Gratis, Nikmati Weekend di Jakarta dan Kunjungi 4 Spot Instagramable Ini

3 menit
Hutan Kota GBK, Salah Satu Spot Instagramable (Shutterstock)
Hutan Kota GBK, Salah Satu Spot Instagramable (Shutterstock)

Menikmati akhir pekan untuk melepas penat dan menambah koleksi foto yang instagramable adalah cara yang bisa menjadi pilhan tepat bagi masyarakat Jakarta. Ada alasan, saat ini setiap aktivitas pasti selalu memikirkan hasil foto yang bagus untuk di posting di media sosial media.

Melepas penat setelah beraktivitas kerja atau kampus diakhir pekan tentu menjadi pilihan yang tepat, selain me-refresh pikiran, tubuh juga tentu butuh melepaskan kepenatan setelah bekerja.

Akan tetapi beraktivitas di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan. Para pekerja harus menyiapkan waktu yang lebih besar hanya untuk sekedar berangkat kantor atau bahkan pulang kerumah. Sebab kemcetan Jakarta saat ini sudah menjadi momok yang menakutkan, belum lagi tingkat polusi udara yang menghawatirkan.

Nah, berikut ini ada lima pilihan lokasi yang bisa dikunjungi saat akhir pekan, tentunya intagramable banget nih.

1. Spot Budaya Dukuh Atas

Terletak dijantung Ibu Kota Jakarta, lokasi satu ini terbilang baru, sebab spot budaya ini baru diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Agustus lalu.

Spot Budaya ini terdiri dari lima bagian, yakni Taman atau Hutan Tropis Mini sebagai ruang penghijauan. Lalu Spot Seni Budaya untuk ruang untuk aktivitas seni dan kebudayaan, seperti musik, stand up comedy, dan lain-lain.

Selain itu juga terdapat Skate Park untuk tempat aktivitas penggemar skateboard, sepatu roda dan sepeda BMX.

Selanjutnya juga terdapat Spot Edukasi yang memberikan informasi kepada para pengunjung untuk mengetahui pemanfaatan ruang bawah tanah sebagai penempatan jaringan utilitas, seperti fiber optic, gas, jaringan air bersih, jaringan air limbah, dan listrik kota.

Dari segi akses, lokasi ini sangat strategis karen dikelilingi dengan sarana transportasi publik mulai dari Bus Transjakarta, Kereta Commuterline, Bus Metro Trans, dan juga sangat ramah pada pejalan kaki.

Tentunya, dilokasi ini selain bisa menikmati waktu libur, olahraga, bisa juga menambah koleksi foto yang keren ya.

2. Hauwke’s Auto Gallery Jakarta

Suka dengan koleksi mobil jadul? atau suka berfoto dengan mobil antik? nah ini lokasi yang tepat bisa menjadi pilihan destinasi saat akhir pekan. Hauwke’s Auto Gallery Jakarta berlokasi di bilangan Cipete Jakarta Selatan ini merupakan galeri di mana memungkinkan pengunjungnya untuk bisa melihat koleksi mobil-mobil klasik yang kebanyakan berasal dari Eropa dan Amerika.

Usianya sudah tidak lagi muda, mulai dari usia 70 tahun hingga satu abad dan jumlahnya sekitar 60-an mobil. Hauwke’s Auto Gallery ini didirikan oleh seorang Hartawan Setjodiningrat atau yang biasa dipanggil Hauwke.

Hauwke termasuk pionir kolektor mobil tua di Indonesia. Galerinya dibangun di garasi rumah dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2008. Pada saat ini lokasi ini dikelola oleh sang anak dan populer di kalangan para pencinta mobil klasik dan penggemar spot instagramable.

Buat yang penasaran dan tertarik coba nih berkunjung ke lokasi ini yang beralamat di Jalan Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, RT.6/RW.4, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

3. Taman Lapangan Banteng

Lapangan Banteng yang terletak di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat kini bukan sekadar tempat monumen bersejarah berdiri. Lapangan seluas 5,2 hektar itu dilengkapi dengan bangunan amphitheatre dan kolam yang memiliki fitur air mancur warna-warninya.

Berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Lapangan Banteng cukup menarik dijadikan tempat untuk menghabiskan sore bersama keluarga maupun teman-teman. Berkunjung di Lapangan Banteng masyarakat bisa menikmati sarana olahraga berupa Trek atletik. Trek yang terletak di bagian timur laut Lapangan Banteng ini bisa dimanfaatkan warga yang hobi berlari.

Saat malam hari tiba, Lapangan Banteng akan disemarakkan oleh Air Mancur Menari. Air Mancur ini berwarna-warni dan bisa bergerak diiringi lagu-lagu tradisional. Kehadiran Air Mancur Menari ini membuat Lapangan Banteng juga pas dikunjungi ketika malam hari tiba.

4. Hutan Kota Gelora Bung Karno

Kepopuleran hutan kota yang satu ini mulai tenar saat perhelatan Asian Games beberapa waktu lalu, hutan kota ini bisa menjadi alternatif wisata bagi masyarakat Jakarta yang merindukan suasana sejuk dan bebas asap polusi.

Hotan kota ini memiliki beragam fasilitas yang memanjakan para pengunjungnya, 10 titik fasilitas yang tersedia dalam kawasan hutan kota, yakni gerbang masuk dan keluar, kios komersial, pos keamanan, taman amphitheatre, kolam trembesi, plaza utama, ruang ganti, toilet publik, amphitheatre utama, dan coffee tea house.

Dari sisi akses, hutan kota ini juga sangat mudah diakses, lantaran letaknya berada di pusat kota. pengunjung cukup masuk melalui Pintu 5 Gelora Bung Karno. Sangat mudah menemukannya karena berada tepat di seberang Mall Fx Sudirman.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.