Mulai dari Pantai Sampai Mata Air, Ini Deretan Objek Wisata di Malang yang Kekinian Banget

7 menit
Tempat Wisata di Malang
Malang memiliki berbagai objek wisata yang instagramable.

Tempat wisata di Malang kian menjadi pilihan wisatawan, baik lokal maupun asing untuk menghabiskan waktu libur. Sebab, sebagai kota yang dikenal dengan aneka ragam budayanya ini, Malang memiliki banyak objek wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. 

Bukan cuma itu saja, objek wisata di Malang lain yang wajib kamu kunjungi meliputi alam, buatan, pantai, kuliner sampai wisata malam gratis.

Dikelilingi oleh empat barisan pegunungan, Malang merupakan tempat ideal untuk bersantai, menjauhkan diri sejenak dari hiruk pikuknya Jakarta. Gak heran berbagai tempat wisata di Malang selalu jadi favorit di kalangan wisatawan.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

Alasan berkunjung ke tempat wisata di Malang

Tempat Wisata di Malang
Coban Putri, Malang (Shutterstock).

Dengan segala keindahan pemandangan alamnya, gak salah kalau Malang dikenal sebagai kota wisata.

Selain banyak tempat wisata yang ramah untuk seluruh anggota keluarga, Malang dikelilingi pesona alam yang tiada duanya.

Di sebelah timur ada Gunung Bromo yang menjadi salah satu ikon andalan pariwisata Indonesia. Sedangkan di bagian Selatan, ada Pulau Sempu yang belakangan ini ngetren di kalangan anak muda sebagai lokasi kemping kekinian.

Lalu, apa saja sih tempat wisata di Malang yang bisa kamu kunjungi?

Baca juga: Siapin Bujet Rp 20 Jutaan! Kamu Bisa Melepas Penat di Pedalaman Tambrauw, Papua Barat

Wisata pantai di Malang

Pantai batu Bengkung, Tempat Wisata di Malang
Pantai batu Bengkung, Malang (Shutterstock).

Malang memang bukan kota pertama yang terlintas di benak wisatawan ketika membicarakan pantai. Mau ke pantai, kamu pasti akan mengingat Bali, bukan? Tapi siapa sangka kalau di kota ini kamu bakalan disuguhkan pemandangan pantai yang gak kalah eksotisnya dari Bali.  

1. Tempat wisata di Malang, Pantai Licin

Perlu nyali tinggi untuk mencapai ke pantai ini karena baik menggunakan motor, apalagi mobil butuh konsentrasi dan fisik yang prima.

Paling aman hanya berjalan kaki, namun jarak dari Desa Lebakharjo menuju pantai ini sangat jauh, sekitar 17 kilometer. Itupun dengan kondisi jalan yang menanjak dan menikung dengan kemiringan sampai 80 derajat.

Pasir pantai ini juga berbeda dari kebanyakan pantai di Malang yakni berwarna hitam akibat muntahan lahar Gunung Semeru.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. Banyak orang menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot versi Malang.

Dikarenakan keberadaan Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo, sebuah pulau karang di tengah laut yang mirip dengan Tanah Lot.

Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 60 kilometer saja. Untuk tiket masuk ke kawasan ini kalian hanya perlu membayar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per orang tergantung hari.

3. Pantai Tiga Warna

Melansir laman Traveloka, jika berencana berlibur ke Pantai Tiga Warna, siap-siap terpukau dengan pemandangan gradasi warna biru laut, hijau, hingga warna kemerahan pada pasirnya.

4. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah.

Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dibandingkan dengan Goa Cina yang digunakan sampai sekarang.

Meski begitu, kamu tidak diperbolehkan berenang di tempat wisata di Malang ini karena kondisi ombak yang cukup besar. Saat mengunjungi Pantai Goa Cina, siapkanlah uang Rp 5.000 sebagai tiket masuk.

5. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung di Desa Gajahrejo, Gedangan, menjadi salah satu pantai unik di Malang. Bagaimana tidak, pantai ini dikelilingi oleh dua batu karang raksasa. Selain itu, laut dan pantai terbelah oleh bebatuan karang yang cukup tinggi.

Bahkan, tak jarang batuan karang berubah menjadi sebuah telaga saat air laut pasang. Telaga tersebut tentu bisa kamu gunakan sebagai tempat bermain air yang lebih aman. Untuk menikmati aktivitas di pantai ini, kamu perlu menyiapkan uang Rp 5.000 sebagai tiket masuk.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

Wisata Alam Malang

Tempat Wisata di Malang
Coban Rais, Malang (Shutterstock).

Malang memang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur dengan hawanya yang sejuk. Tak heran, jika Malang memiliki cukup banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

1. Tempat wisata Malang, Coban Rais

Sekitar 16 km dari pusat Kota Malang, terdapat sebuah air terjun yang cukup terkenal di Jawa Timur, yakni Coban Rais.

Air terjun yang memiliki aliran setinggi kurang lebih 20 meter ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, sehingga menciptakan pemandangan yang begitu menyejukkan mata.

Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa siapkan uang Rp 10.000 sebagai tiket masuk ke kawasan Coban Rais, ya.

2. Goa Pinus

Ingin mengunjungi wisata alam yang berbeda? Datang saja ke Goa Pinus di kawasan Gunungsari, Bumiaji, Batu. Sebelum sampai lokasi gua, kamu perlu trekking terlebih dahulu melewati bukit yang dikelilingi hutan pinus.

Untuk melihat keindahan tempat wisata di Malang yang satu ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 dan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

3. Sumber Sirah

Mata air Sumber Sirah terletak di Desa Sumberjaya, Gondanglegi, kamu bisa menemukan wisata alam berupa sumber air tawar yang sangat jernih bernama Mata Air Sumber Sirah. Saking jernihnya, kamu bahkan dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang di permukaan air dan berbagai tanaman air di dalamnya. Kabarnya, keberadaan tanaman ganggang di sinilah yang membuat mata air semakin jernih.

4. Omah Kayu Malang

Sesuai namanya pula, Omah Kayu merupakan wisata alam berupa penginapan rumah kayu yang berada di atas pohon. Per malamnya, kamu akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih Rp 350.000.

Omah Kayu berada di Jalan Gn. Banyak, Bumiaji, Batu. Terletak 1.340 mdpl, wisata alam ini pun menyajikan pemandangan Kota Batu dengan jelas.

5. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco sebetulnya belum menjadi wisata resmi, melainkan sebuah pemandian dan irigasi yang dimanfaatkan oleh warga setempat. Mengingat suasananya cukup sejuk dan memiliki air yang jernih, wisatawan pun mulai berdatangan ke tempat wisata di Malang yang berada di Jalan Sumber Waras 2 No 97, Lawang ini.

Kuliner Malang

Tempat Wisata di Malang
Bakso Malang (Shutterstock).

Tidak susah menemukan tempat makan enak di Malang karena jumlahnya yang banyak. Namun, bagi yang bingung harus memulai perjalanan wisata kuliner di Malang, kamu bisa menentukan tempat makan enak di Malang berdasarkan rekomendasi berikut ini.

1. Tempat wisata Malang untuk kulineran, Bakso President

Salah satu wisata Malang ialah kedai bakso yang berada di Jalan Batanghari No 5 ini. Letaknya persis di samping rel kereta api sehingga kamu dapat merasakan sensasi makan bakso dengan suasana yang unik. Harganya murah kok, per porsi dibanderol mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribuan.

2. Pecel Kawi

Satu porsi Pecel Kawi terdiri dari nasi putih, sayuran, lauk-pauk, dan bumbu kacang kental dengan rasa yang khas. Tidak ketinggalan, rempeyek gurih dan renyah sebagai pendamping.

Kamu juga bisa memilih lauk-pauk sendiri, mulai dari telur goreng, dadar jagung, hingga lele goreng. Satu porsi makanan disini murah kok mulai dari Rp 10 ribuan aja sampai Rp 20 ribuan.

3. Orem-orem Malang

Orem-orem adalah sejenis makanan berbahan dasar tempe. Irisan tempe sajikan dengan potongan ketupat dan taoge, lalu disiram kuah santan.

Orem-orem khas Arema di Jalan Blitar menjual orem-orem sekitar Rp 7.000 – Rp 10.000 per porsi. Cukup terjangkau, bukan?

4. Depot Tahu Lontong Lonceng

Tempat makan ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Malang hingga kini. Lokasinya berada di Jalan Laksamana Martadinata No 66.

Menu andalan depot ini adalah tahu telur lontong. Penyajian hidangan ini adalah sambal petis diletakkan di dasar piring, lalu diberi irisan lontong. Setelah itu, hidangan ditaburi dengan tahu telur.  Selain tahu telur lontong, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti tahu telur nasi dan tahu lontong biasa. Harga satu porsi hidangan ini hanya Rp 8.000.

5. Toko Oen Malang

Cita rasa es krim di Toko Oen tidak berubah, masih nikmat dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Salah satu rasa es krim andalan Toko Oen adalah tutty fruity cassata yang terbuat dari buah-buahan dan morkus dengan cita rasa kopi.

Wisata Malam Malang

Tempat Wisata di Malang
Suasana malam hari di Malang (Shutterstock).

Wisata malam identik dengan hiasan lampu yang berwarna-warni sehingga menghasilkan suatu karya yang unik. Apa aja sih tempat wisata di Malang yang asyik dikunjungi malam hari?

1. Alun-Alun Malang

Sejak diresmikan bulan Juni 2015 silam, alun-alun ini banyak menyita perhatian publik. Salah satunya saat malam hari. Disini kamu bisa melihat pemandangan air mancur menari yang diiringi hiasan lampu super ciamik.

2. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise adalah tempat hiburan keluarga dengan tema glowing atau gemerlap yang unik. Malang Night Paradise menawarkan 2 taman hiburan di satu lokasi. Tempat ini juga menghadirkan beberapa replika Dinosaurus yang berjaya pada zamannya dahulu.

3. Taman Kunang-Kunang Malang

Ini dia tempat wisata di Malang yang gak kalah menarik buat masuk itinerary kamu. Ini bukan kunang-kunang beneran ya, melainkan hanya pancaran lampu LED yang tersebar di taman.

Taman ini terletak di Jalan Jakarta hingga Simpang Ijen (Bakorwil) Kota Malang. Taman ini punya 5 bagian yang disebut dengan plaza. Di plaza itulah berbagai lampu ditata sedemikian rupa. Kamu bisa berjalan-jalan atau duduk di kursi taman sambil menikmati keindahan lampu yang berkelap kelip.

4. Alun-Alun Tugu Malang

Bukan hanya alun-alun kota Malang saja yang bisa kamu kunjungi. Alun-alun Tugu juga jadi tempat wisata di Malang yang jangan sampai terlewatkan ya. Alun-alun Tugu letaknya di tengah persimpangan tepatnya di depan Balai kota Malang. Pada waktu malam hari kamu bisa menyaksikan air mancur yang disinari dengan berbagai warna lampu.

5. Paralayang-Batu

Saat kamu datang ke objek wisata ini di malam hari, matamu akan terpesona dengan hamparan lampu yang seolah tak pernah padam. Ini semakin membuat suasana kian romantis, apalagi kalau datang bersama pasangan.

Biaya liburan ke tempat wisata Malang

Tempat Wisata di Malang
Kereta Api tujuan Malang (Shutterstock).

Buat mengeksplor deretan tempat wisata di Malang itu, tentunya kamu harus memikirkan juga transportasi apa yang kamu gunakan untuk ke sana. Selain itu, untuk sampai ke Malang berapa sih biaya yang dibutuhkan? Kalau harga makanan dan atraksi wisatanya saja cukup terjangkau, bagaimana dengan akomodasinya ya? Simak yuk.

1. Tiket pesawat Malang

Harga tiket pesawat Malang cukup beragam. Menengok laman Traveloka untuk penerbangan dari Bandara International Soekarno Hatta menuju Bandara Abdul Rachman Saleh mulai dari Rp 850 ribu. Di harga segitu maskapai yang kamu pakai adalah Lion Air.

Sementara untuk Garuda Indonesia dibanderol sekitar Rp 1,1 juta. Perjalanan ke Malang dengan pesawat hanya menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 25 menit.

2. Tiket kereta api Malang

Ada dua stasiun kereta api di Jakarta yang menyediakan layanan jasa kereta api menuju Malang, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Kereta api kelas eksekutif ada dua, yaitu Kereta Api Gajayana dan Kereta Api Bima yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Sementara itu, kelas ekonomi ada tiga kereta api, yakni Kereta Api Majapahit, Kereta Api Jayabaya, dan Kereta Api Matarmaja. Untuk harga kelas ekonomi mulai dari Rp 109 ribu dan untuk kereta eksekutif mulai dari Rp 500 ribuan.

Sejatinya tempat wisata di Malang masih banyak yang belum tereksplore lebih dalam. Jadi ketika memiliki kesempatan kesana, jangan lupa lestarikan lingkungan dan bantu promosikan ke sosial mediamu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be