Mau Buka Usaha di China, Ikuti 4 Tips Ini Jika Ingin Sukses

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

China selalu menjadi negara yang unggul dalam hal sumber daya manusia dan industri. Bahkan mereka dijuluki sebagai pabrik dunia. 

Hal itu gak terlepas dari pengembangan infastruktur dan SDM yang mapan dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya.

Tapi seiring dengan perkembangan kelas menengah yang pesat membuat kekhawatiran atas kualitas, dan permintaan akan produk luar negeri di China semakin besar.

Semakin banyak perusahaan luar negeri yang menyasar China sebagai pasar untuk produk mereka. Faktanya, booming e-commerce di China membuatnya tidak begitu sulit untuk dilakukan seperti sebelumnya.

Namun, di mana ada peluang, tentu ada risiko juga. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diketahui orang asing sebelum mereka mulai berbisnis di China seperti dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Lebih Penting Mengetahui Aturan Daripada Bahasa

China adalah pasar yang sangat besar, tetapi bahasa China terlalu sulit untuk dipelajari. Jadi berbisnis di China terlihat seperti solusi yang menantang teka-teki bagi kebanyakan orang.

Sebenarnya, bahasa seharusnya tidak menjadi hambatan, yang dapat dengan mudah ditangani dengan menyewa seorang penerjemah. Namun, memahami aturan yang berlaku di sana yang menjadi aturan bisnis dasar di China lebih penting untuk keberhasilan bisnis.

Peraturan-peraturan ini tentu tidak mudah dimengerti. Untungnya, ada beberapa situs web yang melakukan pekerjaan dengan baik dalam membantu orang memahami aturan.

Bersikap Terbuka Tapi Tetap Hati-Hati

Segalanya berubah dengan cepat saat ini di China. Terkadang, jika Kamu menangkap peluang. Kamu bisa menjadi yang terdepan. Jadi tetap berpikiran terbuka, jangan menolak ide baru dengan gegabah.

Namun, Kamu tetap harus berpegang pada akal sehat ketika Anda menghadapi “peluang” apa pun, yang bisa berubah menjadi jebakan.

Ketahuilah Identitas Siapa pun yang Kamu Hadapi

Kita hidup di dunia maya. Di masa lalu, sebelum kesepakatan dibuat, masyarakat saling mengunjungi dan berbicara tatap muka. Hal-hal itu terasa terlalu memakan waktu.

Sekarang, berkat internet, kita bisa membuat kesepakatan dengan seseorang yang belum pernah kita temui sebelumnya. Ini, tentu saja, kenyamanan yang besar, tetapi juga berisiko. Penipuan dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan by chat.

Beberapa situs web tampak hebat tetapi tidak ada perusahaan nyata di baliknya. Periksa lisensi bisnis mereka, dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti sertifikat penggabungan di sebagian besar negara.

Periksa Ulang

Biasanya, orang cenderung memperoleh informasi dari kenalan mereka, seperti orang-orang dari negara asal mereka. Namun, informasi semacam itu terkadang terbukti salah atau menyesatkan.

Jangan pernah mengandalkan satu-satunya sumber informasi untuk membuat keputusan Kamu. Periksa kembali sebelum Kamu memberikan uang.

Berkonsultasi dengan pengacara lokal yang berbahasa Inggris adalah cara yang baik untuk melakukannya. Sebagai kesimpulan, lakukan konsep dan ‘perintilan’ bisnis Kamu dan periksa kembali. Sebelum Kamu mengambil keputusan. Jangan lupa akal sehat ketika Kamu ditawari kesempatan.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati