Sempat Terlupakan! Kini 4 Cara Menabung Simpel ini Kembali Jadi Idola Milenial

4 menit
Cara menabung simpel yang kembali disukai milenial. (Shutterstock)
Cara menabung simpel yang kembali disukai milenial. (Shutterstock)

Gak sedikit orang yang merasa kebingungan sendiri menentukan cara menabung yang tepat agar selalu konsisten dan gak gagal terus menerus.

Meskipun terdengar sepele, nyatanya masih banyak orang yang merasa kesulitan menyisihkan uang setiap bulan untuk dialokasikan ke tabungan.

Salah satu alasan yang paling banyak dilontarkan adalah kebutuhan hidup yang semakin besar ditambah dengan gaji yang pas-pasan.

Padahal sebenarnya bukan itu alasannya, melainkan gaya hidup yang susah untuk dihindari. Seperti nongkrong di kafe setiap akhir bulan, beli barang karena tergiur diskon dan lain sebagainya.

Jadi, kalau semua tuntutan gaya hidup bisa dikurangi apalagi dihindari, tentu saja kamu bisa menyisihkan uang setiap bulan buat tabungan.

Ya, sebenarnya sih boleh aja nongkrong sama teman-teman, sekalian menjaga tali silaturahmi juga. Tapi, gak setiap weekend juga dan gak harus di tempat yang lagi kekinian. Kalau kayak gitu caranya, siap-siap aja kantongmu bakal kebobolan.

Pasalnya, tempat yang lagi kekinian alias hits biasanya cukup menguras isi dompet. Untuk minumannya aja bisa mencapai Rp 50 ribuan, belum lagi makanan dan camilan. Bisa-bisa sekali nongkrong, kamu harus merogoh sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Nah, kalau dihitung-hitung selama satu bulan, bisa mencapai Rp 1 jutaan kan. Karena itu, daripada uangmu habis cuma buat eksis, mending ditabung demi masa depan yang lebih cerah.

Apalagi, kalau setiap sebulan kamu menabung, lalu uangnya dilarikan ke investasi. Wah, kalau udah begitu sih dijamin kamu bakal tajir nanti saat tua.

Karena itu, saat muda jangan hanya mikirin gaya hidup semata. Tapi pikirkan juga masa depanmu. Masa iya kamu mau terus-terusan kerja sampai tua hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Duh, jangan sampai deh.

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan menyisihkan uang buat nabung, MoneySmart ingin memberikan beberapa cara menabung yang simpel banget. Cara nabung ini kembali jadi idola para milenial lho.

Pasalnya dengan cara menabung di bawah ini, kamu gak perlu pusing tuh mikirin menyisihkan uang buat dilempar ke rekening tabungan atau investasi. Jadi, bisa dibilang gak menyiksa.

Apa aja cara menabungnya? Berikut ini empat di antaranya.

Baca juga: 5 Tips Menabung yang Simpel Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian

1. Money in a jar

Cara menabung di toples transparan. (Shutterstock)
Cara menabung di toples transparan. (Shutterstock)

Money in a jar kini menjadi salah satu cara menabung yang banyak diterapkan orang dan terbukti efektif. Caranya pun gampang banget, kamu tinggal menggunakan toples atau wadah kaca transparan.

Kenapa transparan? Ya, wadah transparan itu bisa mensugesti seseorang untuk melihat jumlah uang yang mereka tabung setiap hari. Ibaratnya, sekaligus menabung mimpi dan akan semakin semangat saat mimpi itu semakin dekat. Jangan lupa juga untuk menempelkan tulisan beserta foto tujuan kamu menabung.

Kamu bisa memasukkan uang kertas setiap hari. Gak usah yang terlalu besar, kamu bisa mulai dengan pecahan Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu.

Kalau kamu menyisihkan uang Rp 20 ribu sehari, dalam sebulan kamu akan mendapatkan uang Rp 600 ribu. Berarti dalam setahun bisa mencapai Rp 7,2 juta. Lumayan banget kan?

Baca juga: 5 Cara Cerdas Atur Uang Ini Bikin Mahasiswa Punya Tabungan

2. Celengan

Cara menabung di celengan. (Shutterstock)
Cara menabung di celengan. (Shutterstock)

Menabung lewat celengan juga kembali jadi idola. Jadi, menabung sekalian bernostalgia saat masih sekolah dulu.

Caranya pun hampir sama dengan menabung di dalam wadah. Kamu bisa menyisihkan pecahan uang kertas setiap hari.

Tapi karena uangnya gak bisa kamu lihat, dijamin kamu akan terkejut sendiri saat celengan sudah terisi penuh dan dipecahkan. Gak terasa, tahu-tahu bisa dapat uang jutaan rupiah.

Nah, kamu disarankan untuk membeli celengan yang cukup besar dan bentuknya unik. Jadi, akan mikir berkali-kali saat ingin memecahkan celengannya. Seru banget kan?

Baca juga: Penghasilan Cuma Rp 3 Jutaan Sebulan, Para Sopir Angkot Ini Sukses Nafkahi Keluarga

3. Sesuai tanggal

Cara menabung sesuai tanggal. (Shutterstock)
Cara menabung sesuai tanggal. (Shutterstock)

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menggunakan metode tanggalan. Maksudnya gimana? Jadi, kamu menyimpan uang di dalam wadah dengan nominal sesuai tanggalan.

Misalnya, tanggal 1 yaitu Rp 1.000, tanggal 2 sebesar Rp 2.000 dan seterusnya hingga akhir bulan. Jika sudah akhir bulan, kamu bisa mengambil uang tersebut dan simpan di tempat yang tak terlihat atau bisa diamankan di tabungan kamu.

Coba dihitung-hitung ya, kalau dalam satu bulan ada 31 hari, maka setiap bulan kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp 496 ribu. Berarti dalam satu tahun kamu bisa mendapatkan Rp 496 ribu x 12 bulan yaitu hampir Rp 6 juta.

Uangnya bisa kamu alokasikan ke investasi, salah satunya reksadana. Dengan niat awal Rp 1.000 dan meningkat sedikit demi sedikit tiap hari, kamu bisa mendapatkan uang sampai jutaan rupiah di akhir masa tertentu. Asik banget.

4. Arisan

Cara menabung dengan arisan. (Shutterstock)
Cara menabung dengan arisan. (Shutterstock)

Kamu tentu sudah familiar mendengar nama arisan. Ya, selain untuk menjalin tali silaturahmi, arisan juga menjadi salah satu cara agar konsisten menabung lho. Karena, mau gak mau kamu harus keluar duit setiap bulan untuk membayar arisan.

Karena gak mungkin kan, kamu mangkir bayar arisan setiap bulan. Bukan cuma persahabatan yang berantakan, nama baik kamu juga jadi tercoreng.

Coba bayangkan ya, misalnya kamu ikut arisan sebesar Rp 300 ribu per bulan dengan jumlah orang 20 orang. Berarti dana yang terkumpul sebesar Rp 6 juta. Lumayan banget kan?

Nah, itu dia empat cara menabung yang sempat terlupakan tapi kini kembali jadi idola para milenial. Selain mudah dan gak menyiksa, keuntungan yang didapatkan juga menggiurkan banget kan. Jadi, cara menabung mana nih yang kamu jalani? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan