20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

6 menit
Menu buka puasa dan sahur
20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam menjalankan ibadah puasa pasti kita menantikan makanan apa yang bakal disajikan di sore dan pagi hari. Tapi untuk yang menyiapkan menu tersebut, hal ini pasti menjadi tantangan tersendiri karena harus mempersiapkan menu buka puasa dan sahur selama 30 hari, benar gak?

Daripada terus-terusan bingung mau masak apa mending langsung aja nih lihat deretan 20 menu buka puasa dan sahur yang bisa dibuat selama bulan Ramadan berikut ini:

Baca juga: 

Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

Buka Puasa di Jalan? 6 Camilan Ini Harus Selalu Ada di Tasmu

Menu buka puasa

Menu buka puasa dan sahur
Jelang buka puasa banyak umat muslim yang mencari kudapan buat berbuka, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk menu buka puasa biasanya makanan yang disajikan dimulai dari yang ringan dulu hingga yang terberat. Kali ini MoneySmart.id bakal merangkum nih beberapa menu buat berbuka puasa dan sahur.

Variasi menunya juga aneka ragam lho. Mulai dari ayam yang digoreng hingga potongan daging rendang yang aduhai banget rasanya kaya akan rempah. Setelah beberapa jam berpuasa, banyak orang pengin menyantap menu makanan yang menggugah selera.

Baca juga: 

Gak Sampai Rp 50 Ribu, 4 Menu Sahur Ini Bisa Jadi Pilihan Berpuasa Hemat

7 Resep Minuman Buka Puasa Bujet Rp 100 Ribu Buat Seminggu

Ayam goreng lengkuas

Menu buka puasa dan sahur
Ayam goreng lengkuas salah satu yang menarik nih buat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu pertama yang bisa kamu coba adalah ayam goreng lengkuas. Selain rasanya yang gurih, menu yang satu ini dapat kamu kombinasikan dengan mkanan lain seperti tempe, tahu dan sambal yang nikmat. Ditambah segelas es teh manis pasti menjadi makin lengkap!

Baca juga: 

Bulan Puasa, Pulang Kantor Tenggo Bikin Tongpes Lho!

Cari Restoran Timur Tengah di Jakarta Buat Buka Puasa? 5 Tempat Ini Gak Bakal Bikin Rugi!

Rendang daging

Menu buka puasa dan sahur
Rendang bisa jadi menu berbuka saat puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa yang gak tahu rendang daging? Makanan yang masuk dalam salah satu jajaran masakan terenak dunia versi CNN ini wajib kamu sajikan ketika berbuka puasa. Kalau sulit membuatnya bisa membelinya di rumah makan Padang yang tersebar di mana-mana.

Siap kan bujet kisaran Rp 20 ribuan buat sepotong daging rendang di rumah makan Padang.

Sayur capcay

Menu buka puasa dan sahur
Capcay juga salah satu menu yang menarik nih saat bulan puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu buka puasa dan sahur selanjutnya adalah sayur cap cay. Sayur-sayuran memiliki banyak kandungan  mineral di dalamnya sangat penting buat memenuhi kebutuhan vitamin serta nutrisi selama kamu menjalani ibadah puasa. Rasanya yang nikmat membuat anak-anak juga bisa mencicipinya sebagai menu buka puasa ataupun sahur.

Buat menikmati sayur Capcay ini kamu bisa kombinasikan dengan campuran irisan bakso ikan maupun sapi. Atau yang pengin menambahkan kandungan protein, kamu bisa menambahkan irisan daging ayam maupun sapi ya.

Ayam kecap

Menu buka puasa dan sahur
Ayam kecap salah satu hidangan yang mengunggah selera, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perpaduan rasa manis dan gurih yang ada di ayam kecap bisa membuat perut kamu terisi dengan nyaman ketika menyantapnya. Bersama lalapan seperti timun, kol dan daun kemangi pasti rasa makanan ini menjadi lebih mantap!

Buat yang suka pedas bisa juga menambahkan sambal, tapi pastikan perut kamu udah terisi sama makanan ringan yang supaya gak sakit.

Sayur lodeh

menu buka puasa dan sahur
Sayur lodeh salah satu masakan yang banyak dicari saat buka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bersama dengan nasi hangat, sayur lodeh bisa jadi menu buka puasa yang menggugah selera makan kamu lho. Beberapa sayur seperti terong, kacang panjang dan labu siam yang lumrah dijadikan bahan memasak lodeh bisa memberikan nutrisi yang baik buat tubuh kamu.

Menambahkan tahu dan tempe bisa semakin melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Warteg pinggir jalan banyak yang menjualnya kok, jadi jangan takut sulit mencarinya.

Sop daging

Menu buka puasa dan sahur
Sayur sop salah satu menu yang sangat menarik nih di bulan puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat pecinta daging tapi tetap pengin mengkonsumsi sedikit sayur bisa mencoba sop daging sebagai menu buka puasa dan sahur. Wortel dan kentang yang menjadi bahan tambahan mampu melengkapi kebutuhan karbohidrat serta vitamin A.

Nasi briyani

Menu buka puasa dan sahur
Salah satu menu yang cukup menarik nih buat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memiliki bentuk nasi yang lebih panjang dan aroma rempah-rempah yang kuat membuat menu yang satu ini mudah diketahui tapi agak sedikit sulit dicari. Sebab hanya restoran tertentu yang menyajikan makanan yang satu ini.

Ayam goreng kunyit

Menu buka puasa dan sahur
Ayam goreng kunyit salah satu menu yang enak buat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terlihat mirip dengan ayam goreng lengkuas, ayam goreng kunyit bisa menjadi alternatif lain untuk menu berbuka puasa berbahan dasar daging. Agar lebih nikmat kamu dapat menambahkan serundeng sebagai pelengkapnya.

Nasi kebuli

Menu buka puasa dan sahur
Nasi kebuli salah satu menu yang sangat mengunggah selera, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk yang suka dengan aroma dan rasa daging kambing bisa menyajikan nasi kebuli buat berbuka puasa. Lemak dan protein yang terkandung di dalam daging mampu menggantikan tenaga yang hilang selama aktivitas seharian. Asal kontrol porsi makannya juga ya, jangan terlalu banyak.

Ayam suwir

Menu buka puasa dan sahur
Ayam suwir salah menu makanan yang enak buat buka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu selanjutnya yang bisa dicoba adalah ayam suwir. Selain rasanya yang lezat karena perpaduan bumbu yang melimpah, kelebihan mencoba ayam suwir adalah cara makannya yang gak usah repot-repot mengupas daging dari tulangnya.

Buat yang gak pengin ribet makannya, menu ayam suwir nampaknya pas banget nih karena udah pasti gak ada tulangnya ya kan!

Menu sahur

Menu buka puasa dan sahur
Ketika sahur kamu juga memerlukan nih asupannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau buat menu sahur sebaiknya menyajikan makanan yang mengandung banyak sayur agar tubuh tetap fit beraktivitas. Ada baiknya sih kamu menghindarkan menu makanan yang berminyak dan pedas saat sahur.

Sayur bayam

Menu buka puasa dan sahur
Sayur bayam salah satu yang enak buat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Layaknya kartun Popeye si Pelaut, mengkonsumsi sayur bayam ketika sahur mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu saat berpuasa. Adanya jagung di dalam sayur juga bisa menambah asupan karbohidrat kamu lho.

Udah gitu rasanya yang “light” juga bikin kamu santai buat makan di waktu sahur. Sayur-sayuran dan menu makanan seperti sayur bayam gini pas banget.

Sayur asem

Menu buka puasa dan sahur
Sayur asem jadi menu buka puasa paling menarik nih di atas meja makan mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu buka puasa dan sahur yang satu ini identik dengan daerah Jawa barat. Setiap masuk ke restoran Sunda pasti menyajikan menu sayur asem. Bahan seperti kacang panjang, labu siam dan jagung mampu melengkapi menu makanan utama kamu ketika sahur.

Sayur sop

Menu buka puasa dan sahur
Sayur sop bisa jadi andalan nih saat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Variasi sayur yang terkandung dalam sayur sop bisa menjadi alasan utama kamu memasukan menu ini ke daftar menu sahur. Kalau gak mau dijadikan menu utama, sop juga bisa dijadikan menu penutup ketika menyantap makanan.

Telur dadar

Menu buka puasa dan sahur
Telur dadar salah satu menu makanan buat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Telur dadar sangat cocok kamu sajikan sebagi menu pendamping bersama ayam goreng lengkuas atau ayam goreng kunyit. Untuk memperkaya rasa dalam telur dadar bisa tambahkan daun bawang, bawang merah atau cabai.

Ayam goreng kunyit

Menu buka puasa dan sahur
Ayam goreng kunyit salah satu menu yang enak buat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu buka puasa dan sahur ini emang cocok disajikan pada kedua waktu tersebut. Agar bumbu kunyit meresap sampai ke dalam daging kamu bisa ungkep ayamnya di kulkas selama beberapa jam atau bahkan satu hari penuh.

Soto daging

Menu buka puasa dan sahur
Sop daging salah satu yang wajib kamu makan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Daripada susah-susah membuat makanan buat sahur, kamu bisa menyimpan soto daging yang dibeli semalam dan tinggal dihangatkan saja ketika pengin disantap. Sayur yang ada di kuahnya juga masih memiliki nutrisi yang cukup buat memenuhi kebutuhan gizi harian.

Soto ceker

menu buka puasa dan sahur
Soto Ceker enak banget kayaknya buat sahur, asal jangan kebanyakan nasi ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi yang suka dengan ceker ayam, kebetulan banget nih ada menu soto ceker yang siap disajikan. Kandungan kolagen yang ada di dalamnya bisa membantu sirkulasi darah ketika menjalani puasa seharian penuh.

Nah, buat yang pengin makan soto ceker ada baiknya nih jangan terlalu pedas ya.

Tumis kacang panjang

Menu buka puasa dan sahur
Tumis kacang panjang buat sahur juga bisa nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, tumis kacang panjang bisa menambah selera makan ketika sahur. Kamu juga bisa menambahkan potongan daging cincang supaya mendapat sedikit protein di dalamnya dan memiliki rasa yang gurih.

Telur balado

Menu buka puasa dan sahur
Telur balado salah satu menu sahur saat berpuasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu buka puasa dan sahur telur balado sangat nikmat jika dimakan bersama dengan lauk pauk yang lain seperti tempe orek dan ayam goreng. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur bisa menyimpan energi buat menyelesaikan kegiatan di manapun kamu berada.

Cah kangkung

menu buka puasa dan sahur
Cah kangkung salah satu menu sahur yang ringan buat kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang terakhir ada cah kangkung, sagat mudah dibuat dan gak memerlukan waktu yang lama untuk menyajikannya. Cocok disajikan sebagai menu pendamping ketika sahur.

Nah, itu dia 20 menu buka puasa dan sahur yang bisa kamu coba ketika bulan Ramadan tiba. Semoga segala sesuatunya bisa dilancarkan sampai hari kemenangan tiba ya, selamat menjalankan ibadah puasa! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan