Pastikan Perjalanan Mudik Berjalan Lancar dengan Install 4 Aplikasi Ini

3 menit
Maps. menjadi salah satu aplikasi mudik yang berguna dalam perjalanan (Pexels).
Maps. menjadi salah satu aplikasi mudik yang berguna dalam perjalanan (Pexels).

Buat kamu yang berencana mudik tahun ini, sejauh mana nih persiapannya? Oh, iya agar persiapannya makin matang, jangan lupa buat install aplikasi mudik ya di smartphone.

Ada beberapa aplikasi mudik yang diketahui membantu banget saat digunakan dalam perjalanan mudik nanti. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa memantau kondisi terkini jalan yang dilalui hingga mencari tahu jalur alternatif buat menghindari macet.

Gak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa aplikasi mudik yang membantu kamu saat melakukan perjalanan nanti. Yuk, dicek.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Google Maps

Aplikasi mudik
Google Maps (Playstore)

Aplikasi buatan Google yang satu ini gak asing lagi buat kamu. Keberadaannya berguna banget dalam memantau kondisi jalan, apakah macet atau lancar. Google Maps juga bisa menjadi aplikasi mudik yang kehadirannya perlu dipersiapkan sebaik mungkin.

Agar penggunaannya nanti lebih baik, perbarui atau update aplikasi Google Maps yang telah terpasang di smartphone milikmu. Untungnya pakai Google Maps ini selain bisa mengetahui jalur yang macet, kamu juga bisa mendapat informasi jalur alternatif ke tujuan.

Terus aplikasi ini juga bisa membantu kamu dalam mencari di mana restoran terdekat, SPBU yang ada di sekitar, hingga keberadaan mesin ATM. Mantap banget, kan?

2. NTMC Mudik

Aplikasi mudik
NTMC Mudik (Playstore).

Agar masyarakat yang mudik selalu mendapat informasi terbaru mengenai kondisi jalan, Kepolisian menyediakan aplikasi NTMC Mudik. Informasinya nih aplikasi ini bekerja sama dengan Google dan Waze dalam menunjukkan kondisi terkini di jalan raya.

Aplikasi NTMC Mudik ini juga memberi beberapa informasi mengenai titik-titik macet, rest area, SPBU, dan info-info publik lainnya. Selain peta dari Google dan Waze, kamu juga bisa mendapat akses ke peta-peta mudik di Indonesia.

Baca juga: Pengin Mudik dengan Mobil? Segini Harga Sewa yang Perlu Kamu Ketahui

3. JMCARe

Aplikasi mudik
JMCare (Playstore).

Bukan cuma Kepolisian yang menyediakan aplikasi mudik, PT Jasa Marga juga mengeluarkan aplikasi mudik yang bernama JMCARe. Dalam aplikasi JMCARe, terdapat dua fitur yang bisa digunakan para pengguna, yaitu fitur notifikasi dan fitur informasi.

Fitur notifikasi berguna buat memberitahukan informasi kondisi terkini lalu lintas di jalan tol. Sementara fitur informasi dimanfaatkan buat mencari tahu informasi jalan tol sesuai kebutuhan.

Terus kelebihan lainnya dari aplikasi JMCARe ini adalah kamu bakal diberitahu rute dan pilihan tol tercepat yang bisa diambil buat mencapai tujuan. Aplikasi ini juga menginformasikan ke kamu besaran tarif tol yang perlu dibayar di salah satu tol yang kamu pilih.

4. Info BMKG

Aplikasi mudik
Info BMKG (Playstore)

Dalam melakukan perjalanan mudik, kondisi cuaca adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan. Informasi terbaru mengenai kondisi cuaca bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Info BMKG.

Dalam aplikasi mudik tersebut, terdapat fitur-fitur yang membantumu dalam memantau cuaca di lokasi-lokasi yang bakal kamu lalui. Apa aja fitur-fiturnya?

  • Prakiraan Cuaca yang menampilkan informasi cuaca dalam waktu tiga hari ke depan.
  • Gempa Bumi yang memberi informasi terkini mengenai gempa yang terjadi dalam waktu kurang dari lima menit.
  • Peta Iklim menampilkan Peta Hari Tanpa Hujan, Peta Prakiraan Hujan Bulanan, hingga Peta Analisis Hujan Bulanan.
  • Kualitas Udara yang memberi informasi kualitas udara di sejumlah kota.
  • Cuaca Maritim yang memberi informasi ketinggian gelombang laut.
  • Cuaca Bandara yang memberi tahu informasi cuaca secara aktual dalam 4 jam ke depan.
  • Titik Panas (GeoHotspot) yang menampilkan titik-titik yang berpotensi terjadinya kebakaran.

Itu tadi beberapa aplikasi mudik yang bisa membantu kamu selama perjalanan menuju kampung halaman. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!