Jumlah Harta Merosot, Deretan Miliarder Ini Masih dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia

4 menit
Daftar orang terkaya di dunia yang hartanya berkurang di 2018. (Shutterstock)
Daftar orang terkaya di dunia yang hartanya berkurang di 2018. (Shutterstock)

Ngelihatin daftar orang terkaya di dunia mungkin sebagian dari kamu sudah pada bosen. Tapi gimana kalau di awal 2019 ini, kita cari tahu soal miliuner yang kekayaan merosot tajam di tahun 2018.

Sebagai orang terkaya di dunia, kerugian yang dialami bisnis mereka juga gak tanggung-tanggung lho. Meski hartanya bejibun tapi kerugiannya juga bisa lebih besar.

Mungkin kita sendiri bakal geleng-geleng kepala kalau melihat fakta-fakta soal kerugian mereka. Apa jadinya ya kalau kita rugi sebesar itu? Bisa-bisa malah jadi stres atau malah kena stroke.

Tapi buat mereka sih kerugian itu hal yang biasa. Mereka sendiri sudah pernah rugi atau hidup susah sebelum akhirnya tajir melintir.

Penasaran dengan daftar orang terkaya di dunia dan jumlah kerugian finansial mereka di tahun 2018? Yuk cari tahu di bawah sini.

Baca juga: Deretan Orang Terkaya Ini Kehilangan Ratusan Triliun di 2018, Siapa Aja?

1. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, satu dari daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan banyak duit di 2018. (Instagram/@zuck)
Mark Zuckerberg, satu dari daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan banyak duit di 2018. (Instagram/@zuck)

2018 tampaknya menjadi tahun yang cukup sulit bagi pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Apalagi kalau bukan karena merosotnya valuasi saham Facebook, karena platform media sosial itu dituding ikut campur dalam pemilu Rusia dan Amerika Serikat.

Padahal harga saham mereka baru saja melonjak lho. Tiba-tiba saja anjlok hingga nyaris 40 persen di pertengahan 2018.

Di Forbes, Zuck pun turun peringkat dalam daftar orang terkaya di dunia. Dari yang sebelumnya duduk di posisi empat kini ada di posisi lima.

Tepat pada bulan Maret 2018, kekayaan beliau masih US$ 71 miliar lalu di bulan Oktober 2018 jadi US$ 61 miliar, dan saat ini US$ 49,1 miliar atau Rp 709 triliun. Berarti di tahun kemarin dia kehilangan US$ 22 miliar atau Rp 318 triliun! Ada apa gerangan?

Zuck merintis media sosial Facebook sejak 2004. Gak ada yang nyangka kalau kemunculannya berhasil ‘menyihir’ banyak orang hingga berhasil menggaet sebanyak 1,2 miliar pengguna. Inilah yang kemudian bikin Facebook menjadi perusahaan bernilai US$ 400 miliar.

Keberhasilan Facebook-lah yang kemudian bikin Mark Zuckerberg masuk daftar orang terkaya di dunia. Walaupun banyak harta, Zuckerberg dikenal murah hati. Ia juga seperti Bill Gates, senang beramal.

Baca juga: Melongok ke Rumah Orang Terkaya ke-5 di Dunia yang Terlihat ‘Sederhana’

2. Jack Ma

Jack, satu dari daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan sebagian hartanya. (Shutterstock)
Jack, satu dari daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan sebagian hartanya. (Shutterstock)

Pendiri Ali Baba ini memang masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia dan masih menduduki posisi orang terkaya di Asia ke dua, pada akhir 2018 menurut data Bloomberg.

Tapi siapa sangka, harta Jack Ma berkurang US$ 3 miliar alias Rp 46 triliun. Sementara itu total harta kekayaannya mencapai US$ 33,8 miliar atau Rp 489 triliun.

Sebagai orang terkaya di dunia, tentu sebagian dari kamu tahu dong bahwasannya Jack Ma bukan berasal dari keluarga kaya. Sebelum jadi entrepreneur, Jack Ma adalah guru Bahasa Inggris yang gajinya kurang lebih Rp 180 ribu per bulan. Beruntunglah karena jago Bahasa Inggris, dia diajak ke Seattle oleh salah seorang delegasi bisnis Cina.

Di sanalah dia bertemu seorang bule yang menceritakan padanya tentang kehebatan Internet. Jangankan Internet, saat itu Ma bahkan gak paham cara mengetik di komputer.

Baca juga: Punya Harta Berjibun, Pantas Aja Orang-Orang Ini Jadi yang Terkaya Sejagat

3. Wang Jianlin

Wang Jianlin, salah satu dalam daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan hartanya di 2018. (Wikimedia Commons/weforum.org/Natalie Behring/Creative Commons License)
Wang Jianlin, salah satu dalam daftar orang terkaya di dunia yang kehilangan hartanya di 2018. (Wikimedia Commons/weforum.org/Natalie Behring/Creative Commons License)

Pria ini adalah salah satu orang terkaya di Cina yang merupakan pendiri Dalian Wanda Group. Sejatinya, perusahaan ini adalah perusahaan real estate terkemuka di Negeri Panda namun pada 2018 mereka menjual banyak aset-asetnya.

Beberapa saham yang mereka miliki di antaranya adalah AMC. AMC merupakan salah satu bioskop terbesar di Amerika Serikat yang memiliki chanel sendiri di TV kabel. Kamu tahu Walking Dead? Serial bertemakan zombie itu disiarkan di AMC lho.

Pada 2012, Wanda mengakuisisi AMC tapi pada 2018 AMC pun dijual ke Silver Lake.

Kabarnya, aksi jual aset itu dilakukan oleh Wanda Group lantaran memanasnya perang dagang Amerika Serikat dan Cina. Sebagai pengusaha, Jianlin juga sangat membutuhkan dana untuk membayar utang-utangnya.

Sayangnya gak pernah diinformasikan soal berapa kerugian yang dialami Wang Jianlin dalam kasus ini.

4. Keluarga Walton

Jim Walton, salah satu di daftar orang terkaya di dunia pemilik Walmart. (Shutterstock)
Jim Walton, salah satu di daftar orang terkaya di dunia pemilik Walmart. (Shutterstock)

Kekayaan keluarga Walton pendiri Walmart ini juga dikabarkan sempat berkurang drastis. Hal itu bisa disaksikan di laporan aset kekayaan Jim, Rob, dan Alice yang masuk ke daftar orang terkaya di dunia.

Di akhir tahun 2018, total aset dari tiga pemegang saham terbesar di Walmart ini merosot US$ 129 miliar atau Rp 1.869 triliun! Gede banget ya!

Saat ini, data Bloomberg menyebutkan bahwa Jim berada di posisi ke 13 orang terkaya di dunia. Sementara itu, kakaknya yaitu Rob ada di posisi 14, diikuti Alice di posisi 15.

Asal kamu tahu, sebagai sebuah keluarga, Walton itu sendiri merupakan keluarga paling kaya sejagad. Selain menguasai jaringan supermarket Walmart, mereka juga menguasai Arvest Bank.

Semua berawal dari kerja sama ayah mereka yaitu Sam Walton, putra seorang petani yang sempat bekerja sebagai loper koran.

Sejak lulus kuliah dan melanjutkan dinas militer, Sam sudah mulai menjalankan bisnis ritel kecil-kecilan lewat modal berupa pinjaman uang dari mertua. Di tahun 1962 dia mendirikan sebuah toko bernama Walmart yang menjual barang lebih murah ketimbang toko lain.

Singkat cerita, bisnis itupun sukses dan dia berhasil membuka banyak cabang hingga akhirnya jadi orang terkaya.

Itulah empat miliarder yang masuk daftar orang terkaya di dunia dan kerugiannya di tahun 2018.

Pada intinya, kisah mereka mengingatkan kita bahwa bisnis itu ibarat roda yang berputar, terkadang ada di atas namun terkadang ada di bawah.

Bagi pengusaha, rugi itu wajar deh. Tapi bukan berarti ketika rugi kita cuma bisa diam ya. Justru kita wajib cari cara agar kerugian itu bisa diminimalisir di kemudian hari.

Semakin besar usahanya, maka semakin gede juga potensi ruginya. Apalagi kalau sudah melantai di bursa saham. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.