Asri dan Sangat Menyejukkan! Ini 20 Tempat Wisata Garut yang Wajib Kamu Kunjungi

8 menit
Kampung Pulo, salah satu objek wisata Garut, Jawa Barat (Shutterstock).

Wisata Garut merupakan salah satu primadona yang dimiliki oleh Jawa Barat. Karena kota khas dodol ini menawarkan beragam destinasi menarik dan unik untuk dijelajahi. Dari dataran tinggi hingga dataran rendah semuanya menawarkan pesona indahnya masing-masing.

Garut telah lama menjadi destinasi favorit para pelancong. Yang paling ramai dan paling laris dikunjungi sih Gunung Papandayan. Gunung dengan trek yang cukup mudah ditanjaki ini menjadi pilihan utama para pendaki pemula dari berbagai kota.

Tapi kini, gak cuma Gunung Papandayan saja, ada banyak spot menarik yang bisa kamu eksplor. Penasaran apa saja wisata Garut yang lagi nge-tren?

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Alasan wisata ke Garut

Tempat wisata Garut
Salah satu objek wisata di Garut (Shutterstock).

Berwisata ke Garut gak bakal bikin kamu menyesal deh. Meski gak setenar kota-kota di Jawa Barat lainnya seperti Bandung dan Bogor, tapi Garut menawarkan paket wisata yang komplit. Di kotanya dodol ini kamu bisa menemukan gunung, hutan, air terjun, wisata budaya, hingga pantai. Rasanya gak akan cukup untuk mengeksplor keindahan Garut hanya dalam satu hari saja.

Buat yang lebaran gak mudik atau bahkan gak punya kampung halaman, cocok banget nih memilih Garut sebagai alternatifnya. Lingkungannya yang masih asri dijamin bakal membuat otakmu lebih fresh setelah disibukkan dengan urusan pekerjaan. Sayang banget soalnya kalau dapat jatah libur banyak, tapi gak kamu pakai untuk plesiran.

Berikut ini kita bakal kasih rekomendasi 20 tempat wisata Garut yang paling menarik dan layak untuk kamu kunjungi.

Baca juga: 7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

1. Candi Cangkuang

Tempat Wisata Garut
Candi Cangkuang (Instagram).

Candi peninggalan zaman kerajaan Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8. Letaknya berada di tengah-tengah danau Cangkuang di Kecamatan Leles, Garut. Jadi masih sangat asri dan menyejukkan dengan pohon-pohon yang mengelilinginya.

Uniknya dari objek wisata budaya Hindu ini, di sekitarnya juga banyak jejak persebaran Islam, seperti misalnya makam Embah Dalem Arief Muhammad. Beliau merupakan leluhur Desa Cangkuang yang diyakini sebagai salah satu penyebar agama Islam di Jawa Barat.

2. Komplek Cipanas

Tempat Wisata Garut
Komplek Cipanas (Instagram).

Gak cuma bogor aja yang punya Cipanas, di Garut ternyata juga ada. Di sini para pengunjung bisa merasakan sensasi berendam air panas yang bersumber langsung dari mata air gunung api aktif Gunung Guntur.  

3. Darajat Pass

Tempat Wisata Garut
Objek wisata Darajat Pass (Instagram).

Ini bisa dibilang area wisata Garut yang sangat komplit. Mau berendam air panas, outbound, makan-makan atau menginap sekalipun semuanya ada di Darajat Pass. Udara sejuk dan panorama indah khas pegunungan bikin kamu betah berlama-lama. Bahkan lokasi wisata ini buka 24 jam lho, jadi kalau malem-malem kamu mau berendam air panas juga silahkan.  

4. Karacak Valley

Tempat Wisata Garut
Karacak Valley di Garut (Instagram).

Karacak Valley termasuk objek wisata yang terbilang baru, karena dibuka pada tahun 2016 silam. Di area seluas 9 hektare ini kamu bisa menikmati keindahan pohon-pohon pinus, perkebunan kopi, juga curug atau air terjun. Kamu juga bisa dengan puas berfoto-foto ria dengan pemandangan alam yang tentunya menyegarkan mata.

Baca juga: Ogah Bokek Usai Liburan? Begini Trik Mudah yang Patut Kamu Coba

5. Kampung Sampireun

Tempat Wisata Garut
Kampung Sampireun (Instagram).

Tinggal di desa, dengan suasana yang sejuk, dan jauh dari hiruk pikuk sangat menyenangkan sepertinya. Nah suasana tersebut bisa kamu dapatkan di Kampung Sampireun.

Di sana fasilitasnya cukup lengkap, ada spa, restoran, dan penginapan tentunya. Kalau dilihat di Traveloka harga menginapnya mulai dari Rp 700 ribu – Rp 2 jutaan per malam tergantung dari tipe kamar apa yang ingin kamu pilih.

6. Kebun Mawar Situhapa

Tempat Wisata Garut
Kebun Mawar Situhapa (Instagram).

Buat kamu yang bosan liburan di perkotaan, gak ada salahnya datang ke Garut dan mampir ke Kebun Mawar Situhapa.

Mata kamu bakalan dimanjakan dengan tanaman hijau dan warna-warni bunga mawar yang koleksinya mencapai 1000 lebih jenis. Biaya masuknya juga murah kok, cuma Rp 17.500 untuk hari Senin-Sabtu, dan Rp 22.500 setiap hari Minggu atau libur nasional.

Kalau mau menginap juga bisa kok, karena ada beberapa vila yang bisa kamu jadikan pilihan. Per malamnya mulai dari Rp 400 ribuan sampai Rp 1,8 jutaan.

7. Kawah Kamojang

Tempat Wisata Garut
Kawah Kamojang, Garut, Jawa Barat (Instagram).

Kawah Kamojang termasuk salah satu wisata Garut yang murah meriah bahkan gratis. Terdiri dari beberapa kawah yang menampung uap panas bumi alami. Oleh sebabnya ini dijadikan sebagai area geothermal PLTU Kamojang,

8. Gunung Papandayan

Tempat Wisata Garut
Gunung Papandayan (Instagram).

Buat kamu yang mau wisata alam dan menantang, bisa mendaki ke Gunung Papandayan. Gunung ini termasuk yang terpendek dan mudah dijangkau oleh pendaki pemula. Meski pendek, pemandangan alam yang ditawarkan di sepanjang pendakian sangat mengagumkan.

Salah satu yang paling dicari adalah Hutan Mati, di sini kamu bisa narsis-narsis dengan latar belakang batang-batang pohon yang telah mati. Instagrammable banget deh!

9. Curug Sang Hyang

Tempat Wisata Garut
Curug Sang Hyang (Instagram).

Legenda Sangkuriang melekat kuat dengan air terjun Curug Sang Hyang. Konon di sini terdapat batu menyerupai tapak raksasa yang diyakini tapak Sangkuriang. Ada juga batu yang katanya tempat Sangkurian menyimpan harta karunnya.

Di balik mitosnya tersebut, Curug Sang Hyang menawarkan keindahan alam yang menyegarkan mata, sehingga sayang untuk dilewatkan kalau berkunjung ke Garut.

10. Kamojang Ecopark

Tempat Wisata Garut
Kamojang Ecopark (Instagram).

Kamojang Ecopark merupakan kawasan area hutan pinus yang sangat Instagrammable. Selain untuk spot foto, area ini juga menawarkan beragam aktivitas seru lainnya seperti arena outbound, camping ground, dan masih banyak lagi.

11. Pantai Santolo

Tempat Wisata Garut
Pantai Santolo (Instagram).

Garut gak cuma wisata pegunungan saja, mereka juga ada kok wisata pantainya, yaitu Pantai Santolo. Garis pantainya cukup panjang, pas lah untuk bermain-main air di pinggir pantai. Terdapat banyak pula rumah makan yang menawarkan ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Pas deh habis main air, langsung makan ikan!

12. Pantai Puncak Guha

Tempat Wisata Garut
Pantai Puncak Guha (Instagram).

Melihat banyak bebatuan besar yang disambar ombak merupakan pemandangan yang bisa menenangkan pikiran. Nah hal itu bisa kamu dapatkan di Pantai Puncak Guha. Cukup memandangi lautan luas dari atas tebing saja, sudah bisa membuat kamu senang kok. Harga tiket masuknya juga murah, cuma Rp 5.000.

Baca juga: Gaet Kunjungan Wisatawan Lebih Banyak ke Garut, Jalur Kereta Api Bandung-Cibatu Kembali Diaktifkan

13. Pantai Ranca Buaya

Tempat Wisata Garut
Pantai Ranca Buaya (Instagram).

Kalau kamu mau wisata kuliner hasil laut segar, Pantai Ranca Buaya menjadi pilihan tepat. Akan ada banyak kapal-kapal nelayan yang hilir mudik membawa hasil tangkapan mereka.

Nah kamu bisa menikmati hasil tangkapan mereka dengan pergi ke warung-warung yang ada di pinggir pantai. Seandainya kamu mau membawa ikan untuk oleh-oleh kerabat, langsung saja ke tempat pelelangan yang menjajakan beragam jenis ikan.

14. Situ Bagendit

Tempat Wisata Garut
Situ Bagendit (Instagram).

Sesuai namanya Situ Bagendit menawarkan keindahan danau yang indah dan menyenangkan. Salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan adalah berkeliling danau dengan menggunakan perahu bebek. Dijamin buat anak-anak pasti senang deh diajak keliling danau.

15. Taman Manalusu

Tempat Wisata Garut
Taman Manalusu (Instagram).

Meskipun namanya taman, kamu gak bakal menemukan koleksi tanaman dan bunga di sini. Wisata Garut Taman Manalusu merupakan pantai eksotis di Garut Selatan. Yang kamu temukan adalah pantai yang luas, ombak yang gak begitu besar, dan tentunya pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai ini memang menjadi spot apik di Garut bagi para pemburu sunset.  

16. Pantai Cicalobak

Tempat Wisata Garut
Pantai Cicalobak (Instagram).

Garut bagian selatan memang surganya pantai, salah satu yang menarik adalah Pantai Cicalobak. Di sini tapi kamu gak bakal menemukan hamparan pasir putih yang luas, yang ada hanya gundukan batu karang dan tebing-tebing tinggi di kanan kiri. Cocok banget deh sebagai tempat untuk menikmati sore hari bersama kerabat atau orang terkasih.

Baca juga: 7 Tipe Traveler Indonesia, Si Eksis dan Si Selow, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

17. Pantai Cijeruk

Tempat Wisata Garut
Pantai Cijeruk (Instagram).

Pantai Cijeruk tergolong pantai yang masih asri, di sini belum banyak wisatawan yang datang. Meski sepi, Cijeruk menawarkan keindahan yang gak kalah apik dibanding pantai-pantai lain. Kamu bisa bermain air yang tenang dengan bebas, atau sekedar duduk-duduk saja. Lebih seru lagi kalau mendirikan tenda bersama teman-teman.

18. Curug Orok

Tempat Wisata Garut
Curug Orok (Instagram).

Baru perjalanan menuju Curug Orok saja kamu sudah akan mendapatkan pemandangan indah yang menyegarkan mata. Akan ada hamparan perkebunan dan lahan-lahan pertanian yang akan mengantarkanmu sampai ke curug. Setibanya di curug, kamu bakal disambut dengan air terjun indah setinggi 40 meter.

19. Kawah Talaga Bodas

Tempat Wisata Garut
Kawah Talaga Bodas (Instagram).

Kalau di Bandung ada Kawah Putih, di Garut ada Kawah Talaga Bodas. Bentuknya sama, yaitu terdiri dari hamparan danau yang berwarna putih yang merupakan hasil aktivitas Gunung Talaga Bodas.

Panoramanya yang indah dengan gundukan-gundukan hijau di sekitarnya semakin meningkatkan daya tarik wisata Garut satu ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto ya!

Baca juga: Ingin Liburan Nyaman Menenangkan Tanpa Diganggu Pekerjaan, Ikuti 5 Cara Ini

20. Kamojang Green Hotel

Tempat wisata Garut
Kamojang Green Hotel (Instagram).

Menginap di tempat yang asri dan sejuk adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat. Di Garut, kamu bisa banget merasakan sensasi itu dengan memesan kamar di Kamojang Green Hotel.

Hotel di Garut yang satu ini unik, karena desain bangunannya yang khas pedesaan banget dengan material yang didominasi dari kayu serta kamarnya yang berada tepat di pinggir danau. Harga kamarnya bervariasi, yaitu sekitar Rp 700 ribuan sampai Rp 4 jutaan, tergantung tipe kamar yang kamu pilih.

Biaya liburan ke garut

Tempat wisata Garut
Suatu pagi di pedesaan kawasan Garut, Jawa Barat (Shutterstock).

Jarak Garut gak terlalu jauh dari kota-kota besar. Dari Bandung jaraknya mungkin hanya sekitar 60 km dan dari jakarta sekitar 270 km. Ada banyak moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk menggapai ke sana, seperti misalnya kereta api, bis, atau kendaraan pribadi.

Ada banyak bus jurusan Jakarta-Garut, misalnya Primajasa dan Karunia Bakti. Bujet yang harus kamu persiapkan sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu, tergantung kelas apa yang kamu pilih. Atau kamu ingin naik kereta api juga bisa, dari Stasiun Pasar Senen dengan kereta api Serayu yang harga tiketnya dibanderol sekitar Rp 60 ribuan.

Tapi apabila kamu mencari kenyamanan, wisata Garut emang paling pas ditempuh menggunakan mobil pribadi. Karena kamu bisa dengan bebas dan leluasa mengeksplor tanpa adanya batasan waktu.

Itu tadi 20 tempat wisata Garut yang menarik dan sayang untuk dilewatkan buat kamu para traveler. Mumpung dapat libur panjang sekaligus dapat THR, gak ada salahnya untuk merencanakan liburanmu ke Garut! (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!