Pengin Kaya tapi Takut Bangkrut? 3 Jenis Investasi Minim Risiko Ini Cocok buat Kamu!

3 menit
jenis investasi
Pengin Kaya tapi Takut Bangkrut? 3 Jenis Investasi Minim Risiko Ini Cocok buat Kamu!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seiring perkembangan zaman yang makin canggih kian bermunculan pula jenis investasi yang memudahkan banyak orang untuk meraup pundi-pundi kekayaan. Berinvestasi tapi kamu takut bangkrut? Sekarang ada jenis investasi yang cocok banget buat para pemula jadi jangan khawatir jatuh miskin!

Tak bisa dipungkiri kalau hingga kini masih banyak sekali orang yang enggan berinvestasi dengan alasan takut bangkrut dan investasi hanya diperuntukkan buat orang-orang berduit.

Padahal nyatanya gak demikian lho. Bahkan kamu sudah bisa terjun investasi alias jadi investor hanya dengan menggelontorkan beberapa ratus ribu aja. Jadi, gak perlu menunggu punya uang banyak dulu baru investasi.

Emang bisa investasi dengan modal kecil? Jawabannya, bisa banget dong.

Contohnya saja instrumen investasi reksa dana yang hanya perlu modal Rp 100 ribu. Kamu juga bisa investasi emas batangan dengan mengikuti fasilitas tabungan emas yang diadakan oleh Pegadaian. Jadi, modal sudah bukan jadi alasan buat berinvestasi.

Lalu, bagaimana dengan risikonya? Pasalnya, saat kamu memutuskan untuk investasi berarti udah harus siap dengan kemungkinan terburuknya yaitu gagal alias uang ludes dong?

Memang, namanya investasi kamu gak bisa hanya memikirkan keutungan atau return-nya aja. Tapi juga risiko yang akan kamu tanggung. Jadi, dalam investasi itu ada istilah high return-high risk. Semakin tinggi keuntungannya, maka semakin besar pula risikonya.

Karena itu, buat para pemula yang belum memahami betul tentang dunia investasi disarankan untuk memilih jenis investasi risikonya rendah sembari mempelajari cara kerja investasi.

Nanti kalau sudah piawai, baru deh menjajal peruntungan di instrumen investasi yang risikonya cukup besar karena keuntungan ditawarkan juga tentu saja besar.

Lalu, apa saja jenis investasi yang risikonya rendah? Berikut tiga di antaranya:

Baca juga: Ini Jenis Investasi Buat Milenial yang Baru Memasuki Dunia Kerja

1. Reksa dana pasar uang

jenis investasi
Reksa Dana salah satu investasi yang cocok nih buat kamu pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang kini banyak dilirik orang. Pasalnya investasi yang satu ini dapat memberikan return besar tapi perlu keluar banyak uang.

Meski begitu, investasi reksa dana itu terbagi menjadi empat yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan juga saham. Nah, masing-masing reksa dana menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda.

Salah satu reksa dana yang risikonya rendah yaitu pasar uang. Pasalnya, investasi yang satu ini mayoritas dananya akan dialihkan ke deposito dan surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun.

Lalu, bagaimana dengan return-nya? Meski gak sebesar reksa dana saham, tapi keuntungannya masih lebih besar daripada deposito lho.

Baca juga: Libur Lebaran Telah Usai, Mau Investasi Saham Sekarang? Baca Ini Dulu

2. Investasi emas

jenis investasi
Logam mulia juga bisa nih buat pemula nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Investasi emas batangan tetap menjadi primadona banyak orang hingga kini, baik kaum milenial maupun orangtua.Jenis investasi ini gak salah kalau banyak dilirik nih kesan “klasik” kayak orang zaman dulu, tapi buat peminatnya masih banyak banget!

Pasalnya, instrumen investasi yang satu ini memang terbilang minim risiko tapi tetap dapat menghasilkan banyak cuan.

Cara kerja investasi emas juga sangat mudah, kamu hanya perlu membeli beberapa gram emas batangan yang dananya bisa disesuaikan dengan bujet. Bahkan kini Pegadaian memiliki fasilitas tabungan emas, di mana kamu sudah bisa investasi hanya dengan membeli emas minimal 0,01 gram.

Kalau harga emas Rp 600 ribu per gramnya. Maka dengan modal Rp 6.000 kamu udah bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan, gimana gak menguras kantong bangetkan?

Biar keuntungan yang kamu dapatkan lebih banyak, kamu bisa mengikuti program konsinyasi emas. Yaitu, layanan penitipan dan penjualan emas batangan agar keuntungan yang kamu peroleh semakin besar.

Baca juga: Murah dan Aman! Cara Gampang Investasi Emas Antam Lewat Brankas Logam Mulia

3. Peer to Peer Lending

jenis investasi
P2P Lending salah satu investasi yang cocok buat pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Peer to peer lending atau P2P Lending juga salah satu jenis investasi dengan risiko rendah. Karena modalnya pun juga terbilang kecil. Bahkan, kamu bisa mulai dengan Rp 100 ribu.

Jadi P2P Lending itu merupakan salah satu instrumen investasi di mana kamu memberikan pinjaman dana ke pihak yang membutuhkan modal usaha atau istilah kerennya adalah investor.

Cara bermainnya juga mudah, kamu hanya perlu memberikan pinjaman dan menunggu hingga danamu dikembalikan serta bunga yang dijanjikan oleh si peminjam dana. Soal return sebenarnya kesepakatan antara investor dengan si peminjam.

Tapi gak sedikit peminjam yang berani memberikan return 30 persen per tahun, tapi ada juga hanya berani memberikan belasan persen.

Itu dia tiga jenis investasi minim risiko yang cocok banget buat kamu para pemula yang baru pengin terjun berinvestasi. Yuk, gak perlu takut dan ragu lagi menggelontorkan uang untuk berinvestasi, semoga membantu dalam menambah cuan dalam kantong! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.