3 Saham Peternakan Ayam yang Bisa Dikoleksi Jelang Ramadan, Bisa Untung Banyak Nih

2 menit
Saham peternakan ayam (Shutterstock).
Saham Peternakan Ayam yang Bisa Dikoleksi Jelang Ramadan

Wah gak kerasa sudah mau bulan Ramadhan aja, biasanya hal itu juga bakal diikuti dengan tren kenaikan harga daging ayam dan telur lho. Apa kabar sama perusahaan yang punya peternakan ayam ya? Apakah keuntungan mereka bisa berlipat ganda?

Bukan rahasia lagi bahwa pada tahun lalu, kenaikan harga ayam juga berdampak positif pada saham-saham perusahaan produsen daging ayam.

Memang sudah tradisinya di Indonesia bahwa menjelang lebaran nanti, hidangan opor ayam pasti jadi menu utama. Tapi jangankan pas lebaran, saat puasa pun konsumsi daging ayam tetap diprediksi cukup tinggi.

Buat kamu yang mau lebih untung lagi di bulan Ramadan tahun ini, gimana kalau dari sekarang sudah nabung saham-saham perusahaan dengan unit usaha peternakan ayam? Mumpung lagi murah lho harga saham mereka.

Yuk cari tahu apa saja saham-sahamnya di bawah sini.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

1. PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)

Peternakan Ayam
PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk

Buat kamu yang masih awam di dunia peternakan ayam, perusahaan ini sejatinya merupakan konglomerasi yang berbasis di Thailand. Mereka jugalah yang memegang lisensi KFC di Negeri Gajah Putih.

Namun di Indonesia, mereka memiliki produk yang cukup beragam salah satunya adalah Fiesta Chicken Nugget. Anak usaha mereka di bidang poultry juga gak sedikit lho, tentunya saham ini juga bisa kamu koleksi dalam jangka waktu singkat.

55,53 persen saham CPIN dipegang oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia Group, sementara itu 44,47 persennya diperuntukkan kepada publik.

Bicara soal sejarah investasi saham di Tanah Air. Saham inilah yang akhirnya mengantarkan investor kawakan Indonesia, Lo Kheng Hong dalam kejayaannya.

2. PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)

Peternakan ayam
PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)

Perusahaan yang satu ini juga bergerak di bidang peternakan ayam, mulai dari pembibitan hingga produksi daging ayam.

Selain ayam, mereka juga mengelola peternakan sapi, penangkaran udang, dan ikan. Produk-produknya pun dijadikan makanan olahan.

Komposisi saham JPFA 52,43 persennya dipegang oleh Japfa Ltd, sementara itu 35,84 persennya diperuntukkan kepada publik.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

3. PT. Malindo Feedmill Tbk (MAIN)

Peternakan Ayam
PT. Malindo Feedmill Tbk

Perusahaan yang didirikan tahun 1997 ini, adalah produsen dari bahan makanan hewan yang juga mengelola peternakan ayam. Beberapa anak perusahaan mereka adalah PT Bibit Indonesia, PT Prima Fajar, PT Leong Ayamsatu Primadona, PT Quality Indonesia and PT Malindo Food Delight.

Apa kamu tahu produk nugget ayam bermerek Sunny Gold? Itu adalah produknya MAIN lho, selain itu ada pula Ciki Wiki.

57,27 persen saham MAIN dipegang oleh Dragon Amity Pte Ltd, sementara itu 42,73 persennya diperuntukkan pada publik.

Itulah tiga perusahaan pengelola peternakan ayam di Indonesia. Mumpung harganya gak mahal-mahal banget, kira-kira mau beli saham yang mana? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.