Awas, 11 Pikiran Negatif Ini Bakal Bikin Kamu Gak Maju-Maju

3 menit
pikiran negatif

Beberapa orang pasti punya pikiran negatif dan memilih menyalahkan orang lain saat merasa kariernya jalan di tempat. Mulai dari bos, rekan kerja, sampai pasangan dianggap punya andil atas kondisinya itu.

Padahal, jika menilik lebih dalam, acap kali justru pikiran sendiri yang bikin kamu gak maju-maju. Bagai buruk muka cermin dibelah jadinya kan kalau itu yang terjadi.

Bila kamu merasa gak maju-maju, mungkin hal itulah yang sedang kamu hadapi. Untuk mengetahuinya, coba simak dulu beberapa pikiran negatif yang berpotensi bikin seseorang susah maju. Apakah salah satunya ada yang kamu miliki?

1. Mereka bisa, saya gak

SALAH! Semua orang bisa maju, asalkan mampu. Lalu, dari manakah kemampuan itu? Tentunya dari diri sendiri. Jangan sampai mengandalkan orang lain. Kamu harus menanamkan kepercayaan diri. Kalau mereka bisa, kamu pun juga pasti bisa.

2. Untuk melakukan B, harus melakukan A dulu

Rumus itu gak selamanya benar. Risiko punya pikiran negatif seperti itu adalah kamu terjebak dalam upaya melakukan A selamanya. Coba ditelisik, apakah bisa langsung melompat ke B tanpa lewat A. Atau mungkin bisa melakukan dua-duanya sekaligus?

3. Kayaknya susah ah

pikiran negatif
Harus maju tak gentar kalau mau sukses, tapi gak perlu dibayar (politiktoday.com)

Jangan sampai membiarkan perasaan menguasai pikiranmu. Hal yang rasanya susah bisa saja semudah membalikkan telapak tangan ketika dikerjakan. Kerjakan dulu, baru bisa ngeluh susah.

[Baca: Gak Nyangka, 6 Orang Kaya dan Sukses Ini Ternyata Cuma Tamatan SMP]

4. Telat untuk berubah

Gak ada kata terlambat untuk perubahan. Orang yang mengaku telat untuk berubah pasti takut atau enggan berubah. Buang jauh-jauh pikiran negatif itu jika kamu memang berniat maju.

5. Dia aja gak sanggup

Setiap persoalan ada tingkat kesulitan masing-masing. Begitu juga kemampuan seseorang. Ketika melihat orang lain gak sanggup melakukan sesuatu, bukan berarti kamu juga pasti begitu. Bisa jadi kamu ternyata punya kemampuan lebih, sehingga hal yang terasa sulit buat orang lain ternyata mudah bagimu.

6. Apes terus

pikiran negatif
Kalau ngerasa gak beruntung terus, coba dengerin Daft Punk siapa tahu jadi Get Lucky (mercurynews)

Saat gagal dalam suatu hal, apalagi berkali-kali, gak ada hubungannya dengan nasib apes. Keapesan dan keberuntungan bukanlah kebetulan. Bila kita mau beruntung, ya persiapkan semuanya. Kamu harus bekerja keras untuk meraih keberuntungan itu, bukan senantiasa santai-santai kayak di pantai.

7. Saya gak punya ide

Sebagai manusia, pikiran kita selalu bisa digenjot untuk menciptakan ide atau gagasan. So, ketika kamu berpikir gak punya ide, mungkin bukan “gak punya”. Melainkan “belum punya”. Jangan menyerah untuk menggali gagasan selagi masih ada kesempatan.

[Baca: Untuk Menghilangkan Stres, Letakkan 6 Mainan Ini di Meja Kerja]

8. Udah ada orang lain

Ya, orang lain mungkin sudah melakukan suatu hal yang gak perlu kamu lakuin. Namun, untuk bisa maju, kamu tetap harus berfokus dan mencoba mengolah hal tersebut. Ibaratnya, biarlah orang lain menemukan roda. Kamu harus berpikir bagaimana caranya membuat roda itu bisa berputar dengan baik.

9. Hidup ini gak adil

pikiran negatif
Sesekali jangan jadi hakim yang bisa menilai adil-tidaknya sesuatu ah, bikin masygul hati (likendin.com)

Setiap orang punya tantangan tersendiri yang mesti diatasi. Bila kamu merasa tantanganmu untuk maju lebih berat, itu bukan berarti hidupmu gak adil. Faktanya, gak ada yang bisa menebak hidup orang. Apa pun yang terjadi mesti dihadapi, bukan digerutui.

10. Kata dia, saya gak bakal bisa

Ini hidupmu, kamulah yang punya kuasa. Jangan biarkan penilaian orang menjadi satu-satunya penentu langkahmu. Bila mereka bilang kamu gak bisa, buktikan bahwa mereka salah. Bukannya malah larut dalam penghakiman yang belum tentu benar itu.

11. Saya gak layak dapat itu

Kamu bisa menentukan layak-tidaknya dirimu untuk mendapat sesuatu hingga hal tersebut sudah benar-benar kamu dapatkan. Pikiran bahwa kamu gak layak memperoleh sesuatu hanya akan menjauhkanmu dari hal tersebut. Putar balik pikiran itu, bilang bahwa kamu layak untuk segalanya.

Semua orang berhak maju. Bila kamu merasa situasimu saat ini gak maju-maju, mungkin ada beberapa pikiran negatif di atas yang menjadi perintang.

Pikiran negatif bisa sangat berpengaruh pada kemajuan individu. Karena hal tersebut berkaitan dengan sugesti. Ketimbang memenuhi pikiran dengan sugesti negatif, kenapa gak berfokus ke hal positif aja agar bisa maju? Yuk, berubah!

[Baca: Coba Lihat, 10 Gambar Inspirasi Ini Bisa Memotivasimu dalam Karier]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.