Harganya hingga Rp 9 Jutaan, Ini Lho Burung-Burung Kicau yang Sering Diperlombakan

3 menit
Burung kicau mahal yang sering diperlombakan (Shutterstock).
Burung kicau mahal yang sering diperlombakan (Shutterstock).

Memelihara burung kicau sampai saat ini masih menjadi hobi yang digemari banyak orang. Buktinya aja kalau ada perlombaan kicau burung, begitu banyak orang yang meramaikan acara tersebut dengan membawa burung kesayangannya buat diperlombakan.

Walaupun burung kicau itu ada banyak jenisnya, cuma beberapa aja yang populer diperlombakan. Nah, burung-burung yang sering diperlombakan itulah yang populer menjadi peliharaan banyak orang.

Tingginya antusiasme terhadap burung-burung kicau tersebut rupanya bikin harga jualnya jadi mahal lho. Malahan ada yang punya harga jual yang fantastis. Pengin tahu apa aja burung-burung kicau yang punya pasar menjanjikan? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Burung Kacer, harga: Rp 250 ribu – Rp 1,5 juta

Burung kicau, Kacer
Burung Kacer (Shutterstock).

Burung yang punya nama lain Kucica kampung ini menjadi salah satu burung kicau yang terbilang populer di kalangan penghobi burung. Harga burung yang satu ini cukup bervariasi mulai dari Rp 250 ribu – Rp 1,5 juta.

Bervariasinya harga burung Kacer dikarenakan burung ini jenisnya bermacam-macam. Mulai dari Kacer Poci, Kacer Sumatra, Kacer Jawa, Kacer Madagaskar, Kacer Kalimantan, Kacer Bali, Kacer Blorok, Kacer Putih, hingga Kacer Hutan.

2. Burung Murai, harga: Rp 250 ribu – Rp 3 juta

Burung Kicau, Murai
Burung Murai (Wikicau).

Burung yang satu ini juga terkenal banget nih di kalangan penghobi burung. Saking terkenalnya, Presiden Joko Widodo pun juga ikut memeliharanya lho. Bahkan, Pak Presiden pernah ikut perlombaannya yang diselenggarakan di Bogor meskipun akhirnya gak juara.

Sama seperti burung Kacer, mahal atau murahnya burung kicau ini tergantung dari jenis-jenisnya. Harga burung Murai mulai dari Rp 250 ribu – Rp 3 juta.

Jenis-jenis burung Murai yang diperjualbelikan antara lain burung Murai Air, Murai Batu Medan, Murai Batu Borneo, Murai Batu Medan Trotolan, Murai Batu Nias Ekor Hitam, Murai Batu Aceh Trotolan Hutan, Murai Batu Aceh, Murai Batu Nias Ekor Hitam Trotolan, Murai Batu Nias Trotolan, hingga Murai Batu Jadi.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Burung Jalak Suren, harga: Rp 330 ribu – Rp 1,45 juta

Burung Kicau, Jalak Suren
Burung Jalak Suren (Shutterstock).

Burung kicau yang satu ini juga punya penggemar yang terbilang banyak. Harga jualnya pun terbilang lebih mahal dari Kacer ataupun Murai. Burung Jalak Suren dijual mulai dari Rp 330 ribu – Rp 1,45 juta.

Gak cuma harganya yang beragam, jenis burung Jalak Suren pun juga bermacam-macam. Ada Jalak Suren Gacor, Jalak Suren Bakalan, Jalak Suren Jawa Gacor, Jalak Suren Jawa Jinak, Jalak Suren Lokal, Jalak Suren Lokal Anakan, hingga Jalak Suren Malaysia.

4. Burung Cucak Rowo, harganya: Rp 800 ribu – Rp 9 juta

Burung Kicau, Cucak Rowo
Burung Cucak Rowo (Shutterstock).

Selanjutnya, ada burung Cucak Rowo sebagai burung burung kicau yang diburu para penghobi burung. Burung ini dijual mulai dari harga Rp 800 ribu – Rp 9 juta. Harganya jelas lebih mahal dibanding burung Kacer, Murai, dan Jalak Suren.

Mahal atau murahnya harga tersebut disesuaikan berdasarkan jenisnya. Misalnya aja burung Cucak Rowo Papua dijual dengan harga Rp 800 ribu.

Lain lagi dengan burung Cucak Rowo Gacor yang dijual dengan harga Rp 5 juta – Rp 9 juta. Kemudian ada Cucak Rowo Bakalan yang dijual dengan harga Rp 4 juta – Rp 5 juta.

Baca juga: Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

Nah, itu tadi beberapa burung kicau yang kini tengah populer di kalangan penghobi burung. Dengan harga yang ditawarkan, gimana menurutmu? Tertarik buat memelihara salah satunya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!