Banner ImageBanner Image

4 Cara Cerdas Ajarkan Keuangan pada Anak, Sederhana Kok!

3 menit
Mengenali anak pada pengelolaan uang yang baik dan benar.

Zaman sekarang ini, anak perlu dibekali pengetahuan tentang keuangan atau bagaimana cara mengelola uang. Pasalnya, uang merupakan komponen penting yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, meski masih kecil sekalipun.

Salah satu hal yang menjadi keluhan di dunia pendidikan saat ini adalah tidak adanya pelajaran keuangan tersebut. Oleh karena itu, kamu sebagai orang tua lah yang wajib mengajarkannya.

Membahas soal keuangan disini bersama buah hati bukan tentang gaji lho ya. Melainkan mengajarkan mereka mengenai konsep dasar dan nilai-nilai mata uang yang akan mereka pakai di kemudian hari.

Meski hal ini menjadi tantangan, tetapi berbicara tentang uang dengan anak perlu dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, mengajak mereka ke penasehat keuangan juga bukan solusi yang tepat. Untuk memudahkan proses ini, ada empat cara cerdas yang bisa membantu kamu selaku orang tua untuk menjelaskan konsep uang kepada si kecil.

Apa saja sih? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: Gak Mahal! Bermodalkan Tiket PP Rp 3 Juta, Udah Bisa Liburan ke Jepang Lho

1. Selalu melibatkan anak

Pergi ke ATM bersama anak penting dilakukan.

Agar si kecil paham apa itu uang, kamu perlu mengajaknya untuk terlibat. Tetapi bukan berarti mengajak mereka membuat anggaran rumah tangga ya.

Melainkan lakukan aktivitas yang berhubungan dengan finansial seperti ke ATM, menuju kasir, atau menabung di bank.

Jika hal ini terus menerus dilakukan, itu akan tertanam pada diri mereka. Bila ingin makan ice cream, mereka harus pergi ke minimarket dan membayar sejumlah uang di kasir. Jika ingin menabung, mereka bisa mengajak kamu untuk menemaninya ke bank. Sederhana kok!

Baca juga: Tiga Trik Pemasaran yang Wajib Kamu Terapkan Jika Pengin Produk Jualan Laku Keras

2. Ajarkan cara menggunakan uang dan menabung

Ajarkan cara menggunakan uang dan menabung.

Memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan kemampuan menabung akan memberdayakan kemampuan finansial si kecil lho. Untuk poin ini, kamu diminta berkomunikasi pada mereka agar apa yang diinginkan harus ada kontribusi yang dijalankan.

Misalnya saja mereka ingin mainan baru, ajarkan untuk menabung, bukan dengan meminta begitu saja pada kamu. Biasakan tegas sejak kecil pada anak, jangan terlalu menuruti keinginan mereka dengan mudah.

Dengan begitu bisa membantu mereka bahwa untuk mendapatkan sesuatu perlu ada yang dikorbankan seperti tabungan.

3. Jangan selalu berikan apa yang diminta

Jangan selalu berikan apa yang diminta.

Masih banyak orang tua yang bangga jika anak mereka memiliki apapun yang sedang kekinian. Misalnya saja PS4, tablet apple terbaru, dan sebagainya. Padahal hal itu sama saja tidak mendidik. Orang tua adalah guru terbaik, bukan pengabul keinginan dengan seketika.

Ajarkan anak untuk bertanggung jawab dengan kehidupan finansial yang sama sekali berbeda dari keinginan mereka.

Jika si kecil tidak tahu mana kebutuhan dan keinginan finansial sejak dini, itu akan membuat mereka kesulitan mengelola keuangan saat sudah besar nanti. Bisa saja mereka menghamburkan uang karena merasa semua hal itu berguna, padahal belum tentu.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kecil-kecilan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah, Gak Perlu Modal Gede

4. Kenali bisnis

Ajari anak berwirausaha sejak muda.

Jika si kecil sudah mulai mengenal uang dan pandai menggunakannya, ajarkan mereka bisnis. Bukan dalam arti berbisnis dengan modal besar dan sebagainya ya. Tetapi konsep ringan seperti jual beli sederhana demi mendapatkan uang. 

Kamu bisa mulai dengan menjual makanan dan ajak mereka untuk berpartisipasi dalam menawarkan kepada teman main di komplek atau teman sekolah. Dengan begitu, mereka akan paham dengan sistem memasarkan produk agar laku terjual.

Temani mereka sampai benar-benar paham. Saat ini sudah banyak kok taman kanak-kanak yang setiap satu bulan sekali mewajibkan mereka untuk berjualan. Selain untuk mengenalkan uang, cara itu juga baik untuk mengajarkan wirausaha sejak dini.

Empat hal tadi sebetulnya sudah seringkali terjadi dalam hidup. Tetapi kebanyakan kamu kurang menyadarinya. Nah, mulai sekarang, jika ingin si kecil memahami uang ajarkan hal baik. Beli lah apa yang memang dibutuhkan, ajari mereka menabung, berhemat dan jangan terlalu banyak jajan. Ajarkan pula untuk menyisihkan uang saku di celengan setiap pulang sekolah.

Dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut, akan membantu mereka saat usia dewasa dalam mengatur keuangan. Gak pengin kan, anak kamu hidup dengan pengelolaan uang yang buruk? Atau malah sampai berhutang hanya untuk memenuhi gaya hidup semata. Duh jangan sampai ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong