4 Tipe Kepribadian Ini Dilihat dari Cara Memperlakukan Uang, Kamu yang Mana?

3 menit
Menghargai uang itu penting. Bahkan kepribadian kamu bisa terbaca dari cara memperlakukan uang lho. Apakah kamu termasuk yang menghargai uang atau justru menghambur-hamburkannya.

Untuk melihat karakter seseorang, gak melulu lewat shio atau zodiak. Menebak karakter seseorang, bisa dengan melihat kebiasaannya sehari-hari. Mulai dari cara berpakaian, berjalan, makan, sampai kebiasaan mereka memperlakukan sesuatu seperti uang.

Uang merupakan alat pembayaran yang berlaku di setiap negara untuk proses jual dan beli. Tanpa uang, mustahil manusia bisa hidup di dunia ini. Nah, masing-masing orang memiliki cara tersendiri memperlakukan uang mereka.

Uang bisa membuat seseorang menjadi budak penguasa. Mereka merasa hebat jika banyak uang, dan akan merasa terpuruk jika tidak memiliki uang. Jika tidak diperlakukan dengan baik, uang bisa mengubah kamu menjadi seseorang yang lebih baik atau lebih buruk.

Biar gak penasaran, intip yuk bagaimana kebiasaan memperlakukan uang ini cukup menggambarkan kepribadianmu seperti apa.

1. Penimbun uang

Tumpukan uang jenis Rupiah (Shutterstock).

Kepribadian jenis ini jelas, bahwa mereka sama sekali tidak ingin kehabisan uang sedikitpun. Mereka merasa seperti dibudaki oleh uang sehingga segala pengeluaran sangat dipikirkan dan dipertimbangkan baik-baik.

Bahkan terkadang, mereka merasa hidup tanpa uang bisa menyebabkan ketidakbahagiaan. Hal inilah yang mendorong mereka untuk bekerja keras hanya untuk memastikan bahwa uang yang dikumpulkan sudah berlebihan jumlahnya.

Bukan hanya itu, mereka berasumsi bahwa banyaknya timbunan uang yang dimiliki, semakin bahagia pula hidupnya. Mereka beranggapan segala masalah bisa diselesaikan dengan mudah oleh uang.

2. Pejuang uang

Pejuang uang ini tidak akan membeli barang bekas demi menunjang gaya hidup sehari-hari.

Tipe ini adalah mereka yang mencari status sosial dari uang. Mereka beranggapan harga diri seseorang terletak pada kekayaan yang dimiliki. Kekayaan itu berupa uang, benda yang dimiliki, dan sebagainya.

Pejuang uang ini tidak akan membeli barang bekas demi menunjang gaya hidup sehari-hari. Dan biasanya, orang seperti ini memiliki masa lalu kelam dengan uang, sehingga ketika ada uang mereka akan menggunakannya untuk menunjang gaya hidup. Kepribadian ini tentunya membawa dampak buruk dalam hal kejujuran.

Mereka cenderung membohongi diri sendiri mengenai kemampuan penghasilan. Mereka sangat membutuhkan uang agar merasa terpandang dalam lingkungan tempatnya bernaung.

3. Hati-hati menggunakan uang

Uang tunai (Ilustrasi by Pixabay).

Tipe yang selalu waspada dalam menggunakan uang ini berperilaku terbalik dari pejuang uang sebelumnya. Tipe ini biasanya sangat hati-hati dalam mengelola keuangan mereka demi masa depan yang lebih baik.

Ini yang membuat mereka selalu menghargai berapapun uang yang didapat. Tak lupa pula mereka menabung uang tersebut untuk dana masa depan. Ketika ingin membeli kebutuhan, tipe ini menghindari segala jenis kredit. Mereka enggan membayar cicilan per bulan, karena itu sebisa mungkin akan dibeli dalam bentuk tunai.

Mereka sangat peduli akan pentingnya keberadaan uang di saat-saat darurat. Saat-saat darurat tersebut bisa datang kapan saja. Inilah yang membuat mereka selalu menabung dan hanya membeli barang yang dibutuhkan.

4. Penghambur uang

Suka menghambur-hamburkan uang (Shutterstock).

Sudah jelas, tipe ini adalah mereka yang hidup sangat boros. Mereka suka menghambur-hamburkan uang karena beranggapan uang yang didapat terlampau banyak. Tipe seperti ini juga acuh terhadap laporan keuangan mereka dari bank.

Menghargai uang

Apapun kepribadian kamu, menghargai uang itu penting. Mencari uang zaman sekarang itu cukup sulit, membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Ada baiknya, setiap sen yang kamu dapat bisa kamu tabung. Terlebih ketika kamu memiliki masa lalu kelam yakni kesulitan keuangan.

Siapkan dana masa depan yang cukup, sehingga kamu gak perlu kesulitan ketika membutuhkan biaya besar. Jangan beranggapan itu masih jauh, tetapi pikirkan bagaimana kamu bisa hidup berkecukupan di masa depan jika mulai menabung dari sekarang.

Bahkan jika kamu sangat menghargai uang, buat nilai nya berubah, bukan sekedar bertambah. Bagaimana caranya, mulailah berinvestasi sedini mungkin. Gak perlu langsung besar, kamu bisa mulai dengan yang paling kecil dulu seperti reksadana. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong