Tak Banyak yang Tahu, Sebelum Terkenal, 4 Artis Indonesia Ini Atlet Profesional Lho

3 menit
Joe Taslim, salah artis Indonesia yang sempat menjadi atlet profesional (Instagram).
Joe Taslim, salah artis Indonesia yang sempat menjadi atlet profesional (Instagram).

Tak sedikit orang yang penasaran, apa sih profesi yang dijalani oleh para artis Indonesia sebelum mereka terkenal dan memiliki uang seperti sekarang.

Apakah memang sudah tajir dari lahir atau baru kaya raya saat nyemplung ke dunia keartisan?

Ya, memang banyak selebriti yang sebelum terkenal ternyata memiliki profesi yang unik, seperti aktor papan atas, Iko Uwais yang dulu sempat bekerja sebagai sopir truk salah satu perusahaan penyedia telekomunikasi.

Selain itu, ada juga komedian Tessy Srimulat yang merupakan mantan anggota KKO yang sekarang menjadi Korps Marinir di TNI Angkatan Laut.

Ternyata banyak banget profesi unik yang dilakukan para seleb sebelum mereka terkenal. Salah satunya adalah sebagai atlet profesional.

Penasaran siapa aja? Berikut empat di antaranya seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Denny Sumargo

Artis Indonesia
Denny Sumargo (Instagram).

Sebelum dikenal sebagai aktor ternama, Denny Sumargo merupakan seorang atlet basket. Bahkan di tahun 2003, ia bergabung dalam ASPAC dan berhasil menjuarai Indonesian Basketball League atau IBL.

Tak hanya itu saja, pemain film “A Man Called Ahok” ini juga pernah tercatat sempat bermain untuk Satria Muda.

Kecintaannya pada dunia olahraga pun membuatnya ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai Duta Gerakan Ayo Olahraga.

Tapi kini mantan kekasih Dita Soedarjo ini lebih sering tampil di televisi dan layar lebar sebagai pemain film dan juga pembawa acara.

2. Tya Ariestya

Artis Indonesia
Tya Ariestya (Instagram).

Pemilik nama lengkap Ariestya Noormita Azhar atau yang lebih dikenal sebagai Tya Ariestya ini sebelum melakoni pekerjaan sebagai seorang artis, ternyata lebih dulu besar sebagai atlet. Gak main-main, mantan kekasih Irwansyah ini menggeluti olahraga taekwondo.

Pemain film “I Love You Masbro” sudah mempelajari ilmu bela diri sejak berusia 12 tahun dan memutuskan untuk berhenti saat umur 17 tahun.

Meski begitu, prestasi yang ia torehkan pun sangat luar biasa lho. Tya diketahui telah mengantongi 8 medali emas, 3 perak,  dan 1 perunggu untuk tingkat nasional.

Gak cuma itu aja, wanita pemegang sabuk hitam ini juga pernah dinobatkan sebagai Duta Taekwondo Indonesia pada tahun 2012-2013.

3. Hannah Al Rasyid

Artis Indonesia
Hannah Al Rasyid (Instagram).

Tak ada yang menyangka kalau artis cantik blasteran Inggris, Hannah Al Rasyid merupakan seorang atlet pencak silat.

Meski lahir dan besar di London, tapi wanita berusia 33 tahun ini diajarkan budaya Indonesia oleh sang ayah yang merupakan orang Indonesia. Salah satunya adalah olahraga pencak silat. Pasalnya, sang ayah memang menekuni pencak silat dari Bugis-Makassar Gerak Ilham.

Bahkan pemain film “Persepsi” ini pernah menjadi perwakilan Inggris di kompetisi pencak silat internasional. Namun, kini kariernya lebih bersinar sebagai seorang aktris, pembawa acara dan juga model.

4. Joe Taslim

Artis Indonesia
Joe Taslim (Instagram).

Siapa sih yang gak kenal dengan aktor berwajah tampan yang kini kariernya sudah tembus pasar internasional yakni Joe Taslim?

Tapi tahukah kamu kalau sebelum terjun ke dunia hiburan, pemain film “Fast and Furious 6” ini merupakan seorang atlet judo Indonesia. Ia bahkan berhasil menyabet medali emas pada Kejuaraan Judo Asia Tenggara tahun 1999. Gak cuma itu aja, pemilik nama asli Johannes Taslim ini juga pernah menyumbang medali perak saat SEA Games 2007.

Sayangnya, karier Joe Taslim di bidang olahraga harus terhenti karena mengalami cedera. Kini, ayah tiga orang anak lebih fokus mengais rezeki di dunia keartisan sebagai seorang aktor.

Itu dia empat artis Indonesia yang ternyata sebelum terkenal berprofesi sebagai seorang atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa. Salut banget kan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.