Ada yang Sampai Bangkrut, Ini Deretan Miliuner yang Hobi Koleksi Lukisan Mahal

3 menit
Lukisan mahal emang jadi barang koleksi wajib para miliuner.

Belum lama ini, salah satu orang terkaya di Jepang Yusaku Maezawa dinyatakan bangkrut karena hobinya yang sangat konsumtif, yaitu mengoleksi lukisan mahal. Padahal, Maezawa ini bakal jadi turis pertama dari pesawat luar angkasa SpaceX yang bakal terbang ke bulan pada 2023.

Menurut pemberitaan di sejumlah media, Maezawa mengumumkan bahwa sudah mulai menjual lukisan-lukisan yang dia koleksi di Twitter.

Maezawa adalah pendiri dari Contemporary Art Foundation, sebuah yayasan yang aktif membantu seniman lokal di negara.

Sebagai pecinta seni, koleksi-koleksi beliau juga bikin geleng-geleng kepala. Dia pernah membeli lukisan karya Jean-Michel Basquiat dan Pablo Picasso dengan total harga US$ 80 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun!

Pendiri brand fashion Zozo ini kabarnya kehilangan US$ 700 juta atau Rp 10 triliun! Dan saat menurut laporan di Forbes, total hartanya saat ini tersisa US$ 2 miliar atau Rp 28 triliunan. Maezawa yang dulu duduk di posisi 18 orang terkaya di Negeri Sakura, kini duduk di posisi 22.

Sejatinya, selain Maezawa, masih banyak lho miliuner yang punya hobi koleksi lukisan mahal seperti Maezawa. Pengin tahu siapa mereka? Yuk cari tahu di bawah sini.

Baca juga: Deretan Zodiak yang Sangat Menyukai Barang Mewah Serba Mahal, Kamu Termasuk?

1. Francois Pinault

Lukisan mahal
Francois Pinault (Instagram).

Dia adalah pria yang menyumbang 100 juta Euro untuk renovasi Gereja Notre Dame yang sudah dibangun sejak 1345 dan terbakar di tahun 2019. Pendiri brand Gucci, Alexander McQueen, Château Latour dan sepatu Converse ini juga merupakan orang terkaya ketiga di Prancis.

Total kekayaan keluarganya mencapai US$ 29,7 miliar atau Rp 417 triliun. Dia pun merupakan suami dari aktris hollywood Salma Hayek.

Sebagai pemilik dari Christie’s Auction House, Pinault menguasai jaringan bisnis di bidang seni yang berskala raksasa. Dia menyimpan seluruh koleksi lukisannya di Palazzo Grassi yang terletak di Venice, Italia.

2. Bill Gates

Lukisan mahal
Bill Gates (Instagram).

Wah, orang terkaya kedua di dunia ini ternyata juga hobi mengoleksi lukisan mahal lho. Ya gak apa-apa deh secara hartanya juga sudah lebih dari Rp 1.000 triliun.

Pendiri Microsoft ini memiliki lukisan karya Winslow Homer’s berjudul Lost on the Grand Banks. Harganya kurang lebih US$ 36 juta atau Rp 518 miliar saat ini, tapi lukisan itu sudah dibeli olehnya tahun 1998.

Selain itu, dia juga memiliki lukisan karya Childe Hassam senilai US$ 20 juta atau Rp 288 miliar, dan lukisan karya George Bellows seharga US$ 27,5 juta alias Rp 396 miliar. Serta lukisan mahal lainnya.

Baca juga: Deretan Orang Kaya Raya Hollywood yang Memilih Hidup Sederhana

3. Roman Abramovich

Lukisan mahal
Roman Abramovich (Instagram).

Pemilik Chelsea yang satu ini  tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 13,2 miliar atau setara dengan Rp 188,6 triliun. Pria asal Rusia ini juga sempat menjadi orang terkaya di negaranya, sebelum akhirnya pindah kewarganegaraan ke Israel, yang akhirnya mengubah statusnya menjadi orang terkaya di Negeri Yahudi itu.

Beberapa lukisan karya Ilya Kabakov, Francis Bacon, Lucien Freud, dan beberapa karya seniman kelas dunia lainnya. Intinya gak sedikit deh yang bilang kalau koleksi lukisan mahal Abramovich ini udah kayak saham blue chip.

Kabarnya lukisan karya Bacon dia tebus di harga US$ 86 juta atau Rp 1,2 triliun. Sementara itu lukisan karya Freud dia beli di harga US$ 33 juta atau Rp 483 miliar.

4. Pangeran Mohammed bin Salman

Lukisan mahal
Pangeran Mohammed bin Salman (Instagram).

Kabarnya, Putera Mahkota Arab Saudi memiliki lukisan termahal sejagad lho. Lukisan itu adalah lukisan Yesus Kristus itu adalah karya dari Leonardo da Vinci! Harga lukisan itu mencapai US$ 450 juta atau Rp 6,4 triliun!

Informasi pembelian itu juga agak simpang siur, lantaran Pangeran Bader bin Abdullah yang dikabarkan menjadi pembeli misterius, namun setelah diusut ternyata Pangeran Bader adalah orang yang diberi kuasa oleh Pangeran Mohammed.

Itulah empat orang kaya di dunia yang hobi koleksi lukisan mahal. Sejatinya masih banyak kok miliuner-miliuner lain yang hobi koleksi lukisan, akan tetapi yang nilainya fantastis memang mereka berempat ini.

Kira-kira kamu suka juga gak tuh sama lukisan mahal? Hati-hati lho, benda seni yang satu itu bisa bikin kamu bangkrut. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.