5 Artis Indonesia yang Kariernya Hancur dan Bangkrut karena Narkoba

Artis Indonesia
Roger Danuarta (instagram: @rogerojey)

Profesi sebagai artis Indonesia memang sangat menjanjikan, mengingat penghasilan mereka bisa melebihi presiden direktur atau komisaris di perusahaan manapun. Meski demikian, gak sedikit dari mereka yang kariernya hancur dan bangkrut hanya karena satu hal: narkoba.

Yang paling baru ya siapa lagi kalau bukan artis Jennifer Dunn alias Jedun yang baru ketangkap polisi karena konsumsi zat terlarang ini. Sebelumnya, Jedun bahkan udah pernah keluar-masuk penjara sampai dua kali karena narkoba lho. Duh, kok gak kapok ya?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengonsumsi narkoba. Menurut salah seorang dokter di Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang, Dr. Andri, SpKJ, FAPM, alasan seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang itu adalah untuk mencari kebahagiaan dan ketenangan.

Mungkin saja, profesi artis Indonesia itu benar-benar melelahkan. Shooting film atau manggung bisa saja dari subuh ketemu subuh, istirahat cuma dua atau tiga jam sehari. Selain badan lelah, tentu mereka stres berat.

Tapi tentunya, masih ada kok banyak aktivitas melepas lelah selain narkoba dan pastinya jauh lebih menyehatkan. Kalau dibilang narkoba bikin bahagia, buktinya lima artis Indonesia ini akhirnya jadi gak bahagia dan malah hidup merana karena keuangannya jadi berantakan.

Nah, inilah lima artis Indonesia yang bangkrut akibat obat-obatan terlarang. Mari disimak ulasannya.

[Baca: Kalau Sudah Kaya, Jangan Sampai Bangkrut Kayak 5 Selebriti Ini Ya!]

1. Ken Ken

artis indonesia
Ken Ken (duniaku)

Masih ingat dengan jurus “Kunyuk Melempar Buah”? Atau senjata “Kapak 212”? Mungkin sebagian dari kamu masih gak nyambung nih. Itu adalah jurus dan senjata yang ada di film Wiro Sableng yang nge-hits di era 1990-an. Bisa jadi kamu belum lahir atau masih kecil.

Herning Sukendro alias Ken Ken adalah pemeran dari Wiro Sableng yang namanya melejit karena sinetron itu. Di masa kejayaannya, dia berhasil memiliki rumah mewah di Duren Sawit, Jakarta Timur, dan empat mobil.

[Baca: 5 Rumah Mewah Artis Hollywood Ini Masih Kalah Mahal dari Rumah Setnov]

Namun karena obat-obatan terlarang, artis Indonesia berambut gondrong ini hancur terpuruk. Saat kehilangan tawaran main film, dia terpaksa menjual rumah mewah dan mobil-mobilnya.

Ken Ken mengaku pernah mengalami saat-saat di mana gak ada sisa uang di dompetnya. Bahkan untuk naik bus dan makan bakso saja, dia harus berutang!

[Baca: 7 Tips Biar Gak Mengalami Tanggal Tua Males Buka Dompet]

Meski demikian, saat ini Ken Ken tetap mencoba bangkit dari keterpurukan. Saat ini, dia bekerja sebagai petani dan tinggal di dusun terpencil di Cimande, Caringin.

2. Tessy Srimulat

artis Indonesia
Tessy Srimulat (Liputan6)

Siapa yang gak kenal sama komedian legendaris yang sering jadi banci ini. Nama asli pria ini sebenarnya adalah Kabul Basuki. Dulunya dia adalah anggota KKO TNI Angkatan Laut (saat ini Korps Marinir) yang sempat bergabung dalam operasi Irian Barat tahun 1961.

Nah nama Tessy itu sebenarnya adalah nama putrinya sendiri, Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik. Ketika lepas dari Korps, dia jadi pelawak yang sering terjun di panggung hiburan di era 1970-an.

Aktingnya sebagai banci memang benar-benar mengocok perut, hingga akhirnya nama Tessy melambung. Dia pun bergabung dengan grup lawak Srimulat bersama Nunung, Gogon, Tarzan, Polo, dan lainnya. Grup lawak ini eksis dari tahun 1980-an hingga lebih dari dua dasawarsa.

Singkat cerita, Tessy diciduk oleh kepolisian pada 2014 usai polisi membuntuti mobil Mercedes-Benz yang dia kendarai. Saat peristiwa tersebut, Tessy justru mencoba bunuh diri dengan menenggak cairan pembersih toilet hingga akhirnya dia harus dilarikan ke rumah sakit.

So, bukan hanya menanggung malu saja, dia juga harus menanggung biaya rumah sakit lantaran aksi percobaan bunuh diri itu. Hingga saat ini gak ada lagi kabar mengenai dirinya yang ternyata masih jadi tulang punggung keluarga.

Isu kebangkrutan artis Indonesia ini sempat diberitakan di media. Dikabarkan bahwa pada 2014 lalu, Tessy masih memiliki rumah tiga kavling di Jakarta Timur.

3. Polo Srimulat

artis indonesia
Polo Srimulat (Liputan6)

Nah om Polo ini juga berada dalam satu grup lawak yang sama dengan Tessy. Pria kelahiran 1967 silam ini nama aslinya adalah Christian Barata Nugroho.

Polo ditangkap polisi pada tahun 2000 di sebuah hotel karena terbukti mengonsumsi narkoba. Saat itu dia dijatuhi hukuman penjara tujuh bulan, namun usai bebas dari jeruji besi, dirinya pun kembali terjerumus ke jurang yang sama.

Empat tahun kemudian Polo kembali diciduk aparat karena kasus yang sama. Komedian senior ini ditangkap di wilayah Kramat Jati, Jakarta Timur dan dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara.

Setelah bebas dari penjara di tahun 2005, Polo mulai menapaki kehidupan barunya. Tapi apa daya, tawaran shooting pun sudah gak ada. Hingga saat ini kabarnya pun gak lagi terdengar di infotainment atau dimana pun.

4. Roger Danuarta

artis Indonesia
Roger Danuarta (Tribunnews)

Yang pernah jadi fans Meteor Garden pasti familiar sama Roger Danuarta. Karena kegantengannya, Roger kerap disebut sebagai Hua Che Lei versi lokal.

Dia pun sempat dikabarkan dekat dengan sejumlah artis cantik Indonesia lainnya. Sebut saja Leony, Agnes Monica, Shandy Aulia, dan Sheila Marcia yang juga tersandung kasus narkoba.

Aktor yang sempat naik daun ini ditemukan polisi dalam kondisi overdosis di mobilnya, Mercedes-Benz E 320 pada tahun 2004. Menurut laporan dari kepolisian, Roger memiliki ganja kering seberat 15,70 gram dan heroin 1,50 gram.

Alhasil, Roger dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Usut punya usut, Roger ternyata putra dari penata rambut terkenal, yaitu mendiang Johnny Danuarta yang meninggal dunia tahun 2007.

Menurut kabar dari Tabloid Bintang pada 2014 lalu, Roger sudah gak lagi ganteng seperti dahulu kala. Wajahnya pun kelihatan tirus dan fisiknya juga loyo. Sepak terjang pria keturunan Tionghoa ini pun semakin gak terdengar di dunia hiburan Tanah Air.

5. Fariz RM

artis indonesia
Fariz RM (bintang)

Musisi senior Tanah Air ini juga terpaksa meninggalkan kewajibannya sebagai tulang punggung keluarga saat ditahan karena kasus narkoba. Pada tahun 2015, Fariz dikabarkan memiliki ganja, heroin, dan sabu.

Seperti diketahui, musisi yang kerap disebut sebagai David Bowie-nya Indonesia ini sudah dua kali terjerat kasus yang sama. Saat ditahan, dia mengaku bahwa kondisi keuangannya semakin memburuk.

Selain gak bisa berkarya, dia gak bisa memberi nafkah dan membayar biaya pendidikan anaknya di Belanda. Namun pada 2017, Fariz dikabarkan sudah manggung lagi di Java Jazz.

Mudah-mudahan kali ini om Fariz benar-benar bebas dari narkoba ya. Ditunggu deh karya terbarunya.

So, sudah paham kan sama kerugian yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi obat-obatan terlarang?

Lima artis Indonesia ini sudah membuktikan kalau narkoba membawa kesengsaraan. Yang dulunya pencari nafkah jadi gak bisa menafkahi keluarga, yang dulunya hidup mewah sekarang harus tinggal di jeruji besi. Jadi jangan sampai kamu terjerat obat berbahaya ini ya!

 

akbar
akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560