Gak Andalkan Ortu Tajir! 5 Anak Pejabat Ini Sukses dengan Bisnis Zaman Now

3 menit
Mesty Ariotedjo. (Instagram/@mestyariotedjo)
Mesty Ariotedjo. (Instagram/@mestyariotedjo)

Gak sedikit orang yang memandang anak pejabat sebagai sosok yang manja dan hanya mengandalkan nama besar serta kekayaan orangtuanya.

Padahal pandangan seperti itu gak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya memang ada segelintir anak pejabat yang seperti itu. Tapi, di samping itu, banyak juga anak pejabat yang berhasil membuktikan kalau mereka dapat sukses dengan caranya sendiri yaitu dengan membangun bisnis.

Uniknya, mereka tidak mengikuti jejak bisnis orangtuanya. Tapi, mereka justru melakoni bisnis kekinian yang sesuai dengan minat mereka.

Penasaran siapa aja anak pejabat yang sukses membangun bisnis zaman now? Berikut ini lima di antaranya.

1. Mesty Ariotedjo – Putri Direktur Utama Antam, Arie Prabowo Ariotedjo

Mesty Ariotedjo. (Instagram/@mestyariotedjo)
Mesty Ariotedjo. (Instagram/@mestyariotedjo)

Nama Mesty Ariotedjo mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Tapi tahukah kamu kalau anak dari Direktur Utama Antam, Arie Prabowo Ariotedjo, ini memiliki sebuah startup bernama WeCare.id.

WeCare.id itu sendiri adalah sebuah situs pengumpulan dana bagi pasien di daerah terpencil yang membutuhkan akses perawatan kesehatan.

Wajar pula kalau Mesty mendirikan bisnis yang berhubungan dengan kesehatan. Pasalnya, wanita berusia 29 tahun ini berprofesi sebagai dokter. Gak cuma itu aja, Mesty juga diketahui sebagai pemain alat musik harpa, serta model.

Kesuksesannya di dunia bisnis mengantarkan Mesty masuk dalam majalah Forbes 2016 sebagai anak muda sukses di bawah usia 30 tahun pada bidang Healthcare & Science.

2. Sarah Sofyan – Putri Direktur Utama PLN, Sofyan Basir

Sarah Sofyan. (Instagram/@sarsof)
Sarah Sofyan. (Instagram/@sarsof)

Sarah Sofyan merupakan anak dari Direktur Utama PLN, Sofyan Basir. Meski menjadi anak pejabat, Sarah memilih untuk mengembangkan bisnis butik muslim yaitu Rumah Ayu yang awalnya didirikan ibu mertuanya pada tahun 1995.

Kini, Sarah mengatur bisnis Rumah Ayu menjadi usaha one stop shopping untuk muslimah. Sebagai seorang fashionpreneur dan owner Sarah turut menyumbangkan ide untuk membesarkan bisnisnya tersebut.

3. Eko Hardi Saputra – Putra Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi

Eko Hardi Saputra (bertopi). (Instagram/@hardikopidangaleri)
Eko Hardi Saputra (bertopi). (Instagram/@hardikopidangaleri)

Nama Eko Hardi Saputra memang terbilang jarang terekspos media. Meski begitu pencapaiannya dalam menggeluti usaha kafe dan kopi harus diacungi jempol.

Anak dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Budaya, Didik Suhardi ini merintis usaha kopi yang diberi nama Kopi Hardi. Bahan bakunya diambil langsung dari petani kopi yang ada di seluruh Indonesia.

Awalnya ia hanya menjual kopi susu dalam kemasan botol. Tapi, kini bersama sang istri, ia membuka Kopi Hardi dan Galeri yang berada di Ruko Qadr Raya, Tangerang.

4. Adri Martowardojo – Putra Mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo

Adri Martowardojo. (Instagram/@adrimartowardojo)
Adri Martowardojo. (Instagram/@adrimartowardojo)

Anak pejabat lainnya yang berhasil menjalankan bisnis adalah putra dari mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo yaitu Adri Martowardojo.

Seperti diketahui Adri telah melakukan kolaborasi dengan merek sepatu ternama yaitu Mario Minardi dengan mengeluarkan sneakers berbahan kulit yang di desain dengan gaya anak muda yang sporty dan klasik.

Meski begitu, sepatu tersebut memiliki persediaan yang terbatas dan untuk program amal. Jadi, setiap penjualan sepatu tersebut akan disumbangkan sebesar Rp 500 ribu untuk pembangunan pendidikan dan bangunan sekolah di Nusa Tenggara Timur.

5. Kaesang Pangarep – Putra Bungsu Presiden Joko Widodo

Kaesang Pangarep. (Instagram/@kaesangp)
Kaesang Pangarep. (Instagram/@kaesangp)

Nama besar sang ayah Presiden Joko Widodo ternyata tak membuat Kaesang Pangarep bermalas-malasan.

Nyatanya Kaesang kini diketahui memiliki sederet bisnis zaman now yang membuat uangnya semakin beranak pinak.

Salah satunya aja, Kaesang memiliki clothing line yang memproduksi kaos yang dirilis pada Agustus tahun 2017.

Gak cuma itu aja, bersama sang kakak, Gibran Rakabuming, Kaesang juga mendirikan bisnis kuliner pisang nugget yang kini jadi camilan kekinian.

Bisnis modal kecil

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya adalah bisnis.

Ditambah lagi, kini udah banyak sekali bisnis yang gak memerlukan modal gede. Contohnya aja kamu bisa membuka bisnis camilan kekinian dengan modal di bawah Rp 1 juta. Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi dan lapak berjualan.

Jadi, gak perlu mengeluarkan modal lagi kan untuk membuka toko. Setuju?

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong