Banner ImageBanner Image

2018, Penjualan Mangkok Tokopedia Setara Jumlah Penduduk Tangerang Selatan

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Transaksi Tokopedia (gross merchandise value/GMV) naik empat kali lipat ditahun 2018 dibanding 2017. Salah satu e-commerce terbesar Tanah Air ini mengklaim bahwa layanannya menjangkau 93% kecamatan di Indonesia.

Meski gak menyebut detail jumlah pesanan yang terlayani, Tokopedia menyatakan bahwa jumlah transaksi di luar Pulau Jawa naik 66% dibanding 2017. “Tokopedia selalu berinovasi menghadirkan produk-produk yang berfokus untuk memudahkan hidup masyarakat,” demikian dikutip dari Katadata.co.id.

Online shop besutan William Tanuwijaya ini juga menyebutkan beberapa produk yang banyak ditransaksikan di platform mereka dalam bentuk konversi. Misalnya, pupuk yang terjual di Tokopedia bisa memupuk lahan tujuh kali kota Medan, Sumatera Utara. Adapun luas kota Medan sebesar 265,1 kilometer (km) persegi.

Kemudian stiker yang terjual melalui aplikasinya setara dengan empat kali total penduduk Palembang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Palembang mencapai 1.623.099 orang per Januari 2018.

Lalu total mangkok yang terjual di Tokopedia juga cukup untuk dibagikan ke seluruh penduduk Tangerang Selatan, Banten. BPS mencatat, jumlah penduduk Tangerang Selatan mencapai 1.593.812 orang pada 2016.

Sedangkan total buah yang terjual melalui platform-nya bisa digunakan untuk menyusun 135 ribu paket atau parcel. Mereka mengklaim menjual 16 juta botol produk minuman. Selain itu, mereka juga sudah menjual baterai yang bisa menghidupkan 100 ribu motor listrik.

Pesanan Banyak Sampai Pada Hari Yang Sama

Ilustrasi Pengiriman Barang (Shutterstock)

Menariknya, sebanyak 25 persen dari pesanan dikirim di hari yang sama (same-day delivery). Seperti layanan Go-Send dari Gojek dan Grab Express dari Grab. “Tokopedia hadir untuk menciptakan peluang dan membantu masyarakat untuk mendapatkan lebih,” tutur Manajemen perseroan.

Disamping itu, pihaknya juga sudah menjual saldo uang elektronik (e-money) yang bisa dipakai untuk melintasi 120 ribu kali tol Jakarta-Surabaya. Adapun tarif tol Jakarta-Surabaya mencapai sekitar Rp 600 ribu.

Kemudian penjualan saldo M-Tix dapat digunakan untuk membeli lima tiket bioskop bagi setiap penduduk kota Padang, Sumatera Barat. Menurut informasi BPS, jumlah penduduk kota Padang mencapai 927.168 jiwa.

Ditempat terpisah, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group Kenny Ho menambahkan, Tokopedia merangkul banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. “Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia,” kata dia.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan