Wow, Investor Asing Sudah Masuk Rp 90,9 Triliun Dalam 3,5 Bulan! Ini Alasannya

2 menit
Ilustrasi Investor Asing (Shutterstock)
Ilustrasi Investor Asing (Shutterstock)

Bank Indonesia (BI) yakin investor asing masih percaya dan tertarik dengan Indonesia. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya dana asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia.

BI mencatat dana asing yang masuk ke portofolio Indonesia sejak awal 2019 hingga April ini telah mencapai Rp 90,9 triliun.

Inflow masih bagus kalau dilihat lelang SBN oversubscribe dan inflow itu year to date-nya (ytd) pasar saham mendekati Rp 16 triliun jadi Rp 15,9 triliun. Pasar SBN masuk Rp 75 triliun (ytd).

Jadi kalau ytd pasar SBN masih jauh lebih boolish Rp 75 triliun dibandingkan pasar saham Rp 15,9 triliun,” kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, seperti dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Meski demikian, lanjut Mirza, posisi dana asing yang masuk ke pasar saham tahun ini sudah jauh lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Adapun pada tahun lalu, terjadi capital outflow sebesar Rp 24,9 triliun (ytd) di pasar saham.

“Kalau tahun lalu ytd itu minus Rp 24,9 triliun, sedangkan saat ini positif, inflow Rp 15,9 triliun. Kalau SBN tahun lalu ytd positif Rp 34,5 triliun, kalau tahun ini ytd positif Rp 75 triliun. Kalau pasar SBN sudah more than double Rp 34 triliun vs Rp 75 triliun. Kalau saham waktu tahun lalu outflow Rp 24,9 triliun ytd April kalau saat ini saham (inflow) Rp 15,9 triliun,” jelas Mirza.

Investor Asing Incar Momentum Pemilu

Hal itu, lanjutnya, menunjukkan bahwa persepsi investor terhadap Indonesia masih tetap positif di 2019. Didorong angka makro-ekonomi, inflasi terkendali, dan anggaran pemerintah yang menunjukkan defisit APBN 2019 terkendali dengan target 1,8 persen.

“Jadi itu defisit yang sangat prudent dan ketiga tren dari defisit neraca berjalan (current account deficit/ CAD) kuartal I 2019 juga membaik. Neraca dagang Januari defisit, Februari kan surplus, Maret sudah ada indikasi surplus,” tukasnya. 

Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan beberapa saat lagi juga diperkirakan menjadi momentum penggerak ekonomi Indonesia. Jika pelaksanaannya berjalan lancar diyakini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan investasi nasional.

Seperti diketahui dari beberapa Pemilu sebelumnya, momentum positif selalu terjadi ketika proses pelaksanaan berjalan aman dan sesuai ekspektasi pasar. Hal ini dimanfaatkan oleh investor untuk menggulung untung, terlebih lagi di pasar modal.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan