4 Waralaba Beromzet Belasan Juta Rupiah yang Cocok Jadi Bisnis Sampingan

4 menit
Bisnis Sampingan dengan Jualan Kebab (WP)

Banyak masyarakat di perkotaan yang kini menekuni dunia bisnis sampingan. Hal ini karena di latarbelakangi oleh penghasilan yang pas-pasan atau kebutuhan hidup yang terus meningkat. Untuk menutupi kekurangan itu, mereka rela berinvestasi di dunia bisnis.

Salah satu pilihan yang tepat salah satunya adalah bisnis waralaba atau franchise. Bisnis seperti ini bisa dijalankan meski kalian tengah terikat kontrak dengan pekerjaan utama. Caranya dengan merekrut orang sebagai pengelola, atau meminta bantuan anggota keluarga.

Bisnis waralaba memiliki jam operasional yang fleksibel tergantung pemilik. Kalau kalian malas untuk merekrut orang dengan alasan keterbatasan dana, operasionalkan saja bisnis tersebut sehabis kalian bekerja atau di akhir pekan. Asalkan harus pintar-pintar membagi waktu dan jangan mencampurkan urusan bisnis dengan pekerjaan utama ya.

Banyak pilihan bisnis waralaba di Indonesia. Mulai dari modal jutaan sampai ratusan juta, bisnis kuliner hingga jasa bisa kamu pilih. Yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan dan bujet kamu.

Nah buat kamu yang berencana terjun ke dunia bisnis sampingan, berikut ini pilihan franchise yang bisa menghasilkan omzet belasan juta.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Bisnis sampingan Ayam Geprek Kampus, Rp 11,6 juta – Rp 31,1 juta

Bisnis sampingan, ayam geprek kampus
Ayam geprek kampus (Instagram).

Dikutip dari Kontan, waralaba yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2017 silam. Sesuai namanya, menu andalan bisnis ini adalah ayam gepreknya yang super pedas dan menyangsang untuk pasar anak-anak kuliahan.

Seiring dengan berkembangnya pasar ayam geprek di Indonesia, mereka juga memiliki pilihan menu yang variatif. Ada ayam geprek keju, ayam geprek lumer, hingga paket mie ayam geprek.

Buat kamu yang tertarik untuk memiliki bisnis sampingan membuka Ayam Geprek Kampus, ada 4 pilihan paket. Ada yang Rp 50 juta, Rp 80 juta, Rp 100 juta, Rp 150 juta, harga paket tersebut disesuaikan dengan luas ruangan yang diinginkan.

Biaya tersebut sudah termasuk bahan baku, alat masak, pelatihan pegawai selama 2 minggu, dan peralatan seperti meja dan kursi. Hitung-hitungan kasar pendapatan bersihnya mulai dari Rp 11,6 juta untuk paket Rp 50 juta. Sementara itu paling besar adalah pendapatan untuk paket Rp 150 juta sekitar Rp 31,1 jutaan. Informasi kemitraan bisa menghubungi ke email [email protected]

2. Sabana, Rp 3,8 juta – Rp 18,6 juta

Bisnis sampingan, Sabana
Sabana (Instagram).

Bisnis ayam krispi satu ini sudah terkenal banget di kota-kota besar. Waralabanya telah berdiri lama sejak tahun 2006, dan kini, jumlah outletnya sudah mencapai lebih dari 2000-an.

Untuk bisa bergabung menjadi mitra, kamu harus mempersiapkan dana kemitraan sebesar Rp 22,5 jutaan. Dengan biaya sebesar itu, kamu sudah mendapatkan perlengkapan dan peralatan dagang lengkap seperti gerobak stainless serta peralatan masak. Yang perlu dipersiapkan oleh mitra adalah lapak atau kios untuk berdagang.

Harga yang terbilang murah tersebut cocok banget buat para pekerja yang pengin buka bisnis sampingan. Selain itu, hitung-hitungan kasar mengenai omzetnya juga lumayan banget kok, sekitar Rp 3,8 juta sampai Rp 18,6 jutaan.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Kebab Baba Rafi, Rp 19,5 juta – Rp 30 jutaan

Bisnis sampingan, Kebab Baba Rafi
Kebab Baba Rafi (Instagram).

Kamu pasti pernah melihat gerobak kecil berwarna kuning bertuliskan Kebab Baba Rafi. Bagaimana tidak brand yang menjajakan makanan khas Turki ini memang sudah ada sejak tahun 2005 silam. Bahkan saking suksesnya, sang pendiri pun telah mengepakkan sayap hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina.

Jika kamu berminat untuk membuka bisnis sampingan Kebab Baba Rafi, siapkan kocek senilai Rp 75 juta. Uang sebesar itu sudah lengkap dengan gerobak, alat-alat memasak, hingga karyawan yang telah terlatih. Soal lokasi, mereka juga akan membantu untuk mencarikan kok, tapi biaya sewanya ditanggung mitra.

Hitung-hitungan kasarnya, setiap hari mitra bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 650 ribu dan perbulan omzetnya bisa Rp 19,5 juta.

Tapi kini, seiring dengan berkembangnya bisnis, Baba Rafi tengah berkonsentrasi untuk memperluas cabang namun dengan format kontainer. Dengan tampilan baru lengkap dengan kursi dan meja layaknya kafe, pelanggan jadi lebih nyaman berkunjung.

Untuk bisa membuka bisnis Baba Rafi kontainer, mitra harus menyiapkan biaya sebesar Rp 300 juta, namun omzet yang didapat per bulannya bisa mencapai Rp 30 jutaan.     

4. Martabak San Francisco, Rp 30 juta

Martabak San Francisco, Bisnis Sampingan
Martabak San Francisco (Instagram).

Kalau kamu berpikiran waralaba ini buatan orang Amerika, kamu salah besar. Meski namanya kebarat-baratan, martabak yang satu ini asli buatan orang Bandung. Berdiri sejak tahun 1965 Martabak San Francisco ini sudah melegenda.

Kalau dulu mereka cuma dagang di Bandung, kini mereka telah menawarkan format kemitraan untuk ekspansi bisnisnya. Alhasil, kedainya telah tersebar hingga ke Sumatera dan kota-kota di Jawa.

Untuk bisa menjadi mitra, kamu harus mempersiapkan kocek Rp 90 juta. Apakah biaya kemitraan tersebut mahal? Memang mahal, tapi omzet yang bisa diraup gak tanggung-tanggung, mencapai Rp 30 juta per bulannya.

Baca juga: Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

Kalau pendapatannya konsisten seperti itu, tiga bulan sudah bisa balik modal. Ketika sukses, kamu mungkin bakal memikirkan untuk berhenti dari pekerjaan utama dan memilih menjalankan bisnis sampingan ini.

Itu tadi empat waralaba yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan dengan omzet mencapai belasan juta rupiah. Tapi ingat, karena ini bisnis sampingan dan kamu punya pekerjaan utama, karyawan yang bisa dipercaya harus kamu persiapkan untuk mengelola bisnismu tersebut. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!