12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

6 menit
12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Bisa Kamu Kunjungi Kapanpun (Pexel).

Wisata Jepang tidak akan pernah selesai untuk dibahas. Negara yang terkenal akan keindahan bunga Sakuranya tersebut menyimpan banyak objek wisata menarik.

Seperti yang sudah dikenal luas adalah Menara Tokyo, Patung Hachiko, pusat perbelanjaan seperti Shinjuku, Shibuya dan Akihabara mungkin gak bakalan kamu lewati.

Selain itu, objek wisata terkenal lainnya di Jepang ada Taman Yoyogi, Museum Samurai, Kuil Meiji, atau bahkan Disneyland.

Gak cuma berbayar, bahkan ada beberapa lokasi wisata yang bisa kamu sambangi secara gratis loh. Bahkan untuk kota termahal sekelas Tokyo, kamu masih bisa bersenang-senang do tempat ini tanpa membayar.

Hal yang dibutuhkan adalah transportasi menuju lokasi tersebut. Tetapi jangan khawatir, karena semuanya bisa ditempuh dengan kereta. Apa aja sih kira-kira objek wisata gratis yang bisa kamu temui selama berada di Tokyo? Simak yuk ulasan berikut ini melansir laman Soranews24.com.

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

1. Pabrik Bir Suntory Musashino

Pabrik Bir Suntory Musashino (Shutterstock).

Kalau kamu sering bepergian ke Jepang, atau pernah mendapatkan minuman kemasan pasti gak asing sama merek ini. Yup, hak hanya minuman kemasan seperti soda ataupun teh saja, namun bir pun juga diproduksi oleh Suntory.

Buat kamu yang pengin tahu bagaimana proses pembuatan bir, gak ada salahnya berkunjung kesini. Meski gratis kamu tetap perlu memesannya terlebih dahulu agar tidak bentrok dengan grup tur lainnya.

Disini kamu bakal mempelajari langkah-langkah pembuatan bir dari awal hingga pengemasan. Dan yang terpenting, kamu bisa mencicipi bir tanpa dipungut biaya sedikitpun karena langsung datang ke pabriknya. Enak kan?

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu perlu turun di Stasiun Bubaigawara atau Stasiun Fuchuhommachi.

2. Coca-Cola East Japan Tama factory

Coca-Cola East Japan Tama factory

Dari namanya saja sudah ketauan dong kalau ini adalah tur ke pabrik minuman bersoda Coca Cola. Siapa sih yang gak kenal dengan minuman bersoda dalam bentuk kemasan ini? Bahkan di Jepang sendiri ada varian bening untuk minuman bersoda ini.

Rasanya lebih menyegarkan ketimbang yang dijual di Indonesia loh. Murah banget, cukup 98 yen saja kamu sudah bisa mendapatkan satu botol coca cola bening di funding macchine sepanjang jalan.

Balik lagi ke pabrik Coca Cola Tama Factory, disini kamu bisa melihat proses pembuatan sampai pengemasan ke dalam bentuk botol. Bahkan gak cuma itu saja, ada juga minuman lain seperti teh maupun kopi. Disini kamu juga bisa mencicipi Coca Cola secara cuma-cuma dalam botol kaca. Wah!

Untuk sampai ke tempat ini, kamu perlu naik kereta dan turun ke Stasiun Kiyose atau Stasiun Higashi Kurume.

3. Kamiyacho Open Terrace di Komyoji

Kamiyacho Open Terrace di Komyoji (Shutterstock).

Buat kamu yang mengunjungi Jepang di musim semi hingga musim gugur gak ada salahnya datang ke lokasi ini. Kamu cukup turun di stasiun Kamiyacho dengan berjalan kaki pun lokasi ini sudah bisa kamu temukan.

Kamu bisa menikmati teh, kopi atau kembang gula sambil mendengarkan khotbah para biksu Buddha. Meski kamu gak mengerti ajaran tersebut, gak ada salahnya kok tetap duduk dan menikmati suasana di tempat ini. Siapa tahu bisa memunculkan inspirasi kan?

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

4. Museum Kimchi

Kimchi (Pixabay).

Kimchi identik dengan Korea Selatan pastinya kan? Tapi siapa sangka kalau di Jepang ada museum khusus makanan ini loh. Banyak orang, atau bahkan kamu sendiri sangat menyukai hidangan sayur yang diawetkan ini, tetapi tidak tahu banyak akan sejarahnya.

Nah gak salah deh kalau kamu datang ke museum yang terletak di Yotsuya, Shinjuku Jepang ini. Buka hingga jam 11 malam, kamu juga bisa mencicipi langsung kimchi yang ada disana.

Cukup naik kereta dan turun di Stasiun Yotsuya Sanchome kamu sudah bisa menikmati berbagai jenis kimchi.

5. Naik Perahu Tradisional Jepang di Taman

Taman Yokojukken Gawa Shinsui (Time Out).

Taman Yokojukken Gawa Shinsui menyajikan pengalaman berwisata yang gak kalah seru. Disini kamu bisa merasakan bagaimana orang-orang Jepang kuno bepergian di sepanjang sungai dengan perahu.

Ada total 7 perahu di sini yang siap membawamu berkeliling dan merasakan seperti berada di era kekaisaran kuno selama 20 menit.

Buat kamu yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk cocok datang ke tempat ini. Oh ya, kamu cukup turun di Stasiun Toyocho atau Stasiun Sumiyoshi.

6. Taman Shimizuike

Taman Shimizuike (Time Out).

Cukup naik kereta dan turun di Stasiun Gakugei Daigaku atau Stasiun Musashi Koyama kamu sudah bisa menjumpai taman ini. Disini, kamu bisa memancing ikan sambil menikmati suasana alamnya yang menenangkan.

Baca juga: Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

Kolam Pancing Shimizu-ike ini selalu ramai didatangi penduduk setempat maupun wisatawan. Ini adalah tempat sempurna untuk memancing di perairan dangkal, khususnya pada musim dingin.

7. Asuka Park Rail

Asuka Park Rail (Booth in Japan).

Berada di dekat Stasiun Oji, Asuka Park Rail mudah untuk dikunjungi wisatawan. Kamu bisa berjalan dari pintu masuk taman hingga ke puncak bukit Eponymous dalam waktu dua menit.

Sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat musim gugur. Kamu akan melihat indahnya daun-daun pepohonan di Jepang yang berguguran. Pada saat musim semi, tempat ini juga menawarkan keindahan bunga sakura yang baru saja bermekaran.

8. Pemandian Air Panas Komorebi Foot Baths

Komorebi Foot Baths (Tokyo Creative).

Untuk menemukan lokasi pemandian air panas ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyusuri jalan setapak di Tamagawa Josui, menyusuri hutan kota yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo sebagai ruang terbuka hijau.

Disini, kamu bisa membasuh tangan dengan air hangat atau merendam kaki seraya melihat pemandangan dan mencari ketenangan jiwa. Tenang saja, tempat ini terbuka untuk umum dan gratis kok.

9. Mata air Masugata no Ike

Masugata no Ike (Tripadvisor).

Lokasinya berdekatan dengan Stasiun Kokunboji. Kalau kamu kehausan dan merasa lelah berjalan kaki mengelilingi Tokyo, mampir ke tempat ini adalah pilihan tepat. Kamu bisa meminum air disini tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu.

Mengambil air disana menjadi bagian dari kehidupan penduduk sekitar. Mereka cukup sering membawa ember untuk mengisinya dengan air. Jika kamu perlu bekal air untuk melanjutkan perjalanan, gak ada salahnya mengambil disini.

10. Tokyo Metropolitan Office Observation Deck

Tokyo Metropolitan Office Observation Deck

Ingin melihat pemandangan Tokyo di malam hari, datanglah ke Tokyo Metropolitan Office Observation Deck yang berlokasi di dekat Stasiun Shinjuku. Disini kamu akan berdiri di atas 202 meter dari permukaan.

Kalau kamu datang di siang hari dan kebetulan langit cerah, Gunung Fuji bisa terlihat dengan jelas. Kapan lagi kan kamu bisa melihat gunung ikonik tersebut secara gratis dari ketinggian meski jaraknya cukup jauh.

11. Universitas Gakugei Sogakudo (Tokyo Gakugei)

Universitas Gakugei Sogakudo

Ada yang beda dari tur gratis kalian disini. Buat kamu yang pengin menonton musik, gak ada salahnya kalau datang ke lokasi ini. Pasalnya, setiap pagi akan ada persembahan musik dari mahasiswa di Universitas Gakugei Sogakudo yang berlokasi dekat Stasiun Ueno.

Tetapi perlu dicatat ya, konser ini hanya ada di sepanjang musim gugur. Setidaknya ada 18-19 kursi disediakan untuk tamu VIP, seperti keluarga kaisar. Tenag saja, kamu bisa menikmatinya dengan gratis meski gak harus duduk di kursi.

12. Jidayubori Park Minkaen

Jidayubori Park Minkaen (Tripadvisor).

Berlokasi di dekat Stasiun Gakuenmae, buat kamu pecinta sejarah Kekaisaran Jepang, wajib datang kesini. Ini adalah rumah Keluarga Nagasaki, keturunan Edo periode terakhir. Rumah ini direnovasi dan bisa dinikmati oleh siapapun dengan gratis.

Kamu bisa menikmati pemandangan rumah tua dan kuno ala Jepang zaman Edo loh. Kamu juga boleh menyentuh segala perabotan yang ada di dalamnya. Tetapi ingat ya, meski diperbolehkan harus tetap hati-hati karena itu adalah peninggalan sejarah.

Jadi gimana nih, udah siap mau jalan-jalan ke Jepang mengunjungi segala objek wisata gratis di atas? Tenang, semua bisa diakses melalui kereta. Asalkan kamu tidak bingung atau salah membaca peta ya.

Trip seorang diri ke Jepang juga asyik kok. Gak perlu mahir berbahasa Jepang, asalkan kamu paham dengan aturan disana dan berani bertanya, solo travelling kamu akan menyenangkan banget.

Warga Jepang meskipun tidak pandai berbahasa asing seperti Inggris, mereka tetap baik kepada setiap orang yang ditemui, apalagi turis. Jadi gak usah takut kesasar ya selama berada disana. Selamat liburan! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be