Jadi Orang Kaya Terkadang Mengerikan! Ini 4 Pengusaha yang Pernah Diculik

3 menit
Jadi pengusaha terkenal memang belum tentu bisa hidup tenang
Jadi pengusaha terkenal memang belum tentu bisa hidup tenang. Buktinya, empat pengusaha ini pernah jadi korban penculikan.

Gak sedikit pengusaha terkenal di dunia ini yang mengalami kemalangan yang luar biasa. Ada yang bangkrut, ditolak, ditipu, hingga diculik.

Waduh kalau diculik kayak apa ya rasanya? Yang jelas hal itu tentu bikin karyawannya resah dong.

Tentu saja, penculik dari para pengusaha kaya ini berharap bisa dapat tebusan dengan nilai yang besar. Ya wajar sih, menculik orang tajir harta triliunan Rupiah tentu beda sama menculik orang biasa.

Dan ngerinya, beberapa di antara mereka juga ada yang dikabarkan tewas lho dalam insiden kriminal ini. Ternyata jadi orang kaya itu serem juga ya.

Ingin tahu siapa saja pengusaha terkenal yang sempat jadi korban penculikan? Yuk cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

Baca juga: Kerja Multitasking Gak Selalu Berhasil dengan Baik Lho! Ini Penyebabnya

1. Baron Édouard-Jean Empain

Pengusaha terkenal
Pengusaha terkenal, Baron Édouard-Jean Empain (radiofrance).

Pria yang pada tahun 1969 hingga 1981 ini menjabat sebagai CEO Schneider Group adalah salah seorang pengusaha yang cukup berpengaruh di Prancis. Anak usaha dari perusahaan yang berada di bawah perusahaannya pun  berjumlah 150.

Menurut informasi dari New York Times, pria ini diculik oleh sekelompok orang dengan menggunakan truk, van, dan sepeda motor. Para penculik memblokir limousin Empain.

Kabarnya, Empain dipukuli dan dihajar habis-habisan hingga dibiarkan kelaparan, serta dirantai di ruang bawah tanah.

Para penculik juga akhirnya ditangkap dan beberapa orang lainnya dibunuh polisi. Empain pun dikabarkan ditemukan sedang seliweran di jalanan Kota Paris setelah 63 hari dikabarkan hilang.

2. Teddy Wang

Pengusaha terkenal
Teddy Wang

Pengusaha terkenal dari Hong Kong ini, memang sudah jadi korban dari rangkaian peristiwa  penculikan. Dia adalah pendiri Chinachem Group, sebuah perusahaan raksasa di bidang properti, total kekayaannya sendiri berjumlah US$ 7,5 miliar.

Pada 10 April 1999, sekelompok orang menculik Wang dari mobil Mercedes Benznya. Mereka juga sempat meminta tebusan dan karena sampai saat ini, Wang sendiri dikabarkan hilang hingga gak diketahui hingga saat ini.

Sempat dikabarkan dibuang ke lautan dalam keadaan yang cukup mengenaskan. Sepeninggal Wang, kursi pimpinan perusahaan itu pun diambil alih oleh istrinya.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

3. Jorge dan Juan Born

Pengusaha terkenal
Jorge dan Juan Born

Keluarga Born merupakan keluarga pengusaha terkenal asal Argentina yang menguasai Bunge & Born atau Bunge Limited.

Keduanya memang merupakan target dari para ekstrimis sayap kiri di negaranya, Montoneros. Kelompok militan yang satu ini juga terkenal dengan reputasinya yang sering menculik orang-orang kaya setempat.

Menurut laporan dari New York Times, kedua pengusaha yang merupakan anak dari crazy rich setempat diculik tahun 1974. Manajer dan sopir mereka pun dibunuh.

Namun akhirnya kakak beradik Born ini dilepaskan setelah Montoneros menerima tebusan senilai US$ 60 juta.

4. Freddy Heineken

Pengusaha Terkenal
Freddy Heineken

Pendiri dari perusahaan bir Heineken ini sempat diculik 21 hari dan ditahan di ruang bawah tanah oleh 24 orang warga Belanda, di tahun 1983. Lokasi penculikan itu juga di markas Heineken lho.

Penculikan itu terjadi tepat setelah Heineken menggelar sebuah pesta makan siang. Dan si penculik kabarnya meminta tebusan senilai US$ 10 juta.

Peristiwa ini cukup menjadi sorotan, wajar saja brand Heineken memang cukup terkenal. Kasus penculikan ini pun akhirnya dijadikan sebuah film layar lebar berjudul Kidnapping Freddy Heineken. Kalau penasaran dengan ceritanya, tonton saja.

Baca juga: Punya Tunggakan Cicilan Kredit Kendaraan Bermotor? Pahami Bahayanya Ini

Itulah empat orang pengusaha terkenal yang jadi korban penculikan. Ternyata jadi orang kaya seram juga ya, nyawa pun bisa jadi taruhan walaupun hidup bergelimangan harta. Tentu saja fakta ini menunjukkan kalau wajar bagi Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg rela menghabiskan uang banyak untuk biaya keamanan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.