4 Mobil Keluarga di Bawah Rp 200 Juta Ini Bakal Meluncur 2018

mobil keluarga
image (daihatsu.co.id/product/allnewterios)

Bicara soal mobil keluarga, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari merek, kapasitas penumpang, bentuk, dan yang gak kalah penting: harga.

Menurut riset yang dilakukan oleh sejumlah pabrikan mobil, masyarakat jaman now udah gak menganggap mobil seharga Rp 200 juta sebagai mobil yang mahal. Padahal kalau dipikir-pikir, dulu mobil Rp 150 juta saja sudah dianggap mahal.

Lantas, apakah udah gak ada lagi mobil keluarga yang harganya Rp 200 jutaan? Tenang, masih ada kok. Tahun 2018 juga bakal ada mobil keluarga keluaran terbaru yang harganya Rp 100 jutaan lho.

[Baca: Buat yang Baru Punya Anak, Pilih Mobil Keluarga yang Dilengkapi Fitur-Fitur Ini]

Penasaran dengan mobil-mobil yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Wuling Confero 1.2 S

mobil keluarga
Wuling Confero S 1.2 (otomekanik)

Satu kata buat mendeskripsikan mobil ini: mengejutkan. Kenapa mengejutkan? Karena menurut laporan Kompas.com, varian termurah mobil ini harganya sama kayak motor 250 cc, yaitu Rp 78 juta! Tapi ini harga off the road yah.

Tuh gak bohong kan, masih ada mobil keluarga di bawah Rp 200 juta yang mau rilis tahun depan. Wuling Confero 1.2 S adalah adiknya Wuling Confero 1.5 S yang harganya Rp 165 jutaan. Setelah versi 1.5 S meluncur, nah adiknya pun ikut meluncur tahun depan.

Mobil buatan China ini berjenis Low MPV seven seater lho. Kapasitas mesinnya 1.200 cc saja, dan bisa muat tujuh orang. Top speed-nya sendiri mencapai 140 km per jam. Tentu daripada beli mobil murah ramah lingkungan yang mesinnya di bawah 1.000 cc, mendingan beli ini dong.

2. Datsun Go Cross

mobil keluarga
Datsun Go Cross (zigwheels)

PT Nissan Motor Indonesia juga dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran Datsun Go Cross. Mobil ini sejatinya sama-sama Datsun Go tapi penampilannya lebih macho karena ada unsur Crossover-nya.

Datsun Go Cross dibekali mesin dengan kapasitas 1.200 cc. Dan dikabarkan juga akan menjadi mobil Datsun pertama yang punya transmisi otomatis.

Menurut penelusuran Viva.co.id, mobil ini dikabarkan bakal meluncur Januari 2018. Harga mobil ini adalah Rp 170 jutaan.

3. All New Daihatsu Terios

mobil keluarga
Daihatsu Terios (ortizaku)

Sampai saat ini, belum ada informasi harga yang pasti mengenai saudara kembarnya Toyota Rush ini. Namun menurut laporan di Kompas, All New Daihatsu Terios harganya diusahakan tidak lebih tinggi dari Rp 3 atau 4 juta daripada Terios keluaran lama.

Patut diketahui, varian termurah Terios yaitu Terios X MT dibanderol dengan harga Rp 195 jutaan. Kalau saja All New Daihatsu Terios lebih mahal Rp 4 juta, berarti harganya adalah Rp 199 juta.

So, mobil SUV teranyar ini masih di bawah Rp 200 juta dong. Kira-kira boleh lah untuk dijadikan pilihanmu. Mengingat harga saudara kembaranya, Toyota Rush di atas Rp 200 jutaan.

[Baca: Toyota Rush Baru Udah Meluncur, Lebih Hemat Mana Ya Sama Xpander?]

4. Daihatsu Sigra Facelift

mobil keluarga
Daihatsu Sigra (Daihatsu)

Menurut pemberitaan dari salah satu media otomotif, Autonetmagz, Daihatsu Sigra versi terbaru juga bakal meramaikan pasar mobil keluarga di bawah Rp 200 juta tahun depan.

Beberapa fitur terbaru yang konon kabarnya bakal disematkan di mobil ini adalah, AC double blower, head unit baru, dan steering switch control.

Sudah tahu harga mobil ini? Berdasarkan harga tahun 2017, Daihatsu Sigra harganya mulai dari Rp 108 juta. Tentu mobil ini bakal jadi rival berat Wuling Confero S 1.2.

Apakah Toyota Calya alias saudara kembar Sigra ini juga bakal melakukan hal yang sama tahun 2018? Sejauh ini belum ada informasinya, tapi biasanya sih begitu ya.

Itulah empat mobil keluarga di bawah Rp 200 juta yang diprediksi bakal meluncur tahun 2018. Pokoknya, ketika memang harus beli mobil keluarga yang bujetnya gak sampai Rp 200 juta, kamu bisa pilih salah satu di antara empat mobil ini.

Kalau sudah beli, ya tentu jangan lupa dirawat ya. Biar awet dan gak rewel.

[Baca: Jangan Cuma Bisa Pakainya, Ingat Juga 5 Biaya yang Harus Disiapkan Kalau Punya Mobil]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560