Banner ImageBanner Image

Pengin Nambah Penghasilan? Lakukan 4 Kerja Sampingan Ini di Akhir Pekan

3 menit

Banyak orang kerja sampingan walau udah punya pekerjaan tetap dan memperoleh penghasilan tambahan tiap bulan.

Bukan kenapa-kenapa, gak sedikit yang mengeluh kalau gaji yang diterima terlalu kecil dan gak cukup buat hidup sehari-hari, apalagi buat ditabung. Duh, jauh deh.  

Apa kamu juga termasuk? Atau malah baru cari-cari info aja?

Kalau kamu masuk golongan yang kedua, artikel ini pas banget nih. Di sini kita bakal bahas kerja sampingan apa yang bisa dilakukan di akhir pekan alias Sabtu dan Minggu.

Penasaran? Yuk disimak aja.

1. Fotografer acara

Piawai menggunakan kamera? Kalau iya, gak ada salahnya menerima job sebagai fotografer acara. Kerja sampingan ini selain menghasilkan uang juga bisa mengasah kemampuan memotret kamu jadi lebih baik lagi.

Asal tahu aja nih, sekarang ini di setiap acara pernikahan selalu ada fotografer khusus yang mendokumentasikan momen-momen membahagiakan. Buat menekan bujet, gak jarang dari pasangan yang menikah tersebut mencari jasa fotografer dengan harga terjangkau.

Daripada menyewa profesional, mereka memilih yang masih pemula asalkan gambar yang dihasilkan bagus.

Di sini celahnya buat kamu. Tawarkan jasa kamu secara online atau melalui teman biar nantinya bisa direkomendasikan.

2. Perias jenazah

Terdengar mengerikan, tapi menjadi perias jenazah bisa mendatangkan keuntungan besar lho. Namun, buat menjadi perias jenazah, gak semua orang bisa melakukannya. Minimal butuh keahlian dalam merias, dan tentu aja nyali.

Dikutip dari Tirto, seorang perias jenazah, mengaku bisa mendapatkan imbalan lebih dari gaji UMR selama sebulan. Padahal, dia mengambil pekerjaan ini cuma pada Sabtu dan Minggu.

Kemampuan merias didapatnya dari ibunya yang bekerja sebagai perias pengantin. Terus ia mengembangkan skill-nya ini dengan mengikuti sekolah kecantikan di Johnny Andrean School and Training tahun 2011.

3. Driver online

Daripada kendaraan diam di garasi rumah setiap Sabtu dan Minggu, lebih baik dijadikan sumber pemasukan. Caranya? Ya, jadi driver online.

Perlu kamu tahu nih, kerja sampingan menjadi driver online itu memberi banyak keuntungan lho. Keuntungan ini masih bisa bertambah kalau kamu memasang papan iklan atau menyediakan slot iklan di kendaraanmu.

Tapi, kamu juga mesti benar-benar siap, baik fisik maupun mental. Soalnya menjadi driver online itu bakal menguras energi. Belum lagi dengan macetnya jalanan plus panasnya cuaca, pengin gak pengin selama di jalan kamu mesti ekstra sabar.

4. Jadi pengajar

Kalau kamu jago dan menguasai beberapa mata pelajaran, ambil pekerjaan sebagai pengajar bisa bisa jadi alternatif kerja sampingan. Sekarang ini banyak lho anak-anak sekolah atau pekerja yang ambil jadwal kursusnya di akhir pekan.

Banyaknya orang yang ambil kursus di kedua hari tersebut tentunya mengharuskan lembaga kursus menambah pengajarnya. Di sinilah kamu bisa mengambil kesempatan.

Intinya sih rajin-rajin aja cari tahu infonya di website lowongan kerja. Biasanya lembaga-lembaga kursus memasang info kebutuhan pengajar di situ.

Jadi, dari empat pekerjaan di atas, ada gak yang sesuai dengan kriteria kamu?

Sebagai penutup, kamu perlu ingat nih: gak cuma menjalani pekerjaan tetap, kerja sampingan juga butuh sikap disiplin. Dengan gitu, hasilnya bisa maksimal.

Selamat mencoba!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong