Boros karena Diajak Bukber? Ini 4 Cara Menyiasatinya

2 menit
Ilustrasi Buka Puasa Bersama alias Bukber (Shutterstock)
Ilustrasi Buka Puasa Bersama alias Bukber (Shutterstock)

Bulan puasa masih 2 minggu lagi tapi masih banyak teman yang ngajakin bukber. Walaupun uang makan siang tidak terpakai, tapi jajan pas buka puasa kadang bisa lebih boros.

Gimana caranya agar bisa mengatur pengeluaran saat ada banyak ajakak buka bersama? Berikut tips dari giladiskon yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih Undangan Bukber Penting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih dengan baik ajakan buka bersama yang memang perlu kamu hadiri. Tergantung pada kepentingan yang dimiliki.

Misalnya, kamu lebih memilih untuk datang ke ajakan bukber SMP daripada dengan teman dekat. Karena kamu dengan teman dekat selalu bertemu setiap saat atau sebaliknya.

Dengan memilih ajakan buka bersama dengan bijak, kamu akan lebih mudah dalam memperkirakan berapa banyak uang yang harus disisihkan. Agar bisa menghadiri acara bukber yang telah ditentukan.

2. Buat Perhitungan Budget Pengeluaran

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan adalah dengan membuat perhitungan budget pengeluaran yang akan digunakan. Setelah memilih undangan bukber mana yang akan dihadiri tentunya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada tahap ini kamu bisa mulai menghitung budget pengeluaran khusus untuk bukber. Jangan lupa untuk buat budget maksimal yang dapat kamu keluarkan untuk setiap acara.

Lalu akumulasi sesuai dengan jumlah undangan bukber yang telah kamu pilih.

3. Ikuti Target Budget

Yang paling penting dari cara ini adalah kamu harus mematuhi target yang telah dibuat. Pasalnya, semua cara diatas tidak akan berhasil apabila pada akhirnya tidak kamu jalankan.

Misalnya, jika kamu telah menentukan budget maksimal yang dapat dikeluarkan untuk setiap acara adalah sebesar Rp 75.000, maka kamu harus memastikan untuk tidak melebihi budget tersebut.

4. Cari Tambahan Income

Cara alternatif yang dapat kamu lakukan untuk menyiasati pengeluaran selama bulan Ramadan. Misalkan dengan mencari tambahan pendapatan agar budget untuk jajan atau bukber tidak mempengaruhi budget pendapatan utama kamu.

Gimana caranya dapetin pendapatan tambahan? Jika kamu memiliki kemampuan menulis atau desain, kamu bisa mencoba menjadi freelancer untuk bisa dapetin pendapatan tambahan.

Atau, kamu bisa membuat bisnis jual makanan atau sesuatu yang sedang trend saat ini. Alternatif selanjutnya untuk dapetin pendapatan tambahan adalah dengan mengikuti program referral.

Program ini bisa memberikan kamu uang jika berhasil mengajak orang lain untuk bergabung menggunakan aplikasi tersenbut. Biasanya, cara ini merupakan yang paling mudah karena kamu hanya bermodalkan smartphone milikmu.

Itu dia beberapa tips untuk mengatur pengeluaran bagai kamu millennial selama Ramadhan. Selamat mencoba!

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati