Alat Tulis hingga Tempat Makan! Ide Klasik Hadiah Lomba Perayaan 17 Agustus

3 menit
Alat Tulis hingga Tempat Makan! Ide Klasik Hadiah Lomba Perayaan 17 Agustus, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam hitungan beberapa hari lagi, seluruh masyarakat Indonesia bakal merayakan Hari Kemerdekaan di 17 Agustus 2019. Perayaan kemerdekaan Indonesia emang selalu dihiasi dengan segudang perlombaan nih. Pengin tahu gak hadiah apa aja sih yang kerap menjadi aksesoris perayaan hari kemerdekaan negara kita? 

Momen 17-an bertujuan buat mengingatkan rakyat Indonesia, betapa sulitnya para pahlawan berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari para penjajah. Itulah mengapa,  setiap tanggal 17 Agustus dirayakan semeriah mungkin di seluruh Indonesia oleh warga. 

Selain upacara bendera, perlombaan menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu semua masyarakat. Tak hanya menjadi salah satu momen berkumpulnya para tetangga, tapi ada hadiah menarik yang disiapkan panitia untuk warga yang memenangkan perlombaan.

Meski harganya tak seberapa, tapi gak bisa dipungkiri kalau hadiah lomba 17 Agustusan bisa menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat mereka.

Ngomong-ngomong soal hadiah lomba 17-an, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi ide hadiah murah meriah yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa saja? Berikut keenam di antaranya:

Baca juga: 10 Kado Valentine Termahal Sejagat, Ada yang Mirip Kendaraan Chairul Tanjung!

1. Perlengkapan alat tulis

17 agustus 2019
Alat-alat tulis bisa dijadikan hadiah buat perlombaan 17 Agutustan, (Ilustrasi/Shutterstock),

Ide hadiah lomba Agustusan yang murah meriah dan bermanfaat gak lain adalah perlengkapan alat tulis. Seperti buku, pensil, tempat pensil, buku gambar dan lainnya.

Karena biasanya yang lebih banyak mengikuti perlombaan adalah anak-anak. Jadi perlengkapan alat tulis tentu sangat bermanfaat buat mereka.

Bujet yang kamu keluarkan juga gak besar kok. Untuk harga buku tulis di e-commerce aja dijual dengan kisaran harga Rp 20 ribuan satu pak-nya. Ditambah dengan alat tulis yang lain, nominalnya gak sampai Rp 50 ribu.

Baca juga: Wismilak Kasih Hadiah Rp 2 Miliar Bagi Ide Bisnis Brilian

2. Tempat makan

17 Agustus 2019
Tempat makan bisa dijadikan hadiah buat perlombaan 17 Agustusan nanti, (Ilustrasi/Shutterstock).

Paket tempat makan yang lengkap dengan tempat minum juga bisa jadi hadiah lomba yang menarik lho. Pasalnya, gak hanya anak-anak aja yang membawa bekal dari rumah, orang kantoran pun banyak yang bawa makan demi berhemat.

Kamu bisa memilih desain yang netral, agar bisa digunakan buat semua kalangan. Harga buat paket tempat makan sekitar Rp 60 ribuan yang banyak dijual di situs jual beli.

Baca juga: Punya Outfit Mahal Hingga Dihadiahi Jet Pribadi, Nih 5 Anak Seleb Indonesia

3. Power bank

17 Agustus 2019
Power bank bisa dijadikan hadiah buat 17 Agustusan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Zaman yang semakin canggih dan serba digital emang membuat banyak orang udah gak bisa lepas dari gadget, hal tersebut juga berlaku buat anak-anak.

Karena itu, power bank bisa menjadi pilihan tepat untuk hadiah lomba 17-an. Harganya pun beragam, yaitu mulai Rp 50 ribuan.

4. Perlengkapan sekolah

17 Agustus 2019
Peralatan sekolah bisa dijadikan hadiah buat 17 Agustusan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain alat tulis, perlengkapan sekolah seperti tas, sepatu atau baju sekolah juga bisa menjadi salah satu ide cemerlang untuk hadiah lomba.

Agar lebih aman, pilih model yang bisa digunakan buat peserta laki-laki dan perempuan dibedakan nih mulai dari desain hingga pemilihan warnanya. Jangan dominan ke salah satu gender, agar gak mubazir alias tak terpakai.

Gak mahal kok, diberbagai situs jual beli di Indonesia, tas sekolah anak-anak bahkan ada yang dijual dengan harga mulai dari Rp 30 ribu lho.

5. Baju sehari-hari

17 agustus 2019
Daster juga dijadikan salah satu hadiah buat perlombaan 17 Agustusan, (Instagram/@dastersarwendahasli).

Kamu juga bisa menyiapkan hadiah lomba baju sehari-hari. Nah, biar aman, alangkah baiknya kalau hadiah baju ditujukan buat perlombaan khusus.

Misalnya aja lomba balap karung khusus ibu-ibu. Kamu bisa memilih daster yang memang banyak digunakan para ibu-ibu di Indonesia. Buat daster dengan kualitas oke aja banyak dijual dengan harga Rp 50 ribuan kok. Murah kan?

6. Jam dinding

17 agustus 2019
Jam dinding bisa dijadikan hadiah buat perlombaan di 17 Agustusan di RT maupun RW kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hadiah selanjutnya yang juga layak dijadikan hadiah 17 Agustus 2019 adalah jam dinding. Pasalnya, setiap rumah pasti memiliki jam dinding. Selain menjadi pengingat waktu, juga bisa dijadikan hiasan rumah.

Di Tokopedia, jam dinding banyak dijual dengan harga mulai Rp 30 ribu hingga Rp 200 ribuan.

Itu dia ide hadiah lomba 17 Agustus 2019 yang bisa kamu pilih. Tak hanya berkesan dan bermanfaat, beberapa hadiah perlombaan di atas harganya juga gak menguras kantong. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.