5 Alasan Kenapa Belanja Online Lebih Murah

3 menit
kenapa belanja online lebih murah

Teknologi e-commerce dewasa ini nampaknya udah sangat memanjakan kita. Udah nggak jaman tuh mengantre di konter buat beli barang incaran.

 

Lagi lapar dan pengin makan makanan favorit tinggal order pake smartphone. Pengin beli baju tinggal klik-klik website online shopping dan bayar pake kartu kredit. Semuanya ada di ujung jari!

 

[Baca: Malas Kejebak Macet di Jakarta, Coba Belanja Bulanan di 8 Supermarket Online Ini]

 

Meski sudah praktis, kenapa mall-mall tetep nggak pernah sepi dari pengunjung? Padahal nih, online shopping itu lebih murah lho daripada harus capek-capek dateng ke mall. Nggak percaya? Ini alasan kenapa belanja online lebih murah:

 

 

Nggak Perlu Keluar Rumah

Aset yang paling mahal itu adalah waktu. Kamu bisa menghemat waktu daripada digunakan buat bermacet-macet ria menuju mall. Dengan online shopping kamu nggak perlu meninggalkan rumah cuma buat beli kosmetik.

 

Kamu bisa memanfaatkan waktu kala weekend buat sesuatu yang produktif. Misalnya, berkebun atau membuat kue bersama si kecil.

 

kenapa belanja online lebih murah

Daripada pergi ke mall, kenapa nggak memanfaatkan waktu bersama keluarga di rumah aja

 

 

Memang sih, di beberapa tempat perbelanjaan kamu punya kesempatan buat menawar barang yang kamu incar. Tapi, selisih harga barang tersebut pasti nggak sebanding dengan pengeluaranmu yang bisa mencakup transportasi, parkir dan makan.

 

 

Menekan Pengeluaran

Coba kalkulasikan berapa biaya yang kamu keluarkan untuk pergi ke mall. Misalnya aja kamu tinggal di Cibubur dan hendak menuju ke Grand Indonesia Mall di Jakarta Pusat. Jika kamu mengendarai mobil, ongkos yang kamu keluarkan bakal lumayan lho. Misalnya aja nih:

 

Tarif toll Jagorawi: Rp 10ribu

Bensin: Rp 100ribu

Makan keluarga: Rp 200ribu

Parkir mobil 3 jam: Rp 15ribu

Total: Rp 325ribu

 

Itu belum termasuk dana buat beli barang incaranmu. Ongkos buat jalan-jalan ke mall itu tentu bakal lumayan kalau di tabung.

 

kenapa belanja online lebih murah

Ngeluh macet tapi rajin banget yang namanya ke mall

 

 

Misalnya aja kamu pergi ke mall dua kali dalam sebulan. Udah bisa menghemat Rp 650ribu kan. Lumayan tuh buat nambah-nambah investasi reksa dana atau emas.

 

[Baca: Pilih Investasi Emas Batangan atau Koin Emas? Simak Dulu Plus-Minusnya Ini..]

 

 

Bebas Ongkos Kirim

Persaingan bisnis e-commerce memang ketat. Meski gak semua, nggak jarang penyedia layanan online shopping memberikan fasilitas bebas ongkos kirim buat menarik minat pembeli.

 

kenapa belanja online lebih murah

Sudah diantar sampai depan rumah, bisa bebas ongkos kirim lagi. Dobel puas kan?

 

 

Hal ini bisa kamu manfaatkan jika tempat tinggalmu jauh dari pusat perbelanjaan. Udah nggak perlu keluar ongkos bensin, gratis diantarkan sampai depan pintu rumah pula.

 

 

Promo Banting Harga

Penyedia layanan online shopping tentu bakal saling mengklaim bahwa barang yang mereka jual paling murah. Tak jarang mereka memberikan diskon yang lebih murah dibandingkan di toko offline.

 

kenapa belanja online lebih murah

Rajin-rajin berburu diskon online, siapa tahu dapat barang termurah

 

 

Coba bandingkan jika kamu harus berburu diskon di mall. Sudah capek, belum tentu juga tiap hari toko-toko tersebut bakal memberi diskon.

 

 

Hemat Tenaga

Online shopping juga menghemat tenaga karena kamu nggak perlu capek berpindah-pindah toko cuma buat memilih pakaian dan membandingkan harga.

 

kenapa belanja online lebih murah

Efek samping seharian jalan-jalan ke mall: kaki pegal-pegal, akhirnya keluar duit lagi buat ke tukang pijat

 

 

Kalau kamu nggak percaya barang yang kamu pilih itu udah murah, tinggal buka tab peramban baru dan mulai berburu lagi. Yang jelas kaki nggak bakalan gempor gara-gara jalan seharian di mall. Paling tinggal jari-jari aja yang melentik di atas keyboard.

 

Di balik kemudahan online shopping, tetap harus diperhatikan ya pengeluaran per bulannya. Jangan sampai khilaf sampai kartu kredit over limit. Bukannya bikin hemat, tapi malah menambah beban pengeluaran.

 

[Baca: Secured Credit Card Jadi Bukti bahwa Punya Kartu Kredit Bukan Berarti Cuma Bisa Ngutang]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.molto.co.id/media/molto/klimg/news/2015/06/20/9031/664xauto-sederhana-tapi-seru-inilah-kegiatan-fun-untuk-anak-di-rumah-150620n.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2014/10/23/id_336980/336980_620.jpg
  • http://andystaxiandlimo.com/files/2013/04/andys-taxi-limo-courier.jpg
  • http://ulp.kaltimprov.go.id/po-content/po-upload/diskon-mixer-roti-tektena-085649846665.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-W0h38iY_Zr4/VZKIprU87jI/AAAAAAAATfk/LIOAALCJmLg/s640/pijat%2Brefleksi.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan