Inilah 4 Universitas Termurah di Dunia, Salah Satunya di Dekat Indonesia

3 menit
Deretan universitas termurah di dunia. (Shutterstock)
Deretan universitas termurah di dunia. (Shutterstock)

Bisa sekolah di kampus-kampus top dunia tentu jadi cita-cita banyak orang. Tapi, gak sedikit juga yang akhirnya harus mengurungkan keinginan itu karena kepentok biaya.

Situs The Advocate telah menghimpun nama-nama universitas yang dinyatakan sebagai universitas termurah di dunia. Kampus-kampus itu bisa dibilang unggulan, tapi soal biayanya memang tergolong murah.

Sayangnya, gak ada satu pun yang letaknya di Indonesia. Tapi gak usah khawatir, salah satunya ada di dekat Indonesia kok.

Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Jeff Bezos hingga Bill Gates, 6 Kampus Ini Pencetak Para Miliarder Dunia

1. University of Bergen

University of Bergen, salah satu universitas termurah di dunia. (Shutterstock)
University of Bergen, salah satu universitas termurah di dunia. (Shutterstock)

Universitas ini adalah salah satu universitas negeri di Norwegia dan kerap dinyatakan sebagai salah satu universitas termurah di dunia. Emang berapa sih biaya kuliah per semesternya di sana?

Tenang aja semuanya gratis! Iya serius gratis 100 persen alias gak ada biaya kuliah.

Tapi, kamu harus tahu dulu nih bahwa biaya hidup di sana jauh lebih tinggi ketimbang biaya hidup di New York! New York saja pajaknya sudah bisa berkali-kali lipat ketimbang kota-kota atau Negara Bagian di Negeri Paman Sam lainnya.

Konon kabarnya, biaya hidup di sana bisa mencapai US$ 17 ribu alias Rp 237 juta per tahun. Jika dibandingkan dengan Indonesia, Norwegia 117 persen lebih mahal! Nah lho, gimana tuh?

Baca juga: Pernah Drop Out dari Kampus, 5 Orang Ini Jadi Sukses dan Tajir Melintir

2. Brigham Young University

Brigham Young University, salah satu universitas termurah di dunia.(Shutterstock)
Brigham Young University, salah satu universitas termurah di dunia.(Shutterstock)

Universitas termurah di dunia yang selanjutnya adalah universitas termurah di Negeri Paman Sam. Dengan uang kuliah tahunan sebesar kurang dari Rp 209 juta, mahasiswa sudah dapat asrama gratis.

Universitas ini juga punya kelas berukuran kecil yang jumlah mahasiswanya gak banyak. Selain itu, kampus yang letaknya di Provo, Utah, ini juga kerap mendapat dana bantuan dari program corporate social responsibility (CSR) banyak perusahaan.

Mungkin itulah sebabnya mengapa kampus ini jadi yang termurah di Amerika Serikat.

Baca juga: 6 Bisnis Mahasiswa dengan Target Pasar Teman Sekampus

3. Tecnológico de Monterrey

Tecnologico de Monterrey, salah satu universitas termurah di dunia. (gda.itesm.mx)
Tecnologico de Monterrey, salah satu universitas termurah di dunia. (gda.itesm.mx)

Universitas yang satu ini letaknya di salah satu kota terindah di Meksiko yaitu, Monterrey. Biaya kuliah per tahunnya kurang lebih US$ 5 ribu atau setara dengan Rp 69 juta.

Sejatinya, kampus-kampus lain di Meksiko biaya kuliahnya juga gak jauh dari Monterrey. Kampus ini juga punya banyak cabang dan fasilitas yang sangat baik.

Akan tetapi, patut diperhatikan juga bahwasannya biaya hidup di sana per bulannya mencapai US$ 700 atau Rp 9,7 jutaan.

4. Universiti Malaya

Universiti Malaya, salah satu universitas termurah di dunia. (Shutterstock)
Universiti Malaya, salah satu universitas termurah di dunia. (Shutterstock)

Inilah yang disebut sebagai universitas termurah di dunia, tapi masih dalam kategori unggulan. Biaya kuliah di UM per tahun kabarnya mencapai US$ 4 ribu saja atau Rp 55 jutaan. Sementara itu, biaya hidup di Negeri Jiran ini juga gak jauh-jauh beda sama Indonesia, walau lebih mahal dikit.

Kabarnya, kualitas universitas yang satu ini memang sangat bersaing dengan universitas kelas dunia lainnya. Letak kampusnya juga sangat strategis alias di pinggir Kota Kuala Lumpur. Patut kamu ketahui juga ya bahwa ini adalah universitas negeri di sana lho.

Itulah empat universitas yang kerap disebut sebagai universitas termurah di dunia. Tentunya, kalau dibandingkan sama kampus-kampus di Indonesia, masih banyak kampus di Indonesia yang biaya kuliahnya lebih mahal.

Tapi, mahal atau murahnya biaya kuliah tentu bergantung sama jenis fakultas atau jurusan yang diambil juga bukan? Kalau ngambilnya kedokteran, kampus swasta di sini pun bisa mengenakan biaya Rp 700 jutaan hingga lulus. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.