3 Harga Mobil Toyota yang Paling Aman Dikendarai, Kamu Pilih Mana?

3 menit
Toyota (Shutterstock).

Mobil Toyota memang punya keunggulan dalam urusan ketersediaan sparepart dan biaya perawatan yang murah. Tapi gak semua mobil Toyota itu punya fitur keselamatan yang mumpuni lho ya.

Untuk menguji fitur keamanan sebuah mobil, ada sebuah metode uji tabrak yang dilakukan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP). Tiga aspek yang jadi penilaian dalam uji coba tersebut adalah, perlindungan penumpang dewasa, anak-anak, dan penunjang keselamatan.

Jika mobil tersebut berhasil mengantongi bintang lima usai dari tes, berarti dapat diartikan bahwa mobilnya aman. Semakin kecil jumlah bintangnya, maka semakin buruk keamanannya.

Nah mobil Toyota mana saja nih yang mendapat bintang lima dalam tes ASEAN NCAP? Dan berapa harganya? Mari simak deretannya di bawah ini.

1. Toyota CH-R

Toyota CH-R (Shutterstock).

Mobil jenis crossover ini didatangkan utuh dari Thailand.  Mobil ini kaya fitur, termasuk dari segi keamanan. Misalnya, udah dilengkapi teknologi hill start assist dan rear cross traffic alert yang cukup canggih.

Soal harga memang cukup mahal alias Rp 488 juta. Bisa dibilang nambah dikit lagi bisa dapat Toyota Fortuner yang ukurannya jauh lebih besar.

Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal tahun ini juga sukses meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP). Rating penilaian 5 bintang lho.

Selain itu, mobil ini juga mendapat penilaian tertinggi untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

Segmentasi mobil ini adalah eksekutif muda yang memang menyetir sendiri. Sensasi mengemudi hot hatchback dalam posisi crossover bakal didukung mesin 2ZR-FBE 4-silinder, DOHC, Dual VVT-i, 1.8L, bertenaga 141 PS dan torsi 17,4 kg.m, ditemani CVT 7-percepatan.

2. Toyota Vios

Toyota Vios (Shutterstock).

Kabar baik buat para pecinta sedan! Mobil Toyota jenis sedan 1.500 cc ini juga dinobatkan sebagai mobil aman dari Toyota.

Toyota sedan ini dinilai serius dalam upaya peningkatan perlindungan keselamatan karena pada 2018 berhasil meraih rating penilaian 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2012 meraih 4 bintang NCAP.

Kelebihan Vios jelas bisa dilihat dari eksteriornya yang cukup menarik dan lumayan sporty. Mobil ini menggendong mesin 2NR-FE, 4 Cylinders in-line, 16 Valve, DOHC Dual VVT-i 1.496 cc. Udah pasti irit banget bensin deh.

Untuk sektor keselamatan, Vios memang bersaing dengan Honda City. Beberapa fitur keamanan Vios antara lain adalah SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), and SRS Knee Airbags. Sangat mumpuni kan.

Oh ya harga mobil ini sekarang yang termurahnya Rp 291 jutaan ya. Tertarik beli?

3. Toyota Rush

Toyota Rush (Shutterstock).

Nah yang terakhir adalah Toyota Rush. Mobil Toyota jenis SUV 1.500 cc ini memiliki rating 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2014 lalu memperoleh rating penilaian 4 bintang.

Rush menggendong mesin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1,5 liter. Tenaga maksimal mobil ini 104 tk di 6.600 RPM dan torsinya 136 nm di 4.200 RPM.

Rush generasi kedua, sekarang memakai rem depan cakram berventilasi. Cakram ini memiliki lubang ventilasi udara yang lebih cepat mendinginkan suhu. Sehingga kualitas pengereman lebih baik, kala menghadapi rute yang mengharuskan sering melakukan pengereman.

Belum lagi, Rush juga dilengkapi ABS yang dibantu komputer dalam mengatur waktu pengereman. Tujuannya, agar arah kendaraan tetap bisa dikendalikan meski dalam kondisi deselerasi di jalanan yang licin.

Fitur EBD (Electronic Brake Force Distribution) membagi beban pengereman pada setiap roda secara proporsional. Dan mobil ini juga punya fitur keamanan lain seperti Emergency Brake Signal dan Hill Start Assist.

Rush mungkin menjadi mobil Toyota teraman sekaligus termurah di antara dua mobil teraman mereka lainnya. Harganya Rp 242 jutaan.

Itulah tiga mobil teraman milik Toyota yang ada di pasaran Indonesia. Kira-kira tertarik membeli salah satunya?

Jangan buru-buru lho, tiga mobil ini punya segmentasi pasar yang berbeda-beda. Ada yang crossover, ada yang sedan, dan ada juga yang SUV. Pastikan kamu gak salah pilih soal yang satu ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.