Ini Lho 3 Pilihan Investasi yang Dilakukan Sejak Muda Bisa Bikin Kaya Saat Tua

3 menit
Pilihan Investasi untuk anak muda (Pexels).
Pilihan Investasi untuk anak muda (Pexels).

Berinvestasi itu sebaiknya dilakukan selagi masih muda dan ada beberapa pilihan investasi yang bisa kamu miliki. Mulai dari investasi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

Sebagaimana yang kamu tahu, investasi itu memberi banyak manfaat. Kekayaanmu bisa berlipat karena investasi. Hari tuamu bisa aman berkat investasi. Kamu bisa terhindari dari inflasi karena investasi.

Karena itulah, mulailah berinvestasi sejak muda dan berpenghasilan. Sebab di masa-masa seperti itulah investasi penting dilakukan. Lalu, apa aja pilihan yang bisa diambil? Cek daftarnya berikut ini.

Baca juga: Tawarkan Investasi di Indonesia, Ketua OJK PDKT ke Investor Inggris

Ini daftar pilihan investasi jangka pendek

Pilihan investasi
Investasi jangka pendek (Ilustrasi by Pixabay)

Ada tiga pilihan yang selama ini berlaku, yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Tiap-tiap investasi berbeda menurut waktu penempatan dananya.

Dari ketiga pilihan berinvestasi tersebut, investasi jangka pendek menjadi pilihan dengan waktu yang singkat. Umumnya jangka waktu investasi ini dari 3 – 12 bulan. Apa aja pilihannya?

1. Deposito

Pilihan investasi yang satu ini merupakan pilihan yang mudah dilakukan. Apalagi sekarang ini, kamu gak perlu lagi ke bank sebab pembukaan deposito bisa dilakukan melalui internet banking ataupun mobile banking.

Apa keuntungan dari berinvestasi di deposito? Kamu bisa memperoleh bunga rata-rata 6 persen per tahun. Terus investasi ini relatif minim risiko. Soalnya ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

2. Peer to Peer Lending

Memberi pinjaman alias menjadi kreditur juga bisa menjadi pilihan buat investasi jangka pendek yang bisa diambil lho. Kamu bisa memberi pinjaman dengan berinvestasi di peer to peer lending alias P2P Lending.

Di P2P Lending kamu bertindak sebagai lender yang memberi pinjaman. Return yang kamu peroleh dengan lakukan investasi ini dari 14 – 20 persen per tahunnya.

Baca juga: Miskin Karena Gagal Investasi Seringkali Terjadi! Ini 4 Penyebab Utamanya

Ini daftar investasi jangka menengah

Pilihan Investasi
Investasi emas (Pixabay).

Kalau investasi jangka menengah, waktu penempatannya dimulai dari 2 – 6 tahun. Ada dua pilihan investasi yang bisa kamu ambil kalau memilih jangka menengah.

1. Emas

Logam mulia yang satu ini menjadi pilihan buat investasi yang cocok buat masa waktu 2 – 6 tahun. Meskipun lambat, harga emas tiap tahunnya cenderung naik.

Seperti data yang disampaikan Goldprice, harga emas tahun 2010 sekitar Rp 300 ribuan. Enam tahun kemudian atau tepatnya 2016 harganya telah menjadi Rp 500 ribuan.

2. Reksa dana pendapatan tetap

Pilihan berikutnya yang cocok dilakukan selama jangka menengah adalah reksa dana pendapatan tetap. Dana yang diinvestasikan dalam reksa dana pendapatan tetap dialokasikan ke surat utang atau obligasi sebesar 80 persen.

Dengan berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap, kamu bisa peroleh return hingga 20 persen per tiga tahun. Itu berarti per tahunnya return rata-ratanya sebesar 6 persen.

Baca juga: 5 Ciri Lokasi Properti yang Cocok buat Investasi dan Harganya Naik Terus

Ini daftar pilihan investasi jangka panjang

Pilihan investasi
Investasi properti (Pixabay).

Sementara pilihan buat investasi jangka panjang dilakukan selama 7 tahun atau lebih. Dengan kata lain, selama 7 tahun lebih kamu menempatkan dana buat diinvestasikan. Berikut ini pilihan-pilihannya.

1. Properti

Membeli properti bisa menjadi investasi jangka panjang yang menarik. Sebab harga properti tiap tahunnya naik sebesar 8 persen.

Kenaikan tersebut bisa dirasakan asalkan kamu membeli properti di lokasi yang strategis. Dijamin deh kenaikan harga tersebut bisa dirasakan.

2. Saham

Saham lebih menguntungkan lagi sebagai pilihan buat investasi. Asal tahu aja nih, return yang diberikan saham bisa mencapai 20 persen per tahunnya.

Sebenarnya nih keuntungan saham bisa dinikmati dalam jangka pendek. Kalau dalam jangka pendek ini, gak lagi disebut investasi, tapi trading. Tinggal dipilih aja mana yang cocok buat kamu.

Nah, itu tadi pilihan investasi yang bisa kamu lakukan selagi muda. Semoga informasi di atas berguna ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan