4 Tempat Beli Reksadana Online yang Bisa Jadi Pilihanmu

4 menit

Di zaman yang serba online ini, beli apa pun bisa lewat Internet. Tak terkecuali reksadana. Reksadana online sekarang udah banyak tersedia buat memudahkan kamu berinvestasi tanpa perlu keluar rumah.

Pasalnya, banyak orang yang menunda-nunda investasi dengan alasan ribet dan mahal. Tapi kini semuanya sudah serba gampang dan bisa dilakukan secara online. Jadi gak ada alasan lagi deh.

Seperti yang diketahui, ada lima jenis reksadana yang memiliki keunggulan masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, yakni:

  • Reksadana saham,
  • Reksadana pasar uang,
  • Reksadana campuran,
  • Reksadana pendapatan tetap,
  • Reksadana indeks.

Nah, buat kamu yang pengin terjun ke investasi reksadana tapi gak punya banyak waktu untuk datengin manajer investasi satu persatu, berikut ini adalah empat tempat reksadana online yang bisa kamu pilih:

1. Bareksa

reksadana-online
Bareksa (nomorcallcenter)

Bareksa merupakan salah satu tempat beli reksadana online yang bisa kamu pilih.

Bareksa yang didirikan pada awal tahun 2013 ini adalah salah satu pionir yang berhasil memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjual reksadana lewat Internet kepada nasabah.

Bareksa juga berkembang dengan sangat pesat, bahkan sudah memiliki banyak nasabah dan menaungi berbagai perusahaan manajer investasi di Indonesia.

Bareksa menjual beragam jenis reksadana, mulai dari reksadana konvensional sampai syariah. Adapun untuk produknya, ada reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, campuran, dan reksadana indeks.

Untuk proses pembeliannya pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi profil risiko investasi dan biodata diri. Setelah data lengkap, kamu tinggal menunggu persetujuan untuk proses transaksi. Biasanya proses approval memakan waktu 1×24 jam.

Yang menariknya lagi, kamu bisa melakukan investasi dengan nominal yang kecil lho, yaitu mulai dari Rp 100 ribu.

Untuk informasi lebih lanjut soal reksadana yang dijual di situs ini, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Bareksa ya.

2. Ipotfund

reksadana-online
Ipotfund (indopremier)

Ipotfund besutan PT Indo Premier Securities diklaim sebagai supermarket reksadana online pertama di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014.

Selain itu, Ipotfund juga terbilang sebagai tempat beli reksadana online terlengkap di Indonesia. Bagaimana tidak, saat ini Ipotfund sudah menggandeng 80 manajer investasi dengan jumlah dana pengelolaan mencapai ratusan miliar rupiah.

Di sini tersedia empat jenis reksadana, yaitu reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana pasar uang.

Untuk pendaftarannya pun cukup mudah, kamu bisa membuka situs resmi Indo Premier lalu mengisi formulir pendaftaran.

Setelah lengkap, isi formulir bisa di-print dan ditandatangani (dengan materai) untuk selanjutnya dikirim ke Indo Premier dengan menyertakan KTP, NPWP, dan fotokopi buku tabungan halaman depan. Dokumen bisa dititipkan ke cabang Indo Premier terdekat.

Proses approval hanya membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak dokumen diterima. Setelahnya, kamu akan mendapatkan user id, password, dan PIN transaksi.

Sama halnya dengan Bareksa, kamu sudah bisa memulai investasi dengan uang yang kecil, yaitu Rp 100 ribu aja.

Nah, salah satu keunggulan Ipotfund adalah tidak ada biaya bulanan atau administrasi, serta biaya transaksi beli dan jual.

3. BukaReksa (Bukalapak)

reksadana-online
BukaReksa (Bukalapak)

Bukareksa menjadi salah satu tempat beli reksadana online berbasis portal belanja online atau e-marketplace.

BukaReksa yang merupakan kerjasama antara Bukalapak dan Bareksa ini berdiri sejak awal tahun 2017 lalu dengan mengutamakan user experience yang sama seperti sedang berbelanja online.

Yang menjadi keunggulan dari BukaReksa adalah kamu bisa memulai investasi dengan uang yang sangat minim, yaitu sebesar Rp 10 ribu aja.

Nominal tersebut tentu saja terbilang sangat murah dan tidak dapat ditemukan di platform lain yang umumnya mematok harga sebesar Rp 100 ribu.

BukaReksa juga terbilang berkembang dengan pesat. Pasalnya, kini sudah tersedia 10 manajer investasi dari awal peluncuran yang hanya tersedia satu, yaitu CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang.

Untuk pendaftarannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka website Bukalapak dan mengikuti arahan selanjutnya.

4. Tokopedia

reksadana-online
Tokopedia (Bareksa)

Mengikuti jejak Bukalapak, Tokopedia juga meluncurkan fitur investasi reksadana online, yaitu Tokopedia ReksaDana yang diluncurkan sejak Februari 2018.

Tapi kamu tak perlu khawatir, meskipun terbilang baru, Tokopedia ReksaDana sudah memiliki lisensi dari OJK lho.

Namun, produk reksadana yang ditawarkan baru satu yaitu, Syailendra Dana Kas, yakni reksadana pasar uang keluaran Syailendra Capital.

Untuk terjun investasi di sini, kamu juga hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu aja. Ya, sama kayak BukaReksa.

Selain prosesnya yang cepat dan mudah, Tokopedia ReksaDana juga memiliki layanan dompet elektronik TokoCash. Dengan begitu, kamu bisa berinvestasi reksadana dengan mudah, dan reksadanamu pun nanti bisa dicairkan dengan mudah pula saat dananya ingin digunakan.

Ini sangat memudahkan nasabah yang ingin menjual unit reksadana yang dimiliki tanpa harus menunggu waktu satu hari.

Buat kamu yang pengin mendaftar di Tokopedia ReksaDana, kamu bisa langsung mengunjungi website Tokopedia ya.

Nah, itu dia empat tempat beli reksadana online yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan kantongmu. Sudah siap berinvestasi?

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong