3 Kartu Kredit Paling Populer di Dunia, Salah Satunya Mungkin Kamu Punya

3 menit
Pengguna kartu kredit. (Shutterstock)
Pengguna kartu kredit. (Shutterstock)

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang terpopuler di dunia. Selain mudah digunakan, alat pembayaran yang satu ini memberi banyak keuntungan berupa diskon dan promo lho.

Gak heran kalau begitu banyak orang yang menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi. Kan hitung-hitung bisa hemat pengeluaran kalau selalu pakai promo.

Di Indonesia, jumlah kartu kredit yang beredar selama 2017 mencapai 17,2 juta kartu. Itu baru Indonesia lho. Gimana dengan jumlah kartu yang beredar di seluruh dunia?

Buat menjawab pertanyaan tersebut, kamu perlu tahu nih. Rupanya di dunia ada tiga kartu kredit yang paling populer di dunia. Penasaran apa aja? Ini dia daftarnya seperti yang dikutip dari Merchant Machine.

1. Kartu kredit Visa

Instagram/@visa_us
Instagram/@visa_us

Punya kartu kredit berlogo Visa? Kamu perlu tahu nih ternyata kartu ini menjadi kartu yang paling populer di dunia.

Dari 168 negara, penggunaan kartu berlogo Visa lebih dominan di 123 negara. Di negara asalnya, Amerika Serikat, peredaran kartu Visa mencapai 304 juta kartu. Sementara di negara-negara lain, jumlah kartu visa yang beredar mencapai 545 juta kartu.

Beberapa negara yang dominan menggunakan kartu Visa adalah Prancis, Jerman, Indonesia, Irlandia, Jepang, Belanda, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, dan Turki.

Di Amerika Serikat total volume transaksi kartu ini sekitar US$ 1,2 triliun atau Rp 18.272 triliun pada tahun 2014. Wah, satu negara aja segitu besarnya, gimana ditambah dengan negara-negara lain ya?

Sebagai informasi, Visa adalah salah satu sistem atau jaringan transaksi kartu kredit paling populer di dunia. Perusahaannya, Visa Incorporated, berdiri sejak tahun 1958 dan bermarkas di California, Amerika Serikat.

Buat menjamin keamanannya, Visa mengembangkan sistem perlindungan keamanan sendiri yang diberi nama Verified by Visa. Sistem ini dilindungi dengan password unik yang didesain buat mengonfirmasi identitas pemegangnya.

Saat transaksi di luar negeri, biaya yang dikenakan saat menggunakan kartu Visa sebesar 1 persen. Kartu Visa yang ada saat ini tersedia dalam empat pilihan kartu, yaitu Classic, Gold, Platinum, dan Signature.

2. Kartu kredit MasterCard

Instagram/@mastercard
Instagram/@mastercard

Kartu kredit terpopuler berikutnya adalah MasterCard. Kartu berlogo dua bulatan warna merah dan oranye ini paling dominan penggunaannya di 22 negara di dunia.

Di Amerika Serikat kartu berlogo MasterCard yang beredar mencapai 191 juta kartu. Sementara di luar Amerika Serikat jumlah kartu ini mencapai 576 juta kartu. Volume transaksi kartu MasterCard di Amerika Serikat sekitar US$ 607 miliar atau Rp 9.238 triliun.

Dari 22 negara, kartu MasterCard begitu populer pemakaiannya di Australia, Brazil, dan Kanada.

Sama seperti Visa, MasterCard juga merupakan sistem atau jaringan kartu kredit yang populer penggunaannya di dunia. Kartu kredit MasterCard dikembangkan perusahaan asal Amerika Serikat yang bernama MasterCard Incorporated.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1979 dan berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Sebelum memakai nama MasterCard, perusahaan ini dulunya bernama Interbank Card Association yang berdiri tahun 1966.

Kartu MasterCard juga mengembangkan sistem keamanannya sendiri yang bernama SecureCode. Sistem keamanannya ini mirip-mirip dengan sistem keamanan Visa.

Kalau bertransaksi pakai kartu ini di luar negeri, kamu bakal dikenakan biaya sekitar 0,2-1 persen. Begitu juga dengan pilihan kartu, ada empat pilihan yang tersedia, yaitu Standard, Gold, Platinum, dan World Elite.

3. Kartu kredit American Express

Instagram/@americanexpress
Instagram/@americanexpress

Walaupun namanya American Express, bukan berarti kartu ini cuma populer di Amerika Serikat ya. Faktanya nih, kartu American Express begitu dominan penggunaannya di 23 negara di dunia.

Sebanyak 54,9 juta kartu beredar di Amerika Serikat, sedangkan 57,3 juta kartu lainnya beredar di luar Amerika Serikat. Volume transaksinya di Amerika Serikat mencapai US$ 668 miliar atau Rp 10.161 triliun.

Penggunaan kartu kredit American Express sangat populer di Cina, India, Italia, Meksiko, Inggris, hingga Amerika Serikat.

Berbeda dengan Visa dan MasterCard, American Express adalah jaringan kartu kredit yang dikembangkan Bank American Express (AMEX). Bank ini berdiri tahun 1850 dan berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Buat keamanan, kartu ini melengkapi dirinya dengan sistem keamanan sendiri yang diberi nama American Express SafeKey. Di Indonesia ada beberapa bank yang menyediakan kartu kredit berlogo AMEX, yaitu BCA, Danamon, dan BNI.

Sekarang kamu udah tahu kan kartu mana yang jumlah penggunanya paling banyak di dunia? Semoga informasi barusan makin menambah wawasanmu seputar kartu kredit ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!