4 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Cuma Lulusan SD

Pengusaha Sukses di Indonesia

Bicara soal pengusaha sukses di Indonesia, tentu aja yang terlintas di benak kita adalah orang-orang seperti Hartono bersaudara, Chairul Tanjung, Antoni Salim, dan lainnya.

Mungkin kita bakal mikir kalau pengusaha sukses ini berpendidikan tinggi. Tapi ternyata gak juga lho. Ada aja pengusaha sukses yang ternyata cuma bisa merasakan pendidikan sekolah dasar alias SD. Ada juga yang gak lulus.

Kerja keras jadi bukti walau gak berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka bisa sukses. Suksesnya pun kalau dipikir-pikir melebihi sukses seorang sarjana.

Penasaran dengan empat pengusaha sukses di Indonesia yang cuma mengenyam pendidikan SD ini? Yuk disimak.

1. Eka Tjipta Widjaja

pengusaha sukses di Indonesia
Eka Tjipta Widjaja (Kontan)

Pria keturunan Tionghoa kelahiran 1923 ini sukses menduduki peringkat kedua sebagai orang terkaya di Indonesia. Dialah Eka Tjipta Widjaja, bos Sinar Mas yang kekayaannya mencapai US$ 9,1 miliar atau Rp 122 triliun.

Masa kecil Eka sebagai imigran bisa dikatakan cukup keras. Eka yang lahir dari keluarga miskin di Cina, pindah ke Indonesia pada 1932 silam. Dia gak berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP karena harus membantu orangtuanya yang berutang pada rentenir.

Sejak remaja, pria bernama asli  Oei Ek Tjhong ini udah belajar merintis bisnis dengan menjual gula dan biskuit yang dibelinya secara grosir. Lambat laun, dia mengembangkan usahanya sebagai kontraktor pembuat kuburan.

Yang perlu kamu tahu, bisnis yang digelutinya gak selalu menguntungkan. Eka juga mengalami jatuh bangun.

Namun dia gak menyerah gitu aja hingga akhirnya berhasil mencapai kesuksesan. Singkat cerita di tahun 1972, Eka memulai bisnis properti dan kimia bersama PT Duta Pertiwi. Perusahaan ini yang jadi cikal bakal pabrik kertas pertama Sinar Mas.

Eka juga mencoba peruntungan di dunia keuangan dengan mendirikan PT Internas Arta Leasing Company pada 1982, yang akhirnya berubah nama menjadi PT Sinar Mas Multiartha Tbk. Di dekade 1980an inilah bisnis Eka mengalami perkembangan pesat.

Seiring dengan berjalannya waktu, tahun 2006 udah ada Bank Sinar Mas. Dan di tahun yang sama Sinar Mas pun mendirikan PT Smart Telecom dengan produknya yang bernama Smartfren.

Sinar Mas akhirnya menjadi sebuah perusahaan konglomerasi dengan beragam bisnis.

Kata-kata mutiara Eka adalah “apa pun kesulitan yang kita hadapi, asal kita memiliki keinginan buat berjuang, pasti semua  bisa diatasi.”

So, ketika kamu menghadapi kesulitan ya gak usah jiper duluan ya, hadapi aja sekuat tenagamu. Kamu pasti bisa.

[Baca: 5 Pengusaha Sukses Keturunan Tionghoa Ini Memulai Usaha dari Nol]

2. Andrie Wongso

pengusaha sukses di Indonesia
Andrie Wongso (Liputan 6)

Pastinya kamu familiar dengan nama beliau. Dia adalah motivator kondang asal Malang yang udah menyabet penghargaan The Best Motivator Indonesia versi Kompas.

Andrie adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Malang pada 1954 silam. Keluarganya adalah keluarga miskin, dan dia terpaksa berhenti sekolah saat kelas enam SD karena sekolahnya ditutup. Gelarnya akademisnya pun cuma SDTT alias Sekolah Dasar Tidak Tamat.

Semasa remaja, dia aktif berjualan kue di pasar. Namun saat berusia 22 tahun, Andrie memutuskan buat merantau ke Jakarta. Dia bekerja sebagai salesman sabun hingga pelayan toko.

Karena Andrie adalah orang yang cakap dan mudah bergaul, dia berhasil merasakan karier di dunia film dan pergi keluar negeri buat shooting. Sepulangnya ke Tanah Air, Andrie malah lebih sering menuangkan kata-kata mutiara ke dalam buku hariannya buat memotivasi diri. Namun, kata-kata itu malah menginspirasi teman kosnya.

Lewat itu Andrie mendirikan bisnis kartu ucapan dengan kata mutiara merek HARVEST yang akhirnya laris manis. Lambat laun Andrie pun mendirikan lembaga AW Training dan AW Publishing.

Kesuksesannya sebagai motivator berawal di tahun 1989. Andrie mulai sering memberikan kuliah motivasi di perusahaan-perusahaan besar hingga pada 1993 dia di minta menjadi pembicara di  Asia Pacific Congress Direct Selling II di Malaysia.

Kisah dari Andrie mengingatkan kita tentang pentingnya soft skill dan networking buat kesuksesan. Walaupun gak punya ijazah SMP, kepadaian Andrie dalam bergaul dan membina relasi bisa mengantarkannya jadi seorang motivator andal sekaligus pengusaha sukses di Indonesia.

[Baca: Gak Nyangka, 6 Orang Kaya dan Sukses Ini Ternyata Cuma Tamatan SMP]

3. Basrizal Koto

pengusaha sukses di Indonesia
Basrizal Koto (Investor Daily)

Gak semua orang tahu siapa pria yang kerap disapa Basko ini. Dia adalah seorang konglomerat dari Pariaman, Sumatera Barat.

Masa kecil Basko cukup pahit. Ayahnya bekerja sebagai buruh tani, dan setiap hari dia cuma sanggup makan satu kali. Ketika duduk di bangku kelas lima SD, Basko memutuskan buat berhenti sekolah dan merantau ke Riau.

Usaha pertama yang dijalani Basko adalah berjualan pete. Usaha itu dimulai tanpa modal lho, melainkan cuma memanfaatkan kepercayaan orang lain. Tapi dia berhasil melakukan hal itu.

Selain berjualan, Basko pun pernah menjajal profesi lain. Sebut aja seperti menjadi kenek angkutan umum, sopir, tukang jahit, hingga berhasil membuka dealer mobil.

Di tahun 2006, dia udah terhitung berhasil dalam bisnis batu bara. Pada tahun yang sama Basko membuka layanan pemasangan internet serta TV kabel di Sumatera. Dia juga mendirikan pusat perbelanjaan Basko Grand Mall, percetakan (PT Cerya Riau Mandiri Printing), PT Cerya Zico Utama (properti), hingga hotel.

Kunci keberhasilan Basko menjadi pengusaha sukses di Indonesia adalah pesan ibunya yang bernama K3: komunikasi, kesempatan, dan komitmen. Pandailah berkomunikasi, manfaatkan semua kesempatan yang ada, dan berkomitmenlah terhadap apa yang kamu lakukan.

[Baca: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol]

4. Lanny Siswadi

pengusaha sukses di Indonesia
Lanny Siswadi (Grid)

Udah tahu siapa beliau? Dia adalah perempuan yang wajahnya terpampang di sambal legendaris asal Kota Pahlawan, Sambal Bu Rudy.

Perempuan ini lahir di Kota Madiun pada 1958 silam, tepatnya saat kota tersebut didera pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Karena situasi kota yang gak kondusif, Lanny yang cuma lulus kelas 4 SD itu memutuskan buat mengubah nasib ke Surabaya.

Nama Rudy sebenarnya adalah nama suaminya yaitu Rudy Siswadi. Terciptanya sambal Bu Rudy gak lain dan gak bukan disebabkan oleh ketidaksengajaan lho. Ceritanya pada suatu hari, Lanny mengulek sambal. Tapi gak seperti biasa, sambal itu dicampur dengan ikan hasil tangkapan sang suami. Jadilah sambal bu Rudy yang melegenda itu.

Kepopuleran sambalnya gak luput dari promosi mulut ke mulut yang dilakukan teman-teman Lanny. Lanny pun membuka usaha kuliner pecel Madiun dengan menu andalan nasi sambal udang. Tanpa disadari, bisnis itu malah jadi laris.

Lanny akhirnya mengembangkan usaha lainnya dengan menjual oleh-oleh dan camilan, hingga dia menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Konon kabarnya, omzet jualan sambalnya aja udah mencapai ratusan juta dalam sebulan.

Kisah Lanny mengajari kita tentang pentingnya strategi marketing yang bernama word of mouth alias promosi mulut ke mulut. Lanny yang SD aja gak lulus, mana pernah belajar ilmu marketing. Sistem promosi sederhana jaman old yang ternyata kuat banget buat membangun bisnis kuliner.

[Baca: Mau Bisnismu Sesukses Sambal Bu Rudy? Ini 6 Jurus Rahasianya]

Demikianlah cerita dari empat pengusaha sukses Indonesia yang cuma bisa merasakan pendidikan sampai bangku SD. Tapi, mereka bisa membuktikan ke publik kalau mereka bisa sukses hingga jadi orang kaya.

Cerita inspiratif ini bukan berarti ngajarin kamu buat cuek sama pendidikan ya. Melainkan buat mengajakmu lebih keras dalam bekerja.

Kalau pengusaha sukses di Indonesia aja yang gak pernah duduk di bangku SMP bisa sukses, kamu yang S1 atau S2 tentu bisa jadi konglomerat. Setuju gak?

akbar
akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560