Murah, Ini 4 Galeri Seni yang Gak Kalah Nge-Hits Sama Museum Macan

3 menit
Ruangrupa Galery (image : graffitiindonesiacool.blogspot.com)
Ruangrupa Galery (image : graffitiindonesiacool.blogspot.com)

Museum Macan lagi banyak dibicarakan belakangan ini. Kalau sering buka Instagram, kamu mungkin pernah lihat beberapa temanmu yang posting fotonya saat berada di sana.

Kelihatannya sih emang menggoda banget. Sampai-sampai bikin kita kepengin juga berkunjung ke Museum Macan.

Namun, kamu udah tahu belum berapa harga tiket masuk ke sana?

Asal tahu aja nih, tiket masuk ke museum kekinian ini terbilang mahal, lebih mahal dari tiket nonton di CGV saat weekend. Buat pengunjung dewasa, tiketnya dikenakan harga Rp 100 ribu. Sementara pengunjung anak-anak dikenakan harga Rp 80 ribu.

Gak apa-apa juga sih sebenarnya kalau harga segitu bukan persoalan buat kamu.

Namun, kalau harga segitu dirasa kemahalan, ada beberapa alternatif museum kekinian nih yang gak kalah kece dibandingkan dengan Museum Macan.

Apa aja? Yuk disimak.

1. Biasa Art Space

museum macan
Biasa Art Space (destinasian)

Berdiri pada tahun 2005 di Jakarta, Biasa Art Space menjadi tempat yang mempertemukan seniman Jawa dan Bali. Galeri yang bisa dibilang museum ini didirikan atas inisiatif Susanna Perini yang peduli dengan kebudayaan Jawa dan Bali.

Susanna Perini dikenal sebagai sosok yang udah lama berkecimpung dalam dunia fashion. Biasa Art Space sebenarnya udah ada sejak 1994, cuma lokasinya waktu itu berada di Seminyak, Bali.

Kalau berkunjung ke sini, kamu bakal dibikin kagum dengan karya-karya Susanna Perini yang terinspirasi budaya Bali. Gak cuma itu. Sejumlah karya-karya seni lainnya juga dihadirkan di sini. Malah kamu bisa membelinya kalau berminat.

Kamu bisa mengunjungi Biasa Art Space di Jalan Kemang Raya 20, Kemang, Jakarta Selatan. Buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 20.00 dan bebas biaya masuk sejauh ini.

Buat informasi lebih lanjut, kamu bisa bertanya di www.biasagroup.com.

2. Ruangrupa

museum macan
Ruangrupa (axe)

Kalau kamu tahu Gudang Sarinah Ekosistem, kamu bakal mudah menemukan Ruangrupa. Ruangrupa berada di kompleks itu.

Dikutip dari situs resminya, Ruangrupa sebenarnya adalah organisasi seni rupa kontemporer. Ruangrupa didirikan sekelompok seniman pada tahun 2000.

Gak seperti Museum Macan, siapa pun yang berkunjung ke sini gak bakal dipungut biaya alias gratis. Ruangrupa cuma kepengin memajukan dunia seni dalam masyarakat urban lewat pameran kebudayaan, festival, lokakarya, dan penerbitan.

Mengunjungi museum ini, kamu bakal disuguhkan dengan karya-karya seni (visual work) yang diproduksi para seniman muda, penulis, dan kurator.

Ruangrupa berlokasi di Jalan Pancoran Timur II No.4, RT.13/RW.5, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan. Kecuali hari Minggu, Ruangrupa bisa dikunjungi pada hari-hari lainnya. Buka dari pukul 11.00 sampai 21.00.

3. Art 1: New Museum

museum macan
Art 1: New Museum (jakcity)

Awalnya museum yang satu ini dikenal sebagai Mon Decor Gallery. Didirikan pada 1983, Martha Gunawan mendirikan Mon Decor yang kemudian dikenal sebagai Art 1: New Museum dengan tujuan jadi wadah para seniman buat memamerkan karya-karyanya.

Lebih dari 2.500 karya seni dihadirkan museum ini. Bahkan, Art 1: New Museum meraih The Best Gallery of The Year tahun 2010.

Di Art 1: New Museum kamu bisa melihat-lihat karya-karya seniman kenamaan, sebut aja Widayat, Made Wianta, dan Anusapati. Selain itu, beberapa karya seniman kontemporer juga dihadirkan di sini. Mulai dari lukisan, video art, hingga fotografi.

Art 1: New Museum berlokasi di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 sampai 18.00.

Buat masuk ke museum ini, kamu mesti membayar tiket sebesar Rp 75 ribu. Lebih murah ketimbang tiket Museum Macan, kan?

4. Galeri Indonesia Kaya

museum macan
Galeri Indonesia Kaya (jakcity)

Sebagai wujud kepedulian pada kebudayaan, Djarum Foundation mendirikan Galeri Indonesia Kaya pada tahun 2013. Museum ini menyuguhkan budaya dengan konsep kekinian.

Masyarakat juga bisa mengetahui informasi mengenai tradisi dan budaya yang disajikan secara interaktif dan menarik. Galeri Indonesia Kaya juga memiliki auditorium yang sering digunakan buat menampilkan acara budaya, musik, film, seminar hingga workshop.

Galeri Indonesia Kaya gak membebankan biaya alias gratis buat para pengunjung. Museum ini berlokasi di Grand Indonesia, West Mall Lantai 8, Jalan MH Thamrin Nomor 1, Kb. Melati, Jakarta Pusat. Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 22.00.

Sekarang kamu udah tahu kan pilihan museum yang gak kalah kekiniannya dengan Museum Macan? Banyak yang gratis dan ada juga yang bayar dengan biaya yang gak sampai Rp 100 ribu.

Jadi, udah merencanakan mau ke mana waktu weekend? Atau masih tetap penasaran sama Museum Macan? Yuk, share di kolom komentar!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan