Ini Dia 12 Diskon Mobil Awal Tahun 2018 yang Sayang Banget Dilewatkan

diskon mobil
Toyota Yaris (carmagazine.co.uk)

Gak cuma di akhir tahun 2017, awal tahun 2018 juga diramaikan oleh adanya diskon mobil lho. Diskonnya juga gak tanggung-tanggung, ada yang sampai Rp 60 juta!

Diskon mobil awal tahun ini nampaknya pas buat kamu yang sedang nyari mobil di bawah 1.500 cc. Sebab, kebanyakan mobil yang didiskon adalah mobil murah ramah lingkungan yang bermesin tiga silinder. Meski begitu, diskon terbesar ternyata ada di mobil hatchback dan SUV.

Sebelum membeli mobil, kamu harus ingat dulu kalau semua mobil butuh perawatan. Jadi bakal ada biaya gak terduga yang harus kamu siapkan.

Belum lagi, mobil adalah aset yang harganya mengalami depresiasi. Walaupun bisa dikredit, tapi aset ini gak kayak rumah yang harganya makin naik setiap tahun. So untuk membeli mobil, kamu harus pastikan dulu bahwa kamu mampu secara finansial.

Nah, kalau udah siap, ini dia sembilan diskon mobil awal tahun 2018 yang dirangkum dari Kompas.com.

1. Mitsubishi Delica 2015 – diskon Rp 50-60 juta

diskon mobil
Mitsubishi Delica (Carmudi)

Diskon tertinggi ada di Mitsubishi Delica buatan 2015. Meski buatan 2015, bukan berarti ini mobil bekas lho ya. Ini mobil baru, hanya saja belum laris hingga kini.

Mobil MPV rasa SUV ini kapasitas mesinnya mencapai 1.998 cc, dan pas banget jadi mobil keluarga. Harganya mulai dari Rp 436 juta. Menurut penelusuran Kompas ke dealer Mitsubishi di Jakarta Barat, Delica produksi 2015 didiskon antara Rp 50 hingga Rp 60 juta!

2. Mitsubishi Mirage – diskon Rp 15-40 juta

dikson mobil
Mitsubishi Mirage (Oto)

Hatchback andalan Mitsubishi ini juga didiskon gede-gedean. Untuk yang produksi 2016 diskonnya Rp 30 juta, sedangkan untuk tipe GLX manual ada di angka Rp 40 juta. Bagaimana dengan yang produksi tahun 2017? Ada kok, tapi diskonnya Rp 15 juta saja.

Mitsubishi Mirage adalah city car 1.193 cc dengan fitur lengkap dan suspensi yang empuk. Harga mobil tiga silinder ini mulai dari Rp 173 juta untuk tipe GLX atau terendah.

3. Toyota Yaris – diskon sampai Rp 40 juta

diskon mobil
Toyota Yaris (Toyota.Astra)

Mobil hatchback dari Toyota ini tampaknya jadi urutan pertama karena diskonnya paling besar di antara yang lain. Laporan mengenai diskon mobil Toyota Yaris ini disampaikan oleh Kompas.com lewat penelusuran mereka di salah satu dealer Toyota di Jakarta Selatan.

Yaris yang berkapasitas mesin 1.497 cc ini dibanderol mulai dari Rp 232 jutaan. Jumlah Yaris produksi 2017 pun dikabarkan masih banyak lho. Dan diskon Rp 40 juta ini berlaku untuk pembelian tunai maupun kredit.

4. Toyota Rush Lawas – diskon Rp 35-40 Juta

diskon mobil
Toyota Rush 2017 (Toyota.Astra)

Ternyata Toyota Rush lawas produksi 2017 juga masih ada. Padahal mobil ini masuk daftar diskon mobil akhir tahun 2017. Dengan diskon di kisaran Rp 35 hingga Rp 40 juta, pilihan variannya memang gak banyak.

Sebab, Toyota lagi menghabiskan stok lama SUV berkapasitas mesin 1.495 cc ini, mengingat Toyota Rush baru sudah meluncur. Dan seperti diketahui, harga Toyota Rush sendiri mulai dari Rp 243 juta.

[Baca: Toyota Rush Baru Udah Meluncur, Lebih Hemat Mana Ya Sama Xpander?]

5. Mitsubishi Outlander Sport 2016 – diskon Rp 35 juta

diskon mobil
Mitsubishi Outlander Sport (Otodriver)

Mobil berjenis crossover kompak ini juga didiskon oleh dealer, hanya saja khusus untuk yang produksi 2016. Outlander Sport memang cukup terkenal dengan fitur mewah dan mesinnya yang bertenaga.

Mobil yang kapasitas mesinnya mencapai 1.998 cc ini punya desain yang garang, wajahnya mirip Mitsubishi Evolution X. Harganya dimulai dari Rp 370 juta.

6. Honda Jazz – diskon Rp 25 juta

diskon mobil
Honda Jazz (Honda-Indonesia)

Honda Jazz produksi 2017 diskonnya juga cukup tinggi. Untuk yang produksi 2018 diskonnya belum diumumkan hingga saat ini.

Mobil hatchback berkapasitas mesin 1.497 cc ini memang jadi mobil andalan banyak orang. Gak heran kalau Honda Jazz juga dinobatkan sebagai mobil yang harga jual bekasnya paling tinggi. Avanza aja masih kalah tinggi lho sama Jazz.

7. Karimun Wagon R – diskon Rp 15 juta

diskon mobil
Karimun Wagon R (Mobil 123)

Mobil murah ramah lingkungan ini punya tampilan yang compact dan juga kokoh. Kapasitas mesinnya 998 cc sudah pasti ngirit banget, dan harganya pun mulai dari Rp 105 juta sebelum didiskon.

Salah satu dealer Suzuki di Jakarta Timur mengatakan bahwa mobil ini didiskon hingga Rp 15 juta. Jadi harganya bisa di bawah Rp 100 jutaan, alias Rp 90 juta. Dan jangan khawatir, ketersediaan Karimun Wagon R ini juga masih banyak.

8. Honda Brio Satya RS – diskon Rp 15 juta

diskon mobil
Honda Brio Satya RS (Indonesian Auto Blog)

Satu lagi nih yang didiskon Rp 15 juta, yaitu Honda Brio Satya RS produksi 2017. Varian RS adalah varian tertingginya Brio Satya, kapasitas mesinnya 1.198 cc. Sementara itu harganya mulai dari Rp 159 juta hingga Rp 174 juta.

Lantas apakah gak ada diskon untuk Honda Brio Satya yang biasa alias non-RS? Menurut salah satu dealer Honda, Honda Brio Satya non-RS sudah ludes. Sementara untuk yang keluaran 2018 belum ada informasi harganya, so belum bisa dipastikan juga diskonnya.

9. Toyota Calya – diskon Rp 12 juta

diskon mobil
Toyota Calya (Toyota.Astra)

Mobil keluaran Toyota yang bermesin 1.200 cc ini juga didiskon Rp 12 juta lho. Harga Toyota Calya sendiri mulai dari Rp 135,1 juta.

Sama seperti Agya, belum ada informasi detil mengenai diskon mobil Toyota Calya varian apa. So, bila Toyota Calya jadi mobil impianmu, ada baiknya untuk menghubungi pihak Toyota langsung.

10. Daihatsu Ayla – diskon Rp 12 juta

diskon mobil
Daihatsu Ayla (Daihatsu)

Saudara kembar Agya dari Daihatsu juga didiskon Rp 12 juta nih. Daihatsu Ayla yang harganya dimulai dari Rp 119 jutaan ini didiskon Rp 12 juta. Tapi belum jelas sih varian Ayla yang mana yang didiskon. Yang jelas, Ayla-nya adalah produksi 2017.

Seperti diketahui, Ayla juga punya beberapa varian. Dan setiap varian, kapasitas mesinnya beda-beda, tapi yang jelas mulai dari 998 cc hingga 1.197 cc.

11. Toyota Agya – diskon Rp 11 juta

diskon mobil
Toyota Agya (Toyota.Astra)

Toyota Agya punya tampilan yang cukup sporty dengan kapasitas mesin 998 cc. Harganya mulai dari Rp 132 juta.

Diskon mobil murah lingkungan ini mencapai Rp 11 juta. Namun hingga saat ini gak ada informasi soal Toyota Agya varian mana yang didiskon. Biar lebih jelas, hubungi saja pihak sales Toyota terdekat.

12. Daihatsu Sigra – diskon Rp 9 juta

diskon mobil
Daihatsu Sigra (Daihatsu)

Kalau yang di atas adalah kembarannya Agya, nah yang ini bisa dibilang kembarannya Cayla. Tapi bedanya adalah Sigra punya varian 998 cc juga. Dan harga varian termurahnya adalah Rp 108 jutaan.

Sama seperti Ayla, Daihatsu Sigra yang didiskon Rp 9 juta ini adalah yang diproduksi tahun 2017. Hubungi saja pihak Daihatsu terdekat untuk informasi lengkapnya.

Cukup menggoda kan diskonnya? Yuk dipilih mobilnya, jangan lama-lama lho nanti keburu kehabisan stok.

Tapi meski diskonnya gede, tetap ingat pesan DuitPintar di atas yah. Sampai kapanpun mobil adalah aset yang nilainya bakal terdepresiasi. Jadi, pilihlah mobil sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Kalau sudah berkeluarga ya ada baiknya pilih saja mobil keluarga yang bisa muat banyak. Semoga bermanfaat, selamat memilih mobil baru!

[Baca: 4 Mobil Keluarga di Bawah Rp 200 Juta Ini Bakal Meluncur 2018]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560