11 Ide Bisnis Saat Weekend yang Cocok Buat Pekerja Kantoran

Kini banyak ide bisnis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan duit tambahan, termasuk untuk para pekerja kantoran.

Kamu bahkan bisa menjalankan bisnis tanpa harus mengganggu waktu kerjamu lho. Coba aja lakukan saat akhir pekan atau weekend.

Seperti apa ide bisnis yang bisa dilakukan para pekerja kantoran di waktu weekend? Berikut 11 pilihannya.

1. Food truck

Ide Bisnis
Food truck (lamag)

Saat akhir pekan pekan, pasti banyak sekali anak muda yang nongkrong bersama teman-temannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk meraup pundi-pundi rupiah lho, salah satunya adalah dengan membuka bisnis food truck.

Kamu bisa mencari tempat yang sekiranya banyak didatangi anak muda dan sesuaikan juga dengan jenis makanan yang kamu jual.

Ide bisnis yang satu ini banyak dilirik para pengusaha karena strategi pemasaran “menjemput bola” akan membuat pemasukan mereka lebih besar.

[Baca: Nggak Punya Lahan? Coba Bisnis Food Truck dengan Modal di Bawah Rp 100 juta Yuk!]

2. Event organizer

Ide Bisnis
Event organizer (menp)

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan, yaitu dengan membuka event organizer.

Kamu bisa memulai dari yang kecil-kecil dulu seperti untuk acara kelurahan atau perlombaan anak-anak di mall.

3. Garage sale

Ide Bisnis
Garage sale (timeout)

Punya banyak baju yang udah gak terpakai tapi masih bagus dan layak? Daripada menumpuk di lemari, mending kamu jual kan?

Kamu bisa ikut partisipasi saat ada garage sale atau bazar yang biasanya digelar di hari Sabtu dan Minggu. Keuntungannya bisa lumayan banget lho.

4. Katering

Ide Bisnis
Katering (elina)

Banyak yang bilang masakanmu enak dan bahkan gak sedikit dari mereka yang memintamu untuk buka katering.

Hmm.. daripada keahlianmu gak digunakan, gak ada salahnya kan kalau kamu membuka katering. Kamu bisa mulai dengan menerima pesanan untuk acara pengajian atau tunangan yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

5. Menjual makanan sarapan

Ide Bisnis
Menjual makanan sarapan (masbrooo)

Menjual makanan untuk sarapan di akhir pekan bisa jadi pilihan bisnis yang menjanjikan lho. Kamu bisa memilih lokasi yang sering didatangi masyarakat saat weekend, seperti jogging track, CFD (Car Free Day) maupun taman umum.

Pasalnya banyak orang yang akan lapar setelah berolahraga. Jadi bisnis makanan sarapan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

6. Penulis lepas

Ide Bisnis
Penulis lepas (trendycrunch)

Menjadi penulis lepas juga bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu kosong di akhir pekan sekaligus mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Apalagi kini sudah banyak website untuk para penulis lepas. Lumayan banget kalau kamu bisa mengerjakan lima artikel di Sabtu-Minggu yang per artikelnya dibayar Rp 30 ribu. Jadi dalam satu minggu kamu dapat uang tambahan Rp 150 ribu.

[Baca: 7 Website Penulis Artikel yang Bayar Tulisanmu, Bisa Sampai Jutaan Lho]

7. Membuat blog

ide bisnis
Membuat blog (julietswritingstudio)

Menjadi blogger juga merupakan salah satu ide bisnis yang menjanjikan lho. Gimana gak, kamu bisa mendapatkan fee hingga jutaan rupiah untuk review produk, terlebih jika blog kamu sudah terkenal.

Jadi gak ada salahnya kan untuk coba-coba membuat blog. Tapi disarankan agar kamu membuat konsep terlebih dahulu, misalnya menjadi beauty blogger dan lainnya yang memang sesuai dengan keinginanmu.

8. Fotografer

ide bisnis
Fotografer (okezone)

Punya keahlian foto? Kamu juga bisa nih menjadi fotografer yang memang hanya menerima job saat weekend.

Kamu bisa menjadi fotografer prewedding atau pernikahan. Lumayan kan kalau setiap akhir pekan kamu bisa mengantongi uang ratusan hingga jutaan rupiah.

9. Jasa les privat Bahasa Inggris

ide bisnis
Jasa les privat Bahasa Inggris (learnatcentral)

Sayang banget gak sih kalau menyia-nyiakan keahlian bahasa Inggrismu? Kalau gak dipakai juga bisa membuat kamu jadi gak lancar atau bahkan lupa.

Nah, sembari menambah kemampuan bahasa Inggrismu, gak ada salahnya dong kalau sekalian mencari duit tambahan salah satunya menjadi guru les privat.

Kamu bisa membuka jasa les privat untuk anak-anak SD terlebih dahulu kalau memang kamu belum percaya diri mengajar orang dewasa.

Kalau dibayar setiap pertemuan Rp 300 ribu, tentu lumayan banget kan kalau dikumpulin per bulannya.

10. Membuka jasa titip

ide bisnis
Membuka jasa titip (tribunnews)

Kini jasa titip menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan banget lho. Kamu bisa mendapatkan komisi beberapa persen untuk membeli pesanan barang.

Tapi biar gak rugi, sebaiknya kumpulkan dulu hingga mencapai beberapa orang. Jadi kamu bisa membelinya berbarengan. Dengan begitu keuntungan yang kamu dapatkan lebih banyak bukan?

[Baca: Ini Caranya Memulai Bisnis Jasa Titip Supaya Pemasukan Kamu Meledak]

11. Membuka jasa memandikan hewan peliharaan

Ide Bisnis
Membuka jasa memandikan hewan peliharaan (jempolkaki)

Suka gemes sama hewan peliharaan berbulu yang imut. Nah, kamu bisa nih mencoba ide bisnis memandikan hewan peliharaan.

Kalau sudah mulai dikenal, kamu bahkan bisa merambah dengan membuka pet shop atau klinik hewan.

Jika kamu mematok harga untuk jasa memandikan hewan peliharaan sebesar Rp 40 ribu, maka kamu bisa mengantongi Ro 400 ribu sehari dengan mengurusi 10 hewan.

Itu dia 11 ide bisnis yang bisa kamu dilakukan oleh para pekerja kantoran saat weekend. Udah siap dapat uang tambahan?

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560