Banner ImageBanner Image

Biar Gak Asal Beli! Ini 4 Pilihan Asuransi yang Tepat Buat Kamu Wanita Karier

3 menit
Sebagai wanita karier, kamu juga mesti perhatikan jenis asuransi yang penting banget, (Ilustrasi/unsplash.com)

Kini udah banyak sekali jenis asuransi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan hingga asuransi yang khusus ditujukan untuk para wanita karier. Nah, buat kamu wanita karier ada nih jenis-jenis asuransi yang pas banget.

Memilih jenis asuransi itu bukan hanya sekedar sesuai dengan kebutuhan tapi memang yang bermanfaat buat kamu kelak di masa depan. Jadi, jangan main asal beli padahal gak butuh-butuh banget.

Makanya gak heran kalau banyak selebriti yang rela merogoh kocek besar buat mengasuransikan beberapa bagian tubuhnya.

Baca juga: Ini 5 Klaim Asuransi Termahal dan Aneh yang Bikin Geleng Kepala

Contohnya saja, Mariah Carey yang mengasuransikan kakinya dengan jumlah yang sangat besar, yaitu US$ 1 miliar atau Rp 14,4 triliun.

Inilah yang dimaksud, kamu tentu gak perlu kan beli asuransi kaki seperti Mariah Carey? Karena itu, pilihlah jenis asuransi yang memang benar-benar kamu butuhkan.

Nah, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi jenis asuransi yang tepat untuk para wanita karier. Yuk, intip!

1. Asuransi persalinan

Asuransi persalinan penting buat kamu wanita karier, (Ilustrasi/Pexels.com).

Jenis asuransi pertama yang harus dimiliki oleh para wanita adalah asuransi persalinan. Kenapa? Bukan soal biaya persalinan yang sangat menguras kantong. Tapi lebih ke risiko yang kerap dialami ibu melahirkan.

Pasalnya, selama proses melahirkan terdapat beberapa risiko kritis seperti gangguan hipertensi yang berisiko pada preeklampsia dan eklampsia, pendarahan serta infeksi.

Baca juga: Tak Ingin Sengsara di Hari Tua, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki dari Sekarang

Risiko kritis tersebut bahkan dapat mengancam nyawa sang ibu. Karena itulah, para wanita disarankan buat memiliki asuransi kesehatan serta asuransi jiwa dalam melindungi dari kejadian fatal selama proses persalinan.

2. Asuransi kanker serviks

Jenis asuransi buat kanker serviks juga mesti diperhatikan buat kamu wanita karier, (Ilustrasi/pexels.com).

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan yang menyerang para wanita. Contohnya almarhumah Julia Perez yang meninggal dunia karena penyakit ini.

Untuk mengobati penyakit yang satu ini, dibutuhkan uang yang gak sedikit alias biayanya sangat  tinggi.

Karena itu, para wanita membutuhkan perlindungan asuransi kesehatan buat kanker serviks. Bukan berpikir yang aneh-aneh, tapi hanya antisipasi. Pasalnya, setiap tahun sekitar 15 ribu wanita terserang kanker serviks.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Karena itu disarankan agar kamu olahraga teratur dan melakukan pemeriksaan kesehatan rahim secara rutin.

Baca juga: Apa Bedanya Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan? Ini Jawabannya…

Beruntungnya, kini BPJS Kesehatan sudah memberikan fasilitas berupa deteksi kanker serviks hingga pengobatan stadium lanjut.

Sementara itu, beberapa asuransi swasta pun kini udah menyediakan produk asuransi penyakit kritis. Tapi sebelum beli sebaiknya tanyakan kepada pihak perusahaan asuransi, apakah penyakit kanker serviks masuk ke dalam jaminan asuransi penyakit kritis.

3. Asuransi kanker payudara

Sejak dini buat perempuan karier mesti perhatikan asuransi buat kanker payudara, (Ilustrasi/pexels.com).

Sama halnya dengan kanker serviks, kanker payudara juga menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang wanita. Bahkan para pria pun juga bisa terserang salah satu penyakit berbahaya ini.

Bahkan, kanker payudara menjadi penyakit pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Pasalnya, semua wanita berisiko terserang penyakit ini apalagi jika mereka terbiasa hidup tak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, kurang olahraga dan lainnya.

Buat biaya pengobatan penyakit yang satu ini juga perlu uang besar. Karena itu, sebaiknya kamu melindungi diri dengan asuransi.

Walau begitu, gak semua asuransi menanggung semua biaya perawatan kanker payudara, mengingat biayanya yang gak sedikit.

4. Asuransi jiwa

Memikirkan asuransi jiwa juga penting nih buat kamu wanita karier, (Ilustrasi/pexels.com)

Selain asuransi kesehatan, para wanita karier juga membutuhkan asuransi jiwa. Pasalnya, musibah itu bisa datang kapan aja dan di mana pun, terlebih lagi jika kamu bekerja di luar ruangan.

Perlu kamu ketahui nih kalau asuransi jiwa itu ternyata gak hanya bermanfaat untuk si pemegang polis aja lho, tapi juga keluarga kamu.

Jadi, sebelum membelli asuransi ini, pastikan kamu paham betul mengenai hak dan kewajiban yang harus kamu lakukan.

Nah, itu dia empat jenis asuransi yang tepat buat kamu para wanita karier. Memang sih, siapa sih orang yang ingin sakit, tapi gak ada salahnya kok kalau kamu dapat melindungi diri dengan asuransi agar dapat hidup lebih tenang. Ya, buat jaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu terkena penyakit atau musibah gak terduga.

Buat kamu wanita karier penting nih memikirkan kelangsungan kesehatan, apalagi buat biaya pengobatan. Jadi selain kamu sibuk dengan kerjaan sebagai wanita karier juga mesti perhatikan gimana menantisipasi pembiayaan kesehatan kamu. (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong