4 Presiden Amerika yang Hidupnya Irit, Malah Ada yang Paling Pelit

3 menit
Barack Obama (Shutterstock).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memang terkenal kaya raya dan senang bermewah-mewahan, istrinya saja sempat diberikan cincin tunangan senilai Rp 45 miliar.

Tapi jangan salah, gak semua orang yang pernah duduk di Gedung Putih itu hobi bermewah-mewahan lho.

Dalam sejarah Negeri Paman Sam, ada beberapa tokoh Presiden AS yang terkenal dengan gaya super ngirit.

Media di Amerika pun lantas menyebut mereka sebagai para Presiden Murah. Akan tetapi, murahnya tentu bukan murahan ya melainkan murah dalam hal pengeluaran sehari-hari.

Penasaran dengan siapa saja mereka? Yuk cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

Baca juga: Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja, Coba Cek Lagi CV Kamu

1. Calvin Coolidge

Calvin Coolidge

Presiden Amerika Serikat ke 30 ini adalah seorang yang bisa dikatakan punya kepribadian terlalu serius. Dan memiliki visi layaknya seorang pebisnis ketika menjadi presiden.

Dia sempat mengatakan bahwa pengeluaran dan pemasukan negara haruslah seimbang tiap tahun. Setiap ada surplus di neraca perdagangan tentu dinilai baik untuk mengurangi rasio utang negara.

Selain itu, Coolidge juga punya ritual murah meriah yang menurutnya baik untuk kesehatan. Ritual itu adalah sarapan di atas tempat tidur. Murah bukan? Makan hidangan yang disajikan di rumah, tanpa harus sarapan mewah di luar.

2. John F Kennedy

John F Kennedy (Shutterstock).

Presiden Amerika Serikat yang tewas ditembak ini, sejatinya adalah seorang yang tajir sejak lahir. Bisa dibilang dia juga hobi berdonasi karena gak tanggung-tanggung menyumbangkan gajinya untuk keperluan sosial.

Mungkin di antara presiden lain, pria ganteng yang satu ini lebih kelewat hemat. Hingga akhirnya, kata “pelit”lah yang paling menggambarkan bagaimana kepribadian seorang JFK.

Bayangin saja, setiap kali pergi dia gak pernah mengeluarkan uang tunai. Dia pasti menyuruh teman, saudara, secret service, atau siapapun yang jalan sama dia untuk membayar seluruh tagihannya. Sebut saja seperti bayar makan, hingga yang lain-lain.

Sifat ngirit yang nyerempet pelit itu pun berakibat fatal ketika istrinya belanja pakaian dengan kas Gedung Putih. Untungnya, JFK gak ngeles dan dia mengakui hal itu.

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

3. Jimmy Carter

Jimmy Carter (Shutterstock).

Presiden Amerika Serikat ke 39 ini mungkin bisa dibilang cukup sederhana sampai gak jarang juga disebut gak kayak seleb. Sampai saat ini, dia pun gak terlihat seperti mantan presiden pada umumnya.

Hidupnya udah kayak warga biasa, tinggal di rumah sederhana dan belanja di toko-toko biasa pada umumnya. Bedanya ya dia masih dapat pengawalan Secret Service saja.

Sebagai pimpinan negara, Carter memang sempat dipuji karena kesederhanaannya. Bukan hanya dia lho, istrinya Rosalynn juga terbilang sederhana saat menjadi Ibu Negara. Setiap acara makan-makan di Gedung Putih juga diselenggarakan dengan sangat sederhana.

Dia sendiri punya bisnis yang bergerak di bidang perdagangan kacang tapi karena bisnisnya terjerat utang, dia terpaksa menjualnya. Saat ini pun, penghasilannya berasal dari menulis buku dan dana pensiun sebagai Presiden Amerika.

4. Barack Obama

Barack Obama

Semua orang bahkan kamu pun tahu bahwa Presiden Amerika Serikat ke 44 ini adalah sosok yang hemat.

Dari gaya berpakaiannya, Obama memang gak neko-neko dalam memilih setelan jas. Dia pun sering mengenakan setelan jas yang sama selama dia jadi presiden! Wow, hemat banget ya.

Selain itu, Obama yang dulu mengenakan jam tangan mewah Tag Heuer, justru memilih jam tangan murah yang dikenakan Secret Service ketika dia menjabat sebagai Kepala Negara AS. Obama memakai Jorg Gray 6500 Chronograph, yang harganya sekitar Rp 5 jutaan saja.

Itulah empat Presiden Amerika Serikat yang terkenal dengan hidupnya yang irit. Kira-kira apakah gaya hidup mereka pas banget untuk dianut oleh para Presiden di Indonesia nanti? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!