensi tokoh komik pada kaus hingga kotak makan anak TK.

2. Arnold Palmer ($40 juta/Rp 57 miliar)

Pegolf yang meninggal karena serangan jantung ini masih punya penghasilan besar. Kebanyakan berasal dari lisensi dan endorsement serta branded store yang menjual peralatan olahraga di Asia.

1. Michael Jackson ($75 juta/Rp 107 miliar)

#MichaelJackson #MJWeAreOne #KingOfPop

A post shared by Michael Jackson (@michaeljackson) on

Ini dia tokoh terkenal yang paling banyak ngehasilin uang meskipun udah lama berpulang.

Penyanyi ini menerima banyak pemasukan dari karya-karyanya yang masih diperjualbelikan. Meski ketika hidup banyak dananya yang tersedot untuk banyak hal, itu tidak menghalanginya untuk menduduki posisi pertama sebagai artis yang hartanya terus bertambah meski sudah tiada.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Perumpamaan itu cocok buat para artis di atas. Nama yang membuat keluarganya lebih terjamin kehidupannya dengan adanya penghasilan dari mereka meski sudah tiada. Asal jangan langsung dihabisin aja ya uangnya.

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong