menu-image
  • Home
  • Earn Money
    • Bisnis
    • Karier
    • Kerja Sampingan
    • Inspirasi
  • Smart Money
    • Berita
    • Investasi
    • Tabungan
    • Budgeting
    • Asuransi
  • Borrow Money
    • Pinjaman
    • Kartu Kredit
    • Utang
  • Lifestyle
    • Belanja
    • Kuliner & Travel
    • Otomotif
    • Hunian
    • Ragam
menu-image
  • Home
  • Earn Money
    • Bisnis
    • Karier
    • Kerja Sampingan
    • Inspirasi
  • Smart Money
    • Berita
    • Investasi
    • Tabungan
    • Budgeting
    • Asuransi
  • Borrow Money
    • Pinjaman
    • Kartu Kredit
    • Utang
  • Lifestyle
    • Belanja
    • Kuliner & Travel
    • Otomotif
    • Hunian
    • Ragam
Otomotif

5 Alasan Mobil Manual Lebih Nguntungin Ketimbang Mobil Matic

akbar
by Aulia Akbar on 13 April 2018
Mobil-Manual

Di zaman kekinian, gak jarang orang yang antipati sama mobil manual. Dibilang ketinggalan zaman lah, bikin capek lah, pokoknya kesannya tuh mobil tipe begini negatif banget!

Apa sih salahnya mobil transmisi manual? Mungkin sebagian besar dari kamu belum tahu kalau mobil ini justru bisa ngehemat pengeluaranmu.

Mungkin beberapa dari kamu berpikir kalau mobil manual bikin pegal karena mesti nginjak kopling. Udah gitu Jakarta macet, dan ujung-ujungnya boros duit pula. Padahal, kenyataannya gak seperti itu jika kamu paham sisi untungnya pakai mobil manual.

[Baca: Jangan Cuma Bisa Pakainya, Ingat Juga 5 Biaya yang Harus Disiapkan Kalau Punya Mobil]

Kalau dibandingkan dengan matic, jelas manual memang lebih irit kok. Masih gak percaya? Baiklah, yuk kita buktikan.

1. Lebih irit

mobil-manual
Hayo kamu bisa gak nih nyetir mobil manual (Liputan 6)

Mungkin kamu udah bosan sama kalimat ini, dan udah males dengar barangkali. Tapi sampai saat ini jarang banget ada pembahasan yang detail dan sederhana mengenai kenapa mobil ini bisa dikatakan lebih irit.

Sejatinya, kamu bisa mengatur putaran mesinmu sendiri ketika berkendara dengan mobil manual. Injak gas sampai berapa RPM, dan lepas kopling pelan-pelan lalu mobilnya pun jalan. Ketika suara mesinnya udah mulai berat, maka kamu naikkan deh giginya, lalu RPM-nya jadi turun lagi.

Dengan putaran mesin yang rendah, konsumsi bahan bakar juga gak bakal besar. Kalau tiap 2.500 RPM udah oper gigi, maka bisa jadi makin irit lagi bukan?

2. Harga lebih murah

Semua tentu sudah tahu bahwa harga mobil manual memang lebih murah ketimbang yang versi matic. Dan bedanya pun gak nanggung-nanggung lho, bisa lebih dari Rp 10 juta.

Apa kamu gak tertarik untuk beli yang manual aja?

3. Susah dijual lagi? Itu mitos

mobil-manual
Coba deh main-main ke showroom, masih banyak kok mobil manual yang dijual. Tandanya mobil ini tetap laris bos (Merdeka)

Apakah kamu pernah mendengar perkataan seseorang tentang mobil manual susah dijual lagi? Jangan percaya sama perkataan itu ya.

Menurut salah satu pernyataan dari pemilik showroom di WTC Mangga Dua, seperti yang dikutip oleh Viva, mayoritas konsumen mobil di Jakarta memang memilih matic. Tapi mobil manual masih sangat laris di luar kota.

Dengan adanya fakta ini, gak perlu khawatir lagi kan jika kamu mau beli mobil manual. Intinya, ketika usia pakainya udah melebihi batas yang ditentukan dan kamu ingin beli mobil baru, ya jual saja mobilmu. Pasti ada yang beli kok.

4. Oli transmisi mobil manual lebih murah daripada matic

Baik pemilik mobil matic maupun manual, mengganti oli transmisi itu hukumnya wajib! Kalau ada yang bilang oli transmisi manual gak usah diganti selama tiga tahun, itu jelas salah besar.

Per 10 ribu kilometer, jelas oli transmisi matic maupun manual harus diganti. Dan setiap 40 ribu kilometer harus dikuras.

Satu hal yang harus kamu ketahui, oli transmisi manual itu jelas lebih murah daripada matic. Sebut saja Shell untuk yang manual dan matic, harga per liternya bisa beda Rp 20 ribuan lho.

5. Ketika mogok, mobil manual masih bisa didorong

mobil-manual
Dorong aja kalo mogok gak apa apa (Blibli)

Ketika dinamo starter rusak, maka sah-sah saja untuk mendorong mobilmu hingga akhirnya bisa dihidupkan kembali. Siapkan jarak yang cukup, putar kunci pada posisi hidup, dan masukan gigi ke posisi dua. Lalu tekan pedal kopling sambil mendorong, dan setelah mobil melaju kencang, mestinya mesin bisa hidup.

Namun praktek seperti ini gak bisa kamu aplikasikan di mobil matic. Dengan memaksakan diri mendorong mobil, maka hal itu justru bisa merusak transmisi mobil.

[Baca: Mogok? Jasa Derek Mobil Lebih Murah daripada Towing Lho]

Ujung-ujungnya, kamu harus menelpon jasa derek atau towing. Dan udah pasti nih bakalan ada biaya yang mesti kamu keluarkan.

Itulah lima alasan kenapa sah-sah saja bagi kamu untuk membeli mobil manual untuk saat ini. Kalau memang banyak yang bilang Jakarta macet, ya itu masih bisa disiati deh dengan berangkat lebih pagi.

Intinya gak usah percaya dengan slogan “Rich man use 2 pedals” (Orang kaya menggunakan dua pedal). Kalau ternyata naik mobil matic tapi tiap bulan pola hidupnya masih boros, ya sama aja bohong. Gak bakal bisa jadi rich man juga kan.

[Baca: Bikin Rugi Finansial, Ini 5 Cara Mengemudi Mobil Matic yang Salah]

Tags: transportasi
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
Juliyatmono
Otomotif
Jeep Rubicon hingga Yamaha Mio, Ini Kendaraan Pribadi Bupati Karanganyar Senilai Rp 423 Juta
Airlangga Hartarto. (Instagram/@airlanggahartarto)
Otomotif
Jaguar Hingga Toyota Vellfire, Ini 5 Koleksi Mobil Airlangga Hartarto Senilai Rp 3,8 Miliar
Salah Merawat, Bakal Berakibat Fatal! Segini Kisaran Biaya Perbaikan Transmisi Matik Honda Jazz
Otomotif
Salah Merawat, Bakal Berakibat Fatal! Segini Kisaran Biaya Perbaikan Transmisi Matik Honda Jazz
Servis motor
Otomotif
Bikin Dompet Tongpes! Ini 5 Masalah Klasik Malas Servis Motor Secara Rutin
Matt Damon
Otomotif
Tampil Kece di Film ‘Ford vs Ferrari’, Ini Deretan Mobil Mewah Matt Damon
Toyota Fortuner, Jadi Salah Satu Mobil Diesel Terbaik Indonesia (Shutterstock).
Otomotif
Lagi Cari Mobil Diesel Terbaik untuk Keluarga? Berikut 7 Rekomendasinya
Husqvarna Svartpilen 701 Dibanderol Harga Mencapai Rp 300 Jutaan (Carmudi Indonesia).
Otomotif
Resmi Mengaspal, Ini Kelebihan Husqvarna Svartpilen 701 yang Dibanderol Harga Rp 300 Jutaan
yamaha all new nmax
Otomotif
Starter Tanpa Suara dan Bisa Sambung HP, Ini Fitur Yamaha All New Nmax yang Rilis Tahun Depan

© 2013-2019 PT Loangarage Indonesia Hak cipta dilindungi Undang-Undang.

Tentang Kami | Kebijakan Privasi | Pedoman Media Siber