Siap-siap Jadi Jutawan Mendadak! Ini 4 Ide Bisnis Kuliner yang Pasti Laku Selama Ramadan

3 menit
Bisnis kuliner menjanjikan saat Ramadan yang perlu dicoba (Shutterstock).
Bisnis kuliner menjanjikan saat Ramadan (WP)

Bisnis kuliner merupakan salah satu ladang uang yang bisa bikin kamu tajir. Terbukti, banyak sekali orang yang jadi miliarder berkat bisnis makanan atau minuman yang mereka lakoni.

Gak usah jauh-jauh, contohnya saja Ali Muharam yang tak lain adalah pemilik makanan ringan yaitu Makaroni Ngehe.

Padahal sebelum menjadi pengusaha sukses, Ali hanyalah seorang office boy lulusan SMA yang bekerja di Bogor. Pemuda asal Tasikmalaya ini pun nekat meminjam uang sebesar Rp 20 juta dari temannya hingga Ali sempat merasakan omzet Rp 3 miliar.

Nah, buat kamu yang pengin jadi punya uang banyak lewat bisnis kuliner. Kamu bisa mewujudkannya disaat bulan puasa lho. Pasalnya, bulan Ramadan itu identik dengan makanan. Bahkan salah satu kalimat yang sering terucap, “buka puasa dan sahur enaknya makan apa?”, benar gak?

Jadi bisa dibilang berjualan makanan di bulan puasa sangat menjanjikan ketimbang bulan lainnya. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk meraup banyak pundi-pundi rupiah.

Lalu, bisnis kuliner apa saja yang laris manis selama bulan Ramadan? Berikut empat di antaranya:

1. Olahan kurma

Bisnis kuliner
Olahan Kurma (Shutterstock).

Setuju gak kamu kalau bulan puasa itu identik dengan kurma? Bahkan banyak orang yang merasa belum sempurna puasanya kalau buka puasa tidak dengan kurma.

Makanya, gak heran kalau banyak yang berjualan kurma, mulai yang dijajakan di pinggir jalan hingga supermarket dan selalu ludes terjual.

Karena itu, buah kurma bisa dibilang merupakan salah ide usaha yang paling menjanjikan selama bulan Ramadan. Nah, biar beda dan menambah daya tarik, kamu bisa menjual berbagai menu makanan olahan kurma lho.

Kamu bisa membuat puding, kue atau buah kurma dijadikan topping dalam es buah dan lainnya. Namun, sebelum menciptakan menu baru, sebaiknya kamu tester dulu ya, apakah rasanya pas untuk lidah orang Indonesia.

Agar dapat menghasilkan cuan banyak, kamu bisa berjualan di area yang memang menjadi tempat khusus jualan makanan, seperti di Pasar Benhil atau dekat masjid yang memang banyak dilewati orang.

2. Infused water

Bisnis kuliner
Infused water (Shutterstock).

Tetap sehat saat berpuasa tentu menjadi keinginan semua orang. Lagipula, bulan Ramadan bukan alasan kok untuk bermalas-malasan.

Karena itu, gak ada salahnya lho kalau kamu membuka ide bisnis yang beda dari yang lain yaitu dengan berjualan infused water. Ditambah kini udah banyak sekali orang yang memilih untuk mengonsumsi infused water karena memiliki khasiat yang lebih baik ketimbang air putih biasa.

Kamu bisa menjual dalam kemasan botol plastik dengan berbagai pilihan buah di dalamnya, mulai dari lemon, timun, nanas dan lainnya.

3. Aneka kue

Bisnis kuliner
Jajanan pasar (Shutterstock).

Bisnis kuliner lainnya yang dijamin laris manis selama Ramadan adalah aneka kue yang kerap disantap saat berbuka sebelum makan berat hingga sebagai makanan penutup.

Selain itu, bisnis kue juga banyak dilirik orang karena notabene-nya banyak orang yang menyukai makanan manis. Kamu bisa menjual bolu, brownies, donat dan lainnya. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan topping seperti buah, keju, nutella dan lain-lain.

4. Katering khusus buka puasa dan sahur

Bisnis kuliner
Katering khusus buka puasa dan sahur (Shutterstock).

Berjualan menu katering khusus buka puasa dan sahur juga bisa menjadi ide bisnis yang menggiurkan lho. Pasalnya, banyak orang yang tidak sempat mengolah makanan, termasuk para anak kos.

Nah, agar dapat masuk kantong semua kalangan. Kamu bisa membuat menu katering sederhana dengan harga yang murah meriah. Kamu juga bisa menawarkan paket dengan potongan harga. Dijamin deh banyak yang ikut.

Itu dia empat ide bisnis kuliner yang bisa kamu coba untuk mendapat banyak uang dan jadi jutawan mendadak. Lumayan kan jadi bisa beliin baju lebaran buat keluarga. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.