Gini Lho 4 Cara Investasi Saham yang Tepat di Bulan Ramadan

cara investasi saham

Salah satu cara investasi saham yang baik adalah memilih sektor yang benar-benar baik. Di bulan Ramadan ini, ada beberapa sektor yang bener-bener bisa menguntungkan.

Kalau kamu “bermain” di sektor ini, kemungkinan dapat untung bisa berlipat. Kamu bisa ngasih THR lebih deh buat saudara-saudara lebaran nanti.

Pengin tahu lebih lanjut tentang sektor saham yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

[Baca: Apa Saham Syariah Lebih Aman Buat Investasi? Ini Kata Ahli!]

1. Sektor Consumer goods bakal menguat

cara investasi saham
Saham Unilever udah pasti yahud banget deh kalau bisa kamu beli (Liputan 6)

Saham perusahaan consumer goods cukup terdongkrat di bulan Ramadan. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena perilaku belanja masyarakat juga cenderung meningkat. Sepakat gak? Kamu juga gitu kan, lebih banyak belanja di bulan puasa?

Faktor yang mempengaruhi tingginya belanja masyarakat sendiri gak lain dan gak bukan karena adanya tunjangan hari raya alias THR.

Maklum aja, mereka yang udah terima THR pasti kegoda buat belanja bukan? Apalagi libur lebaran tahun ini lama banget, diprediksi konsumsi masyarakat juga meningkat.

Oh ya, buat rekomendasi sahamnya, para analis menyarankan kamu beli saham Unilever aja. Selain itu kamu juga boleh membeli Indofarma dan Kalbe.

2. Pantau terus sektor otomotif dan properti

cara investasi saham
Pantau terus yang baju merah ya! Eh sorry, maksudnya pantau saham perusahaan otomotif ya (Kompas)

Mengapa kedua sektor ini harus diprioritaskan juga? Tentu kamu tahu kan pada April lalu kita baru aja dihebohkan dengan pameran mobil Indonesia International Motor Show dan Mandiri Property Expo pada 5 hingga 13 Mei 2018.

Total transaksi yang terjadi di IIMS 2018 dilaporkan mencapai Rp 4,08 triliun loh. Sementara itu Mandiri Property Expo juga cukup ramai, di sana ada 18 pengembang yang berpartisipasi. Efek dari dua pameran ini bakal terasa sampai Ramadan.

Jadi, potensi bakal menguatnya valuasi saham di kedua sektor ini juga cukup besar.

So, gak ada salahnya buat beli sekarang beberapa lot. Nanti tinggal dijual lagi pas jelang lebaran.

[Baca:4 Mobil Keluarga Terbaik yang Meluncur di IIMS 2018]

3. Jangan lupakan sektor komoditas

cara investasi saham
Sektor pertambangan juga lagi bagus belakangan ini. Pantau ya (Liputan 6)

Cara investasi saham ketiga yang efektif pada bulan Ramadan adalah gak melupakan gitu aja saham sektor komoditas.

Sektor komoditas seperti pertambangan emang menguat belakangan ini. Di tahun ini, kebutuhan komoditas emang sedang naik. Ketika permintaan naik, biasanya valuasi sahamnya juga bakal meningkat.

Oleh karena itu, jangan sampai sektor yang satu ini luput dari pemantauanmu ya.

4. Sektor perbankan naik sih, tapi…

cara investasi saham
Kalau sektor perbankan ya gitu deh… (Kompas)

Gimana dengan sektor perbankan yang notabennya cukup stabil? Boleh-boleh aja sih beli saham bank-bank yang masuk ke kategori Blue Chip, tapi valuasi saham mereka di bulan puasa tampaknya gak terlalu signifikan.

Potensi naiknya nilai saham perbankan mungkin baru terasa setelah lebaran. Soalnya, aktivitas riil di lapangan yang terjadi saat bulan Ramadan gak terlalu berpengaruh pada pendapatan bank-bank yang ada.

Apakah dengan adanya THR yang bikin kamu sering narik duit di ATM, lantas bisa meningkatkan pendapatan bank? Jelas gak. Dan walaupun peredaran uang di bulan puasa meningkat, tapi hal itu gak akan mempengaruhi laba dari bank.

[Baca: Panduan Lengkap Cara Membeli Saham Buat Investor Pemula]

Itulah cara investasi saham yang efektif di bulan Ramadan. Intinya sih, peka sama keadaan dan banyak-banyak baca pergerakan saham. Dan yang paling penting, makin sering kamu main di sana, makin jago kamu. Soalnya kan pengalaman adalah guru terbaik. Betul, gak?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong