10 Wisata Gratis yang Bisa Kamu Kunjungi di Malaysia, Jangan Kelewat Ya!

7 menit
Wisata Gratis di Malaysia jangan sampai kamu lewatkan (Shutterstock).

Wisata Malaysia kini juga menjadi pertimbangan para traveler untuk menghabiskan waktu libur. Tak hanya berasal dari Asia, Malaysia kini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan asing seperti Eropa dan Australia.

Tak terkecuali pula dengan wisatawan Indonesia lho. Karena letaknya berdekatan dan tidak memerlukan waktu cukup lama untuk kesana, banyak wisatawan kita yang mulai berkunjung ke negeri jiran tersebut.

Apalagi diketahui negara Siti Nurhaliza ini diketahui memiliki segudang tempat wisata seru untuk dijajaki. Baik kamu yang berlibur dengan fasilitas bintang lima maupun ala backpacker, dijamin tak akan kecewa mengunjungi Malaysia.

Apalagi bagi kamu yang muslim, berkunjung ke negara ini tentu aman. Pasalnya hampir setiap makanan, minuman bahkan rumah ibadah seperti Masjid mudah untuk dicari. Nah, berikut ini 10 objek wisata gratis yang bisa kamu lakukan selama berada di Malaysia. Mengutip laman Traveloka, cek yuk.

Baca juga: Pengin Liburan Mewah Tapi Gak Menguras Kantong? Begini Caranya

1. KLCC Park

KLCC park (Shutterstock).

Kalau kamu ingin mendapatkan view terbaik dari Menara Petronas, coba deh datang ke KLCC Park di Jalan Ampang. Taman seluas 20 hektar ini memang dekat dengan landmark Malaysia tersebut.

Ada banyak hal yang bisa ditemukan di sini. Salah satunya, kamu bisa menikmati pertunjukan air mancur setinggi 42 meter pada siang dan sore hari. KLCC Park juga menawarkan kesejukan dengan lebih dari 1900 batang pohon lho.

Untuk kamu yang datang bersama anak-anak, di sini juga tersedia kolam renang anak yang cukup bersih. Ada pula event khusus yang diselenggarakan pada saat tertentu, seperti night running dan morning jog. Jika tertarik untuk mengunjunginya, KLCC Park beroperasi setiap hari pukul 10:00 – 22:00.

2. Menara KL

Menara KL (Kuala Lumpur) merupakan sebuah menara yang dibuka pada tahun 1995. (Shutterstock).

Menara KL (Kuala Lumpur) merupakan sebuah menara yang dibuka pada tahun 1995 dan mencapai ketinggian 421 meter, tertinggi ke-6 di dunia. Menara ini digunakan untuk memperlancar komunikasi dan seperti menara-menara tinggi lainnya, menara ini juga menyediakan dek pengamatan yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Seperti halnya menara kembar Petronas, untuk naik ke atas tentu kamu harus membayar uang tiket. Tetapi kalau sekadar foto-foto di taman dengan latar belakang menara ini, ya gratis kok.

Menara ini bisa ditempuh dengan LRT Kelana Jaya Line dan turun di stasiun Dang Wangi, lalu berjalan kaki selama 15 menit. Gak cuma itu saja, kamu juga bisa menggunakan monorel dan turun di stasiun Bukit Nanas, dilanjutkan berjalan kaki selama 10 menit. Mudah banget kan?

Baca juga: Mobil Low MPV Terbaru Pabrikan Jepang yang Harganya di Bawah Rp 200 Jutaan

3. Royal Selangor Visitor Centre

Royal Selangor Visitor Centre (Shutterstock).

Tahu gak sih kalau negeri jiran ini merupakan salah satu penghasil kerajinan pewter terbesar di dunia? Pewter merupakan campuran timah putih dan hitam yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan, seperti guci atau gelas.

Kalau kamu ingin lihat proses pembuatan kerajinan ini, bisa datang ke Royal Selangor Visitor Centre di Jalan Usahawan 6, Setapak Jaya. Tidak hanya melihat indahnya kerajinan pewter, di sini kamu juga bisa melihat proses pembuatannya.

Bahkan, kamu pun akan dibuat kagum dengan arsitektur bangunan Royal Selangor. Datanglah setiap 09:00 – 17:00 untuk membuktikan keindahannya.

4. Bukit bintang

Bukit bintang, Malaysia (Shutterstock).

Bukit bintang terkenal akan pusat jual beli papan atas di KL. Kalau Singapura punya Orchard Road sebagai pusat perbelanjaan, nah di Malaysia Bukit Bintang ini. Bukit Bintang menjadi salah satu daerah di Kuala Lumpur yang menyajikan keistimewaan tersendiri.

Melansir laman Panduan Wisata Malaysia, di daerah ini para wisatawan akan dimanjakan dengan aneka hiburan dan juga tempat wisata yang menakjubkan. Kalau kamu memang gak ada niatan belanja karena bokek ya gak apa-apa. Disini kamu tetap bisa melakukan aktivitas gratis lainnya seperti menikmati suasana trotoar dan mal. Banyak kok turis asing yang datang kesini hanya untuk jalan-jalan dan foto tanpa berbelanja.

Kalau kamu tertarik, lokasi ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari KLCC selama 15 menit atau naik monorel tujuan stasiun Bukit Bintang.

Baca juga: Yuk Nostalgia! Merek Mobil Terkenal Ini Diambil dari Nama Hewan Lho

5. Galeri Seni Nasional

Galeri Seni Nasional Malaysia

Kamu penikmat seni? Maka Galeri Seni Nasional Malaysia wajib masuk daftar kunjungan ya. Di galeri seni ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi seni Malaysia mulai dari yang tradisional hingga kontemporer. Menariknya, Galeri Seni Nasional memiliki arsitektur unik yang mengombinasikan desain tradisional khas Malaysia dengan beberapa sentuhan modern.

Terkadang, pihak pengelola juga menggelar pameran dan seminar yang bisa diikuti para pengunjung tanpa mengeluarkan dana tambahan. Penasaran? Langsung saja datang ke Galeri Seni Nasional di Jalan Tun Abdul Razak. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 – 18:00.

6. Jalan Alor

Bagi kamu yang mencari aneka kuliner khas Cina dan juga seafood, Jalan Alor adalah pilihan yang tepat (Shutterstock).

Bagi kamu yang mencari aneka kuliner khas Cina dan juga seafood, Jalan Alor adalah pilihan yang tepat. Di sini para pengunjung bisa memilih aneka warung makan yang berderet di sepanjang jalan tersebut.

Apalagi suasana malamnya yang cukup menyenangkan. Kulinernya memang bayar ya guys, tetapi kamu pasti akan terkesan dengan kemeriahan suasananya. Mayoritas penjual di sini adalah etnis Cina Malaysia dan kebanyakan makanan yang dijual non Halal. Meski demikian, kamu gak usah khawatir, tetap ada kok makanan halal yang dijual disini oleh orang khas Melayu.

Kamu bisa naik Monorail jalur MR ke Bukit Bintang dan berjalan kaki selama 10 menit saja.

7. KL Forest Eco Park

KL Forest Eco Park (Shutterstock).

Satu lagi destinasi wisata gratis di Malaysia yang tidak boleh kamu lewatkan yakni KL Forest Eco Park. Tempat ini merupakan lahan konservasi alam berupa hutan hujan tropis. Warga setempat biasa menyebutnya sebagai Bukit Nanas. Hal tersebut karena dulunya KL Forest Eco Park merupakan kebun nanas yang dijadikan benteng untuk menghalau musuh.

Setidaknya, hutan ini menjadi rumah bagi 223 jenis tanaman, 12 spesies mamalia, dan 25 jenis unggas. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan aneka fauna dan flora tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu datang ke objek wisata yang ada di Jalan Raja Chulan ini pada bulan Juli – Desember.

8. Masjid Jamek

Masjid Jamek (Shutterstock).

Mengutip laman Panduan Wisata Malaysia, bangunan penuh sejarah ini dibangun pada 1909, dan merupakan masjid tertua di kota Kuala Lumpur. Masjid ini terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak, yaitu tempat asal muasal kota Kuala Lumpur.

Seni bangunan ini mendapat inspirasi seni bangunan Mogul, dari utara India dan bangunan ini dibuka secara resmi sebagai Masjid Negara pada 1965. Kini, meski terdapat sebuah masjid negara yang baru, Masjid Jamek masih menjadi bangunan yang penting disebabkan lokasinya yang strategis di tengah kota Kuala Lumpur.

Lokasinya berdekatan pasaraya, pusat makanan dan kawasan perniagaan menjadikan Masjid Jamek kawasan yang senantiasa ramai dikunjungi. Malahan menjadi daya tarik budaya yang memperkaya sejarah Kuala Lumpur.

Jika memasuki kawasan masjid, pastikan kamu berpakaian sopan karena bangunan ini adalah kawasan untuk beribadah. Angkutan yang dipakai untuk ke lokasi ini menggunakan LRT Putra. Kamu bisa naik LRT dan berhenti di stasiun Masjid Jamek. Mesjid itu terletak berdekatan stasiun ini.

9. Batu Caves

Batu Caves di Malaysia (Shutterstock).

Objek wisata gratis Malaysia yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Batu Caves. Tempat wisata yang satu ini memadukan wisata alam dengan wisata religi. Di Batu Caves, kamu akan menemukan bukit batu dengan beberapa gua batu dan kuil Hindu.

Batu Caves dihuni oleh beragam fauna khas seperti laba-laba, kelelawar, dan monyet berekor panjang. Namun, kamu harus berhati-hati karena monyet-monyet ini sering mengganggu.

Perlu kamu ingat, Batu Caves berjarak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur. Kamu bisa ke objek wisata ini menggunakan kereta komuter dengan tarif kurang lebih 2 RM. Tentunya, transportasi tersebut jauh lebih hemat jika dibandingkan menggunakan taksi atau bus.

10. Kuala Lumpur City Gallery

Kuala Lumpur City Gallery

Kalau kamu sedang berada di Malaysia, atau akan melakukan pelesiran kesana, jangan lupa datang ke Kuala Lumpur City Gallery. Hal itu jika kamu lebih ingin memahami KL lebih dalam lagi. Kuala Lumpur City Gallery yang merupakan museum mini yang mengandung sejarah menarik KL.  

Pasti menyenangkan berlibur sambil menambah wawasan, terlebih jika kamu mengajak serta si kecil untuk menambah pembendaharaan pengetahuannya akan kota-kota besar Asia. Seperti namanya, Kuala Lumpur City Gallery merupakan mini museum yang memang didedikasikan untuk cerita dan sejarah mengenai Kuala Lumpur.  

Di dalamnya kamu akan mendapati banyak skali benda bersejarah terkait dengan berkembangnya Kuala Lumpur hingga menjadi salah satu negara bagian dan kota paling berpengaruh di Asia. 

Kuala Lumpur City Gallery dibangun pada tahun 1899 pada saat itu bangunan museum merupakan tempat pusat percetakan pemerintah Britania Raya yang sedang menduduki Malaysia. 

Di sini kamu akan mendapatkan banyak sekali kisah perjalanan kelam Kuala Lumpur hingga masa kemerdekaan Malaysia hingga proses kemajuan kota ini sebagai administratif negara. Hingga kini Kuala Lumpur menjadi kota modern, kamu dapat tetap menikmati potret tempo dulu Kuala Lumpur melalui koleksi surat kabar, potongan gambar kalender zaman dahulu, hingga, foto-foto yang dikumpulkan oleh beberapa fotografer Malaysia masa lalu.

Semua koleksi yang terdapat di Kuala Lumpur City Gallery lebih dari cukup membuatmu lebih mengenal negri asal nasi lemak ini, semua gambar dan kumpulan foto disusun dengan sangat apik dan menyenangkan untuk dilihat. Kamu juga mungkin akan membandingkan beberapa banguunan masa lalu yang kini telah direnovasi.

Gimana nih guys? Bujet terbatas bukan berarti kamu tidak bisa liburan. Wisata Malaysia menjadi salah satu negara yang pas untuk rencana liburan kamu. Dengan mengunjungi wisata gratis tersebut, siapapun yang ke Malaysia bisa tetap menyenangkan tanpa menekan pengeluaran selama berlibur. Selamat berlibur ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!